Match Preview: Sunderland vs Arsenal

Arsenal's Santi Cazorla scores during the Barclays Premier League match at the Stadium of Light, Sunderland.

Tendangan Santi Cazorla ke gawang Sunderland yang membuat Arsenal unggul 1-0

Dua minggu berlalu, penantian suporter untuk bisa melihat pemain Arsenal bersama. Yang paling ditunggu permainannya tentu saja rekrutan termahal Arsenal sepanjang sejarah, Mesut Ozil.

Minggu ini Arsenal akan menjalani partai tandang ke Sunderland. Dari laga internasional, beberapa pemain Arsenal ada yang mengalami cedera sehingga memperpanjang daftar pemain cedera Arsenal. Rosicky dan Sanogo dipastikan absen, sedangakan Per Mertesacker tiba-tiba mengalami sakit sehingga tidak turut dalam rombongan tim ke Sunderland, Mesut Ozil juga sempat sakit namun tetap akan dibawa. Kemungkinan kedua pemain Jerman ini sakit akibat kelelahan berlatih dan bermain untuk timnas Jerman.

Vermaelen yang belum lama sembuh dari cedera dan sudah mengikuti latihan penuh terpaksa dibawa dan mungkin akan menjalai partai pertamanya musim ini. Jenkinson di kanan dan saya lebih suka bila Monreal menjadi starter karena fisiknya yang bagus dan cocok saat melawan tim yang mengandalkan kontak fisik.

Flamini akan ditemani oleh Ramsey sebagai double pivot dan Ozil akan bermain ddepan mereka dalam pola 4-2-1-3 ini. Jack Wilshere kemungkinan akan menjadi cadangan untuk menggantikan Ramsey/ Ozil bila diperlukan. Tetapi karena Ozil yang sedikit kurang fit, bisa juga dia menjadi starter sebelum kemudian Ozil masuk mengantikannya. Formasi dan kombinasi ini sepertinya akan mengisi lineup Arsenal untuk beberapa minggu kedepan.

Podolski yang cedera untuk dua bulan kedepan memaksa Cazorla bermain di sayap kiri, sedangkan Giroud dan Walcott tetap pada posisi masing-masing. Giroud benar-benar akan dimanjakan  oleh umpan dari sisi kanan (Walcott), kiri (Cazorla) dan umpan terobosan dari Ozil. Cazorla akan bermain penuh karena dari seluruh anggota tim utama Arsenal kebetulan kemarin dia tidak terlalu lama bermain untuk Spanyol.

Akpom, Gnabry dan Ryo Miyaichi akan menjadi cadangan bila mana senior-senior mereka kelelahan meski mereka pun, terutama Gnabry, juga kelelahan karena bermain untuk U19 Jerman dan Arsenal U21 kamis kemarin. Gnabry bisa menggantikan Ramsey, Akpom menggantikan Giroud, dan Ryo bisa masuk mengantikan Walcott.

Sunderland

Paolo Di Canio Unveiled As New Sunderland ManagerPelatih “baru” Sunderland, Paolo Di Canio membawa perubahan dalam gaya pemainan Sunderland. Akhir musim lalu Sunderland bermain dengan lebih menyerang dan sedikit terbuka, namun masih tetap disiplin terutama lini tengahnya yang biasanya padat pemain (lima pemain).

Kehilangan Mignolet di pos penjaga gawang merupakan kehilangan terbesar Sunderland. Awal musim ini mereka lebih mudah dibobol dari pada musim lalu. Penjualan Mignolet tidak diimbangi dengan mendatangkan kiper yang sepadan ataupun pembelian bek berkualitas. Di Canio mendatangkan Vitto Mannone dari Arsenal yang sejauh ini juga hanya menjadi cadangan dari kiper minim pengalaman Keiren Westwood.

