Match Preview: Marseille vs Arsenal

Gol Aaron Ramsey membawa Arsenal unggul 1-0 atas Marseille.

Gol Aaron Ramsey membawa Arsenal unggul 1-0 atas Marseille.

Liga Champion dimulai minggu ini. Hasil Match day pertama UCL berpihak kepada tim-tim unggulan dan banyak gol yang tercipta, 30 gol dalam delapan pertandingan. Namun untuk pertandingan Marseille lawan Arsenal nanti malam diprediksi hanya satu (likely) atau dua (most) gol yang tercipta.

Dua musim lalu kedua tim berjumpa dalam babak grup UCL, dari dua pertandingan hanya satu gol yang tercipta.  Pertahanan Marseille yang sangat susah ditembus plus kiper mereka, Steve Mandanda, yang kemampuannya diatas rata-rata menggagalkan peluang Arsenal mencetak gol. Dalam dua pertemuan tersebut, Arsenal menciptakan 10 kali shoot on goal namun hanya satu yang dapat dikonversi menjadi gol. Arsenal mampu mengalahkan Marseille dikandangnya 1-0 melalui gol Aaron Ramsey di menit injury time (Mandanda absen) dan Marseille menahan imbang 0-0 Arsenal di Emirates saat gawang dijaga oleh Mandanda.

Dua tahun berlalu, komposisi pemain Arsenal dan Marseille beberapa sudah berubah, namun perubahan yang terjadi tidak signifikan. Hanya dari sisi penyerangan kedua tim yang paling banyak berubah sedangkan untuk pos pertahanan kedua tim masih diperkuat oleh pemain-pemain yang sama.

Marseille vs Arsenal 0-1 UCL 2011/2012

Marseille vs Arsenal 0-1 UCL 2011/2012

Posisi Ayew sudah digantikan oleh Dimitri Payet, Valbuena ditengah dan sayap kanan diisi oleh Thauvin. Loic Remy yang sudah dijual digantikan oleh Gignac yang tipikalnya sama seperti Giroud. Diposisi gelandang bertahan, duet Alou Diarra (dijual) dan Cheyrou sudah di geser oleh Gianelli Imbula dan Alaixys Romao.

Gaya permainan Marseille dan klub-klub tradisional Perancis umumnya kuat dan bertipe bertahan. Enam pemain mereka disiplin menjaga pertahanan dan hanya mengandalkan empat pemain menyerangnya untuk menggempur lawan. Bek sayap mereka juga sesekali ikut menyerang tetapi melihat kualitas mereka sepertinya akan lebih diinstruksikan untuk bertahan mengingat kedua sayap Arsenal sangat berbahaya.

Serangan Marseille tentusaja akan diotaki oleh Valbuena dan Payet, Thauvin yang kemarin bersinar di WC U20 belum terlau padu. Minggu kemarin Thauvin hanya dimainkan 53 menit yang sekaligus adalah debut perdananya. Bermainnya kembali Per Mertesacker akan berduel udara dengan Gignac, sektor yang cukup rawan saat kemarin melawan Sunderland.

Cederanya beberapa pemain terutama di posisi penyerangan menyebabkan Wenger tidak memiliki banyak pilihan selain membawa pemain muda sebagai cadangan. Isaac Hayden, Ryo, dan Akpom akan mengisi bangku cadangan.

Team News: Mar v ArsMars

Marseille: –

Arsenal: Rosicky (hamstring), Sanogo (punggung), Arteta (paha), Oxlade-Chamberlain (lutut), Podolski (hamstring).

Marseille (4-2-3-1): Mandanda – Morel, Lucas, Nkoulou, Lucas Mendes, Fanni – Imbula, Romao – Payet, Valbuena, Thauvin – Gignac

Arsenal (4-3-2-1): Szczesny – Jenkinson, Mertesacker, Koscielny, Gibbs – Flamini, Ramsey, Wilshere– Ozil, Walcott – Giroud.

Kabar gembira datang dari bagian physiotherapy, Podolski yang awalnya cedera selama 10 minggu diprediksi hanya butuh 5-6 minggu dan akan fit tanggal 1 Oktober saat melawan Napoli. Kabar yang saat baik dimana Arsenal kekurangan stok penyerang tengah. Giroud yang sempat ditarik keluar pada menit menit akhir karena mengalami cedera saat ini sudah dalam kondisi fit. Arteta diperkirakan kembali bermain saat Arsenal melawan WBA di CO Cup tanggal 25 September.

Disaat yang bersamaan tim U19 Arsenal akan bertanding melawan Marseille U19 dalam turnamen baru yang di buat oleh UEFA, UEFA Youth League. Gnabry, Bellerin dan beberapa pemain muda lainnya akan tampil di turnamen “pengganti” NextGen Series ini. (woj)

 

Advertisements

2 thoughts on “Match Preview: Marseille vs Arsenal

    • OM sekarang peringkat empat, performanya belum terlalu bagus.
      Gaya permainan khas klub Perancis, defensif, serangan balik, tapi kemampuan penyerang OM masih dengan mudah diatasi pemain belakang Arsenal.

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s