Preview Pertandingan CO Cup: Arsenal vs Chelsea

article-2432131-18453E3700000578-403_634x338

Arsenal akan bertemu Chelsea, satu dari empat tim kuat yang akan dihadapi dalam 17 hari kedepan. Sebuah ujian untuk menilai seberapa kuat mental Arsenal untuk perebutan juara musim ini karena dari sisi kedalaman skuad, Arsenal cukup mumpuni karena hanya beberapa pemain yang cedera dan peran mereka dapat digantikan oleh yang lain.

Adalah undian babak ke empat Capital One Cup yang mempertemukan Arsenal dan Chelsea di Emiretes rabu dini hari nanti. Hanya laga ini yang mempertemukan dua big four, sedangkan tim lain bertemu dengan tim dari divisi dibawahnya atau tim yang relatif lebih lemah. Pemenang pertandingan ini akan melaju ke babak 8 besar.

Seusai undian CO Cup dipastkan kemarin, Mourinho mengkritisi jadwal yang terlampau dekat dengan pertandingan EPL terakhir mereka (Man City) yang hanya berselisih 54 jam. Mourinho juga berujar bahwa dia akan menurunkan tim U21 Chelsea karena jadwal yang mepet ini.

Sebenarnya ada kemungkinan untuk mengundurkan jadwal ini, namun karena Spurs dijadwalkan bertanding tanggal 31 Oktober maka tertutup kesempatan Chelsea untuk mengajukan pengunduran jadwal. Hal ini dikarenakan pihak kepolisisan tidak mengijinkan dua pertandingan tim London Utara digelar bersamaan terkait dengan pengaturan transportasi publik bagi suporter.

Meskipun Mourinho memberikan pernyataan akan menuriunkan tim U21 atau tim mixed U21 dan senior, omongannya cukup sulit dipercaya. Pada pertandingan COC sebelumnya lawan Swindon yang hanya bermain di League One, divisi setingkat level 3, namun Chelsea tetap menurunkan tim kuat tanpa pemain U21. Masih teringat juga saat laga final Carling Cup (sekarang capital One Cup), Mourinho menurunkan seluruh skuad utamanya sedangkan Arsenal menurunkan tim mixed di laga yang berujung dengan keributan pemain ini.

Chelsea

Secadangan-cadangannya pemain Chelsea seperti apa sih, tetap saja mereka adalah pemain yang bagus dan berpengalaman bila kita membandingaknya dengan tim cadangan Arsenal. Ada  Juan Mata, David Luiz, Demba Ba, Essien. Saya baru merasa aman bila Arsenal bertemu dengan Man Utd dan mereka menurunkan tim cadangan. Hehehe…

Pada pertandingan melawan Man City Kemarin, Mourinho menyimpan Luiz, Mata, dan Azpilicueta, serta merotasi Schurrle – Lapard dan menggantinya dengan Mikel -Willian di menit ke 66. Striker yang mencetak gol di final UCl 2005, Samuel Eto’o, juga baru diturunkan di menit 84 menggantikan Hazard. Semua pemain diatas kemungkinan besar masih akan diturunkan oleh Mourinho, plus kiper Mark Schwarzer yang mendapat jatah bermain di kompetisi kelas dua.

Setelah lima tahun berkelana di Serie A dan La Liga, Mourinho kembali dipercaya oleh Abramovic untuk melatih Chelsea. Tidak banyak perubahan berarti dalam sisi strategi, Mourinho cenderung bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik cepat memanfaatkan kecerdikan striker yang beroperasi mandiri.

Mourinho selalu menyukai striker yang lengkap dalam olah bola dan juga mampu bekerja sendiri tanpa dukungan pemain lini kedua. Drogba, Eto’o (2x), dan C Ronaldo adalah striker kesukaan Mou, dia tidak menyukai striker macam Milito, Benzema, ataupun Huguain, yang dari sisi kualitas sebenarnya tidak jelek-jelek amat.

Chelsea bersama dan sepeninggal Mourinho dikenal memiliki gelandang yang sangat kuat, mereka biasa memainkan 5 gelandang dengan komposisi 1 bertahan, 1 pekerja, dan 3 gelandang serang untuk melindungi pertahanan dan juga mensupport  penyerangan.

Bila duet Cahiil-Terry bermain, pertahanan Chelsea akan sangat kuat, namun kemungkinan mereka diistirahatkan dan tempatnya digantikan oleh David Luiz. Pemain berusia 20 tahun, Tomas Kalas kemungkinan akan menemani Luiz di jantung pertahanan. sedangakan bek sayap akan diisi oleh Azpilicueta-Ryan Bertrand.

