Melihat Kedalaman Skuad Arsenal (2)

179191134_2996947 (1)

Menyambung tulisan pertama yang dibuat sebelum transfer windows berakhir, sekarang kita lihat kembali posisi anggota first team  Arsenal.

Antara 28 Agustus hingga 12 September ini Arsenal telah menambah tiga pemain plus satu untuk posisi kiper, gelandang bertahan dan seorang gelandang serang plus satu striker darurat bernama Bendtner. Hal ini sama sesuai seperti prediksi pengamat yang memprediksikan kalau Arsenal akan menambah pemain untuk posisi kiper, gelandang bertahan, gelandang serang dan seorang striker.

Penjaga Gawang

viviano

Emiliano Viviano didatangkan dari klub Seri B Palermo dengan status pinjaman hingga akhir musim. Meski berasal dari Seri B namun pemain ini tidak bisa dianggap remeh. Musim lalu dia menghabiskan seluruh waktunya untuk di Serie A memperkuat Fiorentina (pinjam). Bermain sebanyak 32 pertandingan, kebobolan 34 gol dan mencatat 12 kali clean sheet. Yang menjadi catatan adalah mampu menjaga gawangnya tetap perawan saat melawan Juventus dan dua kali saat melawan Lazio. Dari 32 pertandingan yang diikuti, Fiorentina hanya kalah tujuh kali. Saat mudanya dia digadang-gadang sebagai pengganti Buffon.

Arsenal saat ini memiliki Szczesny sebagai kiper utama dan Fabianski sebagi kiper kedua, tetapi Wenger selalu mengatakan bahwa kompetisi untuk posisi penjaga gawang sangat terbuka. Pemain yang mampu menunjukkan kualitasnya pasti akan dipertimbangkan. Selain posisi bek yang sering cedera, untuk posisi kiper ini di Arsenal menjadi posisi yang rentan cedera, tiap musimnya Arsenal selalu memainkan ketiga kipernya karena kondisi ini. Entah cedera saat latihan (umumnya punggung) juga cedera saat pertandingan.

Sepertinya perlu menjadi perhatian tim pelatih untuk menjaga kebugaran kiper karena posisi ini sangat krusial dan perlu koordinasi dengan bek juga gelandang bertahan. Kiper selain harus memiliki kemampuan yang bagus (reflek, positioning) juga harus berkomunikasi dengan pemain di depannya, kiper harus tahu kemana dan bagaimana kebisaan pemain lain saat dilapangan. Tiga kiper dengan kemampuan merata (maunya sih ada yang superior) sudah cukup untuk mengcover pos ini. Permasalahan cedera juga akan bisa ditutup dengan banyaknya stok kiper yang ada. Viviano harus segera meningkatkan kemampuannya berkomunikasi bila ingin bersaing.

Prediksi: Szczesny untuk EPL dan UCL. Fabianski sebagai kiper cadangan mengingat senioritasnya diatas Viviano. Viviano akan memulai memperoleh kepercayaan dari Capital One Cup, bila bagus mungkin akan bisa naik pangkat. Viviano dikontrak £ 20.000/ pekan dan Arsenal memiliki opsi pembelian sebesar £ 6M diakhir musim. Mengingat kontrak Fabiansi akan berakhir 2014 dan lebih memilih menjadi pilihan utama, sepertinya Fabianski keliar dan Viviano akan dipermanenkan.

Pemain Belakang

Squillaci, Djourou, Miquel, Santos dijual atau dipinjamkan dan tidak ada pembelian pemain baru. Patut dicatat keemapt pemain tersebut tidak memberikan kontribusi di musim lalu, bahkan Squilaci sama sekali tidak dimainkan oleh Wenger sehingga keputusan tidak menambah pemain di posisi ini cukup tepat. Meski begitu sektor ini banyak dihantui cedera pemain. Arsenal mengakalinya dengan menempatkan Sagna sebagai CB ke empat. Kabar baiknya Vermaelen yang cedera panjang minggu ini sudah mulai kembali berlatih. Dari tim muda Issac Hayden dipromosikan sebagai pilihan terakhir bila badai cedera terjadi.

Predikisi: Arsenal akan lebih memilih menjaga komposisi yang ada sekarang. Sagna sepertinya akan mendapat perpanjangan kontrak dua tahun seiring kebijakan over 30’s yang dilonggarkan. Per Mertesacker yang kontraknya tersisa dua tahun lagi juga akan mendapat perpanjangan kontrak mengingat perannya yang sangat krusial di tim. Flamini dapat dijadikan bek sayap kanan bila dibutuhkan.

Pemain Tengah

OzilPosisi ini paling banyak mendapat tambahan pemain karena kebutuhan tim. Arteta yang tak tergantikan sekarang memiliki Flamini sebagai deputi, kedua orang ini menemani Ramsey atau Jack Wilshere sebagai double pivot. Didepan mereka berdiri Santi Cazorla dan/atau Mesut Oezil sebagai gelandang serang. Oezil didatangkan Wenger sebagai jawaban janji pembelian pemain bintang yang mampu meningkatkan kualitas tim secara signifikan. Arsenal memiliki cukup banyak stok pemain diposis ini bila ada yang cedera. Tercatat ada tiga belas pemain gelandang atau pemain yang bisa di posiskan sebagai gelandang tengah dengan dua pemain cedeara jangka penjang (Chambo dan Diaby). Posisi ini cukup aman meski badai cedera dan kompetisi padat datang sekitar November-Desember.

