Preview Pertandingan CO Cup: West Brom vs Arsenal

Capital One Cup Logo

Pekan ke lima EPL Arsenal berhasil mengalahkan Stoke City dengan skor meyakinkan, 3-1. Man Utd kalah dari rival sekotanya, Liverpool secara mengejutkan juga kalah dari Southamton di Merseyside. Hasil ini membawa Arsenal ke peringkat pertama dan mem- “for ever in our shadow” -kan Spuds tepat dibawah kita dengan hanya menyisakan selisih gol sebagai pembeda. Tujuh kemenangan beruntun dicatatkan oleh Arsenal di awal musim ini. Emapt di EPL dan tiga pertandingan UCL.

Tengah pekan ini Arsenal belum bisa beristirahat (tiap tiga hari bertanding) karena akan berlangsung babak ke tiga, Capital One Cup. Turnamen yang merupakan pengganti Carling Cup karena pergantian kontrak sponsor ini akan mempertandingkan West Bromwich Albion melawan Arsenal.

Kebijakan lama Wenger menggunakan ajang kompetisi nomor tiga ini hanya sebagai wadah melatih pemain-pemain muda. Tak salah memang mengingat banyaknya kompetisi yang harus dijalani dan juga minimnya jumlah pemain karena banyak cedera. Meskipun banyak fans yang berfikir “Ayo ambil ini aja, jangan pemain muda biar juara”, kenyataannya susah untuk dijalankan. Bahkan untuk ukuran pemain mudapun mereka sudah cukup kelelahan mengingat semakin banyaknya kompetisi baru (UYL dan BPL U21). Skuad utama mungkin akan diturunkan saat dipertandingan semi-final dan final.

Disaat yang sama stok penyerang Arsenal kembali berkurang dengan cederanya Theo Walcott, sehingga hanya menyisakan Giroud dan Bendtner sebagai striker murni. Beroperasinya Giroud sebagai stiker tungggal tanpa Walcott sepertnya membuat dia tak terlihat pemainannya minggu kemarin.

West Bromwich AlbionWBA

Setelah start yang buruk, West Brom bisa meraih kemenangan pertamanya musim ini. Anelka yang sempat meminta istirahat berlatih karena agennya meninggal (hampir dikira pensiun dini) membuat lini depan WBA mandul. Empat gol dari lima pertandingan, tiga gol diperoleh minggu ini saat menang lawan Sunderland.

Penyelesaian peluang merekapun terbilang buruk, lini tengah mereka sangat lemah. Hal ini tergambar saat melawan Swansea dikandang, WBA tidak mampu menciptakan satu tendanganpun kearah gawang, ball posesion-nya juga kalah 40 berbanding 60 untuk Swansea. Masuknya Amalfitano yang dipinjam dari Marseille sedikit banyak meningkatkan peluang gol dan kreatifitas yang sejak lama dibutuhkan oleh WBA.

Yang menjadi catatan adalah lini belakang The Baggies yang cukup solid, dua kali clean sheet menyaimai catatan Arsenal saat ini. Cederanya kiper utama mereka Ben Foster cukup berpengaruh dan Boaz Myhil belum mampu menjaga gawangnya sebaik Foster.

West Brom menggunakan formasi utama 4-4-2 yang masih tradisional. Formasi ini kadang berubah menjadi 4-2-3-1 seperti dipertandingan terakhir mereka melawan Sunderland. Sessegnon berdiri di belakang striker utama Nikolas Anelka didukung dua sayap mereka Scott Sinclair dan Amalfitano. Pergerakan dan kreatifitas Amalfitano patut diwaspadai plus serangan fisik Sessegnon dan pengalaman Anelka yang sudah hafal kemana harus bergerak untuk membobol gawang Arsenal.

Tactical Analysis

Semi Ajayi, center back, 19 tahun, dari Charlton Athletic

Semi Ajayi, center back, 19 tahun, dari Charlton Athletic

Padatnya jadwal Arsenal membuat Wenger menghadapi pilihan sulit. Pada hari sabtu besok Arsenal sudah harus bertanding melawan Swansea, lawan yang sering menyulitkan Arsenal di Liberty Stadium. Pilihanya EPL atau COC mengingat lawan yang dihadapi bukan klub divisi bawah tetapi adalah klub yang cukup “mapan” di EPL meski hanya papan bawah.