Awal musim ini Di Canio mendatangkan Ki Sung-Yeun,  Fabio Borini,  Andrea Dossena,  dan Giancherini yang semuanya bertipikal penyerang dan tidak ada pembelian bek tengah yang dapat diandalkan, dalam tiga pertandingan , koefisien gol mereka adalah 2 berbanding 5 . Pemain-pemain asal Italia ini mempertegas citarasa Italia di Sunderland karena selain pemain dan pelatih masih ada direktur sepakbola, Roberto De Fanti juga berasal dari Italia. Kedatangan pemain pemain ini juga mendukung tipikal menyerang yang dianut oleh Di Canio. Serangan dari sayap khas Italia akan disambut oleh Steven Fletcher sebagai sriker tipe finisher. Meski baru kembali dari cedera Flecher mampu langsung mencetak gol di pertandingan pertamanya minggu kemarin (GW 3).

Tactical Analysis

zp_180251405_SM_9583_F_9CDA10A_1186

Musim lalu hanya ketangguhan Mignolet-lah yang membuat Sunderland hanya kebobolan satu gol dari dua pertandingan melawan Arsenal. Pertemuan pertama di Emirates stadium dimana pertandingan berakhir 0-0 meski Arsenal mendominasi menciptakan peluang sebelum Jenkinson dikartu merah.

Pada pertemuan kedua di kandang Sunderland, Arsenal mampu unggul melalui gol Cazorla yang sedikit dibantu karena bola berbelok mengenai bek Sunderland. Memang kalau tidak begitu, Mignolet ini sangat susah dibobol, meski pindah ke Liverpool, hingga pekan ke tiga ini dia belum kebobolan sama sekali plus menyelamatkan satu tendangan penalti. Catatan musim lalu, dari 13 kali shoot on goal (2 pertemuan)chanya satu yang berhasil masuk kegawang. Gila. Untung saja Mignolet yang sering menjadi faktor pembeda ini sudah pindah sehingga Arsenal akan lebih mudah mebobol gawang.

Namun Arsenal tetap harus waspada terhadap serangan balik melalui sayap mereka dan juga pelanggaran tidak perlu karena Seb Larsson melalui tendangan bebasnya sudah siap megancam gawang mantan klubnya. Pada pertandingan ini Per Mertesacker akan absen karena sakit, tempatnya akan digantikan oleh Vermaelen. Entah mengapa feeling saya mengatakan Vermaelen akan memulai debutnya musim ini di Stadium of Light. Mungkin karena rawannya lini belakang Arsenal dari bola-bola atas bila Sagna bermain sebagai bek tengah. Sunderland adalah tim yang mengandalkan serangan sayap dan bola-bola atas khas daratan Inggris dengan tambahan citarasa Italia yang dengan sabar menunggu menyerang saat lawan lengah.

Absennya pemain belakang Sunderland John O’Shea karena hukuman kartu dan Brown yang diragukan tampil karena cedera lulut akan mempermudah Arsenal membongkar pertahana Sunderland. Untuk laga ini sepertinya Di Canio akan memberikan kepercayaan pada Vitto Mannone untuk pertamakalinya mengawal gawang Sunderland. Bila Sunderland bermain terlalu terbuka dan melihat banyaknya peluang yang mampu diciptakan Arsenal saat melawan mereka (Mignolet), hujan gol tidak mustahil terjadi. (woj)

Sunderland 0-1 Arsenal 2012/2013

Sunderland 0-1 Arsenal 2012/2013

Team news:

Image 4

Sunderland: Brown (diragukan-lutut), Giaccherini (diragukan-hamstring), O’Shea (hukuman), Dossena (lutut), Bardsley (kaki).

Arsenal: Rosicky (hamstring), Sanogo (punggung), Arteta (paha), Oxlade-Chamberlain (lutut), Podolski (hamstring), Diaby (lutut), Mertesacker (sakit).

Sunderland (4-4-2): Mannone – Colback, Diakte, Brown, Celustka – Gianccherini, Vaughan, Larsson, Johnson – Flecher, Wickham.

cadangan: Westwood, Cuellar, Roberge, Mavrias, Ji, Cabral, Moberg.

Arsenal (4-2-1-3): Szczesny – Jenkinson, Vermaelen Koscielny, Gibbs – Flamini, Ramsey – Ozil – Walcott, Giroud, Cazorla.

cadangan: Fabianski, Sagna, Monreal, Frimpong, Wilshere, Ryo, Akpom.

(woj)

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s