Datangya Oezil secara langsung meningkatkan kualitas tim dan menambah pilihan stategi yang lebih beragam. Sebelumnya Arsenal hanya memiliki pilihan strategi menyerang (Arteta-Cazorla-Rosicky) atau bertahan (Ateta-Ramsey-Cazorla), saat ini Arsenal memiliki opsi kreatifitas dan serangan balik tajam. Saat butuh kreatifitas untuk membongkar pertahanan “parkir bus”, Arsenal bisa memainkan Arteta-Cazorla-Oezil dengan Podolski-Giroud-Walcott di depan. Arsenal juga bisa mempertajam serangan baliknya bila memainkan Arteta-Chamberlain-Rosicky dan sedikit ekstrim dengan menempatkan Cazorla-Oezil di sayap serta Walcott sebagai penyerang utama. Arsenal mempromosikan banyak pemain muda diposisi ini. Ganbry, Miyaichi, Zelalem, dan Frimpong sepertinya akan mengisi skuad utama untuk pertandingan FA Cup dan Capital One Cup.

Predikisi: Lini ini menjadi lini terkuat Arsenal dan paling aman dari badai cedera dengan banyaknya opsi yang dapat digunakan.

Penyerang

tumblr_msgipjZ3EI1qfj1xoo1_500

Giroud yang cukup bagus dimusim pertamanya, diawal musim ini langsung memberikan jawaban atas kepercayaan yang diberikan dengan mencetak 4 gol dalam 5 pertandingan. Secara produktifitas tidak ada yang perlu dikawatirkan, namun secara fisik dia tidak memiliki penganti yang sepadan setidaknya untuk 2 bulan kedepan. Podolski cedera hingga November, Sanogo bila fit juga tidak mungkin menjadi starter (kecuali terpaksa). Pilihan terakhir bila Giroud cedera atau butuh istitahat adalah menempatkan Walcott sebagai striker utama. Tapi masalahnya Walcott pun tanpa pemain pengganti karena Chamberlain yang bisa mengisi posisinya mengalami cedera panjang.

Di detik-detik akhir transfer Arsenal memburu striker tambahan namun gagal mencapai kesepakatan dengan alasan strategi klub pemilik (Demba Ba). Akhirnya Arsenal juga membatalkan transfer Bendtner dan memasukan kembali Bendtner ke tim utama serta list UCL. Ciprian Marica, sriker Rumania yang berstatus bebas transfer tidak lebih baik dari pada Sanogo dan Bendtner. Catatan golnya di timnas yang memiliki rasio 1 gol tiap tiga pertandingan sama sekali tidak mampu dibuktikan di level klub.

Prediksi: Untuk sementara Cazorla akan mengisi tempat yang ditinggalkan Podolski. Rotasi pemain akan sering terjadi baik secara penuh maupun saat pertandingan belangsung terutama untuk menjaga kebugaran Giroud dan Walcott. Dimungkinkan untuk melakukan pembelian di bursa transfer januari.

After All

formation 433

Bila Giroud dan Walcott mampu menjaga kebugaran, Arsenal akan terus mampu bersaing untuk posisi juara. Setidaknya hingga Podolski bisa kembali bertugas atau hingga bursa transfer januari dibuka dimana Arsenal diyakini akan menambah satu pemain di pos penyerangan.

Suntikan kualitas berupa Oezil di posisi gelandang diharapkan mampu menambah kreatifitas dan produktifitas yang musim kemarin hanya bertumpu pada Cazorla. Flamini yang ditempatkan diposisi Arteta menggunakan pengalamannya bermain di Serie A hanya sebagai solusi jangka pendek. Wenger masih mempertimbangkan mencari penganti Arteta, Lars Bender dan Gundogan masuk dalam favorit rekrtan baru Arsenal. Gundogan hanya menyisakan kontrak dua tahun dan pembicaraan perpanjangannya ditunda untuk saat ini. Possibility eh.

Sektor pertahanan musim kemarin mencatatkan performan terbaik dalam tiga musim terakhir dengan hanya kebobolan 37 gol dan menjadi terbaik ke dua di liga di bawah Man City.

Saat semua pemain fit, akan cukup susah mencarikan tempat untuk Monreal, Rosicky, Diaby, Chamberlain, dan Sanogo, bahkan untuk hanya sekedar duduk dibangku cadangan. Rotasi pemain akan sering terjadi bila semua telah kembali fit.

Hanya kombinasi pertahanan yang baik dan produktivitas gol yang cukup yang mampu mengantarkan Arsenal menjadi juara liga. Sajarah mencatat tidak perlu menjadi yang pertama dalam produktifitas atau jumlah kebobolan gol, cukup salah satu diperingkat pertama dan yang lain di posisi kedua sudah cukup untuk menjadi juara. Bermain efisien dengan satu atau dua gol dan menjaga kebobolan sesedikit mungkin. In Wenger (strategy) we trust. Come on Arsenal! (woj)

Satnding 12

Related Post:

– Melihat Kedalaman Skuad Arsenal

– Skuad Arsenal Untuk Liga Champion, Bendtner In

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s