Preview Pertandingan: Arsenal vs Southampton

Arsenal v Southampton Premier League 2012/2013. mirror.co.uk

Arsenal v Southampton Premier League 2012/2013. mirror.co.uk

Oleh @wojcah

Pertandingan pertama setelah jeda internasional, Arsenal mencoba lepas dari bayang-bayang kekalahan saat melawan MU. Meski tidak berpengaruh langsung pada klasemen EPL (tetap peringkat 1), namun kekalahan dari musuh tradisional bisa mempengaruhi mental pemain.

Dijeda internasional terakhir (sebelum maret uji coba lagi) ini, tidak ada pemain yang mengalami cedera. Mereka juga sukses membela timnas negara masing-masing dengan hasil positif, baik di ujicoba ataupun di play off Piala Dunia 2014, kecuali Inggris yang dua kali harus kalah atas Chile (0-2) dan Jerman (0-1).

Giroud, Sagna, dan Koscielny berhasil “membawa” Perancis lolos ke babak final WC 2014. Meski peran mereka tidak terlalu vital di tim. Di leg pertama Koscielny dikartu merah sehingga absen di pertandingan ke dua, sedangkan Giroud dan Sagna hanya masuk sebagai pemain pengganti pada leg kedua. Hal ini cukup “menguntungkan” Arsenal karena mereka tidak terlalu kelelahan.

Hal “menguntungkan” lainnya adalah diistirahatkannya Ӧzil karena adanya jaminan pelatih bahwa dia sudah pasti masuk tim utama sehingga Low lebih memilih memainkan pemain kelas baru. Aaron Ramsey juga absen di interlull kemarin karena flu. Pemain yang mungkin cukup kelelahan adalah Santi Cazorla yang harus mengikuti jadwal ujicoba “aneh” timnas Spanyol.

Southampton

Musim ini Southampton menjadi kuda hitam dengan mampu berada di papan atas. Pencapaian mereka ini bukan karena kebetulan namun sudah membutikan kualitasnya dengan mengalahkan Liverpool (0-1) dan menahan imbang Man Utd (1-1).2201sutton_540_374_100

Selain raihan poin, Southamton juga mencatatakan diri sebagai tim paling sedikit kebobolan nomor 2 se-liga Eropa dibawah AS Roma dengan baru kebobolan 3 gol.

Perekrutan Mauricio Pochettino yang awalnya sempat menjadi kontroversi di kalangan suporter, terbukti mampu mengubah gaya peraminan Southampton. Dia mampu memperagakan formasi 4-2-3-1 yang belakangan populer ini dengan sangat baik dengan hanya menggunakan pemain “kelas dua”. Formasi 4-2-3-1 bila dimainkan oleh pemain yang salah hanya akan menjadi formasi bertahan dan penonton akan dibuat bosan karena bola akan lebih sering berada ditengah.

Southamton yang besok kita hadapi bukanlah Southampton yang pernah kita bantai 6-1 di Emirates, bila ingin melihat gambarannya, mereka lebih mirip Southamton saat menahan imbang Arsenal 1-1. Sama-sama 4-2-3-1 namun musim ini mereka lebih kuat dalam bertahan ataupun menyerang karena masuknya Dejan Lovren sebagai bek , Wanyama sebagai DMF dan fitnya Adam Lallana sebagai AMF. Benar-benar rekrutan yang tepat (meski ada juga yang masih zonk – Osvaldo).

Permainan Southampton secara keseluruhan mengandalkan passing cepat seperti Arsenal, namun kelemahan mereka adalah akurasi passing yang hanya sedang-sedang saja. Mereka juga memiliki presentase ball possession yang cukup baik dan cenderung melakukan pressing ketat saat kehilangan bola.

Tactical Analysis

Meski mencatatkan diri sebagai tim terbaik kedua di Eropa dalam hal bertahan, namun peluang untuk menang dengan beberapa gol masih terbuka. Kelemahan Southampton dalam akurasi passing harus bisa dimanfaatkan untuk melakukan serangan balik