Kembalinya Vermalen dan Arteta cukup memberikan pilihan terutama rencana wenger yang akan mengistirahatkan Jack WIlshere. Untuk pertandingan CO Cup ini Wilshere sudah pasti absen, tempatnya akan diisi oleh Areteta. Ramsey belum bisa diistirahatkan karena tidak banyak pemain yang tersedia, mungkin diganti bila Arsenal sudah unggul dan meguasai lapangan tengah.

Viviano yang kemarin ada dibangku cadangan akan diberikan kepercayaan oleh Wenger (Fabianski sepertinya dapat jatah FA Cup). Monreal yang kehilangan tempat di starting line up EPL akan menjadi starter bersama dengan Jenkinson dan Vermaelen. Satu bek tengah lainnya masih gelap, mungkin Issac Hayden yang beberapa kali masuk tim akan dimainkan. Atau bisa juga bek baru Arsenal, Semi Ajayi, akan memulai debutnya di pertandingan ini.

Perombakan dari skuad EPL ada pada sisi penyerangan. Cederanya Walcott karena masalah perut hingga dua minggu kedepan membuat Wenger memainkan Gnabry di sisi kanan. Permainannya cukup impresif, pemain yang oenug dengan speed, pace, dan power, namun untuk umpan-umpannya masih kurang, terbukti kemarin Giroud tidak pernah mendapat suplai bola yang memadai seperti yang diberikan oleh Walcott. Ryo Miyaichi dan Serge Gnabry sudah pasti dipasang pada kedua sayap. Untuk penyerang utama pilihan jatuh antara Bendtner dan Chuba Akpom. Mengingat Bendtner kemarin masuk daftar pemain cadangan dan pengalamannya yang lebih banyak, dia akan menjadi starter.

Cadangan akan diisi oleh pemain dari Arsenal U21. Frimpong, Bellerin, Alax Iwobi, Eisfeld, Kris Olsson, Akpom, Iliev dan mungkin Giroud sebagai pemain senior bilamana nanti dibutuhkan (sulit mencetak gol). Arteta mungkin saja dikembalikan ke posisnya saat di Everton sebagai gelandang serang.

Cukup sulit bila Wenger dan mungkin fans memaksakan untuk memainkan tim utama karena hari sabtu harus bertandang ke Swansea. Tidak perlu khawatir dengan skuad WBA yang sekelas EPL karena akhir pekan nanti merreka bertemu Man Utd, bahkan mereka main lebih awal (21.00 WIB) dari pada Arsenal (23.30 WIB).Kecuali bila mereka lebih memilih Carling Cup dan melepas pertandingan EPL. Dalam dua musim terakhir Arsenal selalu menang lawan WBA, namun mereka selalu memberikan perlawanan saat bermain dikandang (2-3 dan 1-2). Come on Arsenal. (woj)

Team News:

Arsenal: Rosicky (hamstring), Sanogo (punggung), Oxlade-Chamberlain (lutut), Podolski (hamstring), Diaby (lutut), Cazorla (engkel), Walcott (abdomen perut).

Rosicky akan mulai berlatih awal pekan depan, Fabianski sudah sembuh dari radang tenggorokan, Podolski menyusul satu minggu lagi. Walcott mengalami masalah pada abdomen perutnya, semacam hernia tapi bukan hernia, absen untuk 10-14 hari kedepan.

West Bromwich Albion (4-4-2): Myhill – Jones, McAulley, Olsson, Ridgewell – Amalfitano, Morison, Malumbu, Sinclair – Anelka, Sessegnon.

Cadangan: Camp, Lugano, Popov, Yacob, Anichibe, Beharimo, Rosenberg.

Arsenal (4-3-2-1): Fabianski – Jenkinson, Mertesacker, Vermaelen, Monreal – Flamini, Arteta, Eisfeld – Gnabry, Ryo – Bendtner.

Cadangan: Viviano, Hayden, Bellerin, Kris Olsson, Akpom, Iwobi, Park Chu Young.

Advertisements

2 thoughts on “Preview Pertandingan CO Cup: West Brom vs Arsenal

    • Mungkin dibabak berikutnya bila Arsenal lolos, bertemu dengan tim EPL, dan pemain-pemain sudah bebas dari cedera, hal itu mungkin saja, first team/ berpengalaman ada 25+.

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s