Jersey Kit Arsenal Akan Disuplai Oleh Puma Mulai 2014

Mei 2013

Puma-Store-Tokyo-Playner-Franz-Studio-002

Seperti kita ketahui, kontrak kerjasama Arsenal-Nike akan berakhir pada musim 2014, Adidas diunggulkan untuk menjalin kembali kerjasama yang pernah terjalin di era 1986-1994. Namun salah satu produsen kit asal Jerman lainnya bersiap untuk membuat kesepakatan baru. Adalah Puma SE yang menawarkan kontrak senilai £ 170m untuk lima tahun.

Kontrak kit ini akan lebih besar dari kontrak antara Liverpool dan Warrior (£ 25m/ tahun) dan mengakhiri kerjasama Arsenal dengan Nike selama hampir 20 tahun. Kontrak kit ini juga lebih besar dari kontrak kit tim EPL manapun termasuk Man U, kecuali bila kontak kerjasama dengan Nike diperbaharui (kontrak berakhir 2015) karena rumornya Man U berkeinginan meminta nilai kontak untuk menjadi yang terbesar nantinya.

Nike sebenarnya memiliki klausul sebagai kit supplier pertama yang bernegosiasi untuk perpanjangan kontrak tetapi mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan kerjasama karena diyakini lebih memilih berkonsentrasi (menyimpan dana) demi menaikkan nilai kontrak dengan Man U.

Setelah Nike memutuskan untuk tidak melanjutkan kerjasama maka muncul spekulasi Adidas akan kembali mensponsori Arsenal. Selain Adidas juga ada Warrior yang mengajukan penawaran kerjasama. Namun Puma muncul dan mengajukan kontrak kerjasama yang nilanya tidak mampu disamai oleh para pesaing. Kejadian ini mengingatkan kita akan rivalitas antara Adidas dengan Puma yang sebenarnya berasal dari leluhur yang sama. Adidas didirikan oleh Adolf dan Rudolf Dassler yang kemudian Rudolf Dassler berpisah dan mendirikan Puma. Persaingan mereka dalam memperebutkan atlit atau klub sebagai brand ambassador sudah dimulai sejak 1960. Ok, stop cukup bahas rivalitas Adidas dan Puma, kita kan mau bahas Arsenal :).

Kit deal graph

Kontrak Puma sebesar £ 170m merupakan yang terbesar di EPL dan juga menjadi yang terbesar kedua di Eropa dibawah Madrid-Adidas. Kontrak baru juga merupakan peningkatan yang sangat masiv (4 kali lipat) dibanding kontrak dengan Nike saat ini (£ 55m untuk 7 tahun). Puma diyakini juga memberikan uang cash dimuka sehingga bisa digunakan oleh Arsenal untuk memperkuat skuad yang ada.

Puma memilih Arsenal karena mereka sudah tidak memiki tim unggulan untuk disponsori (di EPL hanya NCU). Puma memiliki pasar yang sangat kuat di wilayah Afrika dengan banyaknya timnas dan klub Afrika yang mereka sponsori. Arsenal juga memiliki fan base yang besar di Afrika (Nigeria dan Pantai Gading). Kedua hal ini sejalan dengan strategi pengembangan Puma (maupun Arsenal) yang mengincar Afrika dan Timur Tengah sebagai target pasar utama mereka (kalau saya kenapa tidak Asia yang lebih besar dalam populasi dan finansial).

Ada pula yang berspekulasi kontrak Arsenal-Puma akan membawa Cesc Fabregas yang merupakan salah satu brand ambassador Puma kembali ke Emirates. Menurut saya ini cuma rumor yang tak berdasar dan tidak mungkin terjadi, lebih penting £ 170m dari pada seorang Cesc, kita bisa cari yang lebih baik.

Dari sisi suporter terutama para pecinta jersey, di Indonesia produk Puma untuk jaringan penjualan belum sekuat Adidas, apalagi Nike. Kebanyakan mereka masih mengikut jaringan penjualan salah satu toko olahraga (PT MAP). Dari segi harga, harga jual Nike-Puma masih sebelas-duabelas. Sebagai perbandingan home jersey Newcastle Utd (Puma) dijual £ 49,99 sedangkan jersey Arsenal (Nike) £ 50, hehe. Dari harga tidak ada yang perlu dikhawatirkan, hanya tempat penjualan yang agak susah terutama di kota saya “sprtsttn” jarang menyediakan jersey Puma (Italia).

Harapannya dengan kerjasama dengan Arsenal yang notabene adalah “The greatest team, the world have ever seen” jersey Arsenal tetap mudah untuk didapatkan. Dan apapun desain jerseynya selama uang £ 30m/ tahun digunakan untuk investasi skuad dan untuk kejayaan Arsenal kita akan dengan bangga memakainya. Emiretes + Puma + New TV deal = £ 24,1m + £ 34m + £ 31m. Victory Trough Harmony. (woj)

Advertisements

7 thoughts on “Jersey Kit Arsenal Akan Disuplai Oleh Puma Mulai 2014

  1. info bagus,
    pemasukan yang lumayan buat menyicil sisa utang mbangun stadion, dan untuk pembelian pemain yang diharapkan “tepat”.

  2. artikel yang sangat bagus dan informatif…
    ditunggu next artikel, mungkin tentang sistem pembiayaan / financial Arsenal dilihat dari sudut pengelolaan aset2 dan pemain – pemainnya
    terima kasih
    salam

    VCC

    • Akan du usahakan, belum ada akses langsung kesana, hanya di dapatkan data dari pihak ke dua (Delloite dan Swiss Ramble). Lebih baik melihat ke Laporan Keuangan Arsenal yang telah diterbitkan atau laporan dari AST. Terimakasih.

  3. bagus sih infonya tapi EYD dan tanda baca itu penting juga hlo buat diperhatiin :)) lebih detailnya bisa via pm

  4. Pingback: Arsenal Resmi Umumkan Kontrak Kerjasama Dengan Puma | Shenley Ground

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s