Capital One Cup 3rd Round - Swindon vs Chelsea

Capital One Cup 3rd Round – Swindon vs Chelsea

Tactical Analysis

Arsenal diuntungkan dengan waktu istirahat yang lebih panjang satu hari dari pada Chelsea sehingga memungkinkan beberapa pemain reguler untuk diturunkan.ARS v CFC CO Cup

Kecuali untuk Giroud yang meminta diistirahatkan, Ramsey yang diistirahatkan untuk menghindari cedera dan Arteta yang terkena hukuman kartu, pemain reguler lainnya dalam kondisi yang bagus untuk dimainkan.

Arsenal masih memiliki Vermaelen, Monreal, Jenkinson, Rosicky serta Sanogo yang sudah pulih dari cedera. Ozil sepertinya akan mendapat libur ekstra dan dipersiapkan untuk melawan Liverpool akhir pekan ini.

Arsenal cukup kehilangan Flamini yang cedera hamstring dan Arteta yang terkena hukuman kartu karena stok gelandang bertahan Arsenal tinggal tersisa Frimpong dan Hayden. Sedikit eksperimin bisa dilakukan dengan menempatkan Vermaelen sebagai DMF.

Saya akan memilih Sanogo (bila benar-benar sudah fit) dari pada Bendtner. Emanuel Frimpong bila dimainkan, semoga dia tidak melakukan tindakan bodoh yang berujung kartu. Come on dude, wake up, ini musim terakhir dikontrakmu!

Arsenal memiliki catatan yang kurang bagus saat bertemu dengan Chelsea (Mourinho), DDLLLDLD tanpa kemenangan adalah catatan Wenger vs Mourinho. Meski skor hanya berselisih satu gol, Arsenal hanya sekali mampu mencetak 2 gol  yang terjadi saat pertemuan perdana mereka. Arsenal bahkan gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan karena taktik dan solidnya pertahanan Chelsea.

Dalam lima pertemuan terakhir (WWDLL) Arsenal mampu mengalahkan Chelsea 3-1 dan 5-3 yang terjadi saat Chelsea dilatih Ancelotti dan RdM yang bertipikal terbuka dan kembali gagal menang saat Chelsea dilatih Rafa Benintez.

Sebenarnya saya kesulitan mencari kelemahan Chelsea untuk pertandingan besok. Serangan Arsenal yang kebanyakan di sisi kanan dapat digunakan untuk membuka peluang karena sisi kiri Chelsea cukup lemah tanpa Ca$hley Cole. Pemain-pemain cadangan Chelsea yang jarang dimainkan bersama bisa menjadi lubang bila operan-operan cepat Arsenal dapat mengalir.

Mourinho tidak bodoh dan juga buka pelatih yang egonya mampu menerima kekalahan. Selain itu Mourinho juga tidak pernah benar-benar percaya dengan pemain mudanya seperti nihilnya pemain muda Chelsea, Internazionale dan Madrid yang di orbitkan ke tim utama.

Bila dua tim kuat bertemu, bukan skill dan taktik yang berperan karena hasil pertandingan akan ditentukan oleh kekuatan mental dan keberuntungan – @wojcah

Final Carling Cup 2007, Arsenal vs Chelsea

Final Carling Cup 2007, Arsenal vs Chelsea

 

Team News

Arsenal: Oxlade-Chamberlain (lutut, Desember), Podolski (hamstring, akhir November), Diaby (lutut, Maret), Walcott (abdomen perut, 2 November), Mikel Arteta (hukuman kartu, 2 November).

Chelsea: –

Arsenal (4-2-3-1): Fabianski – Jenkinson, Vermaelen, Koscielny, Monreal – Frimpong, Rosicky – Gnabry, Ryo, Cazorla – Sanogo

Cadangan: Viviano, Bellerin, Hayden, Wilshere, Eisfeld, Olsson, Bendtner.

Chelsea (4-2-3-1):  Schwarzer – Azpillicueta, Cahill, Luiz, Bertrand – Essien, Mikel – Willian, Mata, De Bruyne – Eto’o

Cadangan: Blackman, Terry, Kalas, Lampard, Hazard, Schurlle, Ba

 

Advertisements

6 thoughts on “Preview Pertandingan CO Cup: Arsenal vs Chelsea

  1. ga mungkin mou wani pasang cadangan, dari dulu sampe sekarang celshiet jarang nurunin kelas 2 walopun itu COC Ato dulu carling. pffffffftt

    • Pray for frimpong. Pemain yg ter-distracted oleh aktivitas diluar sepak bola.
      Mungkin dia dipake sosis so nice versi inggris.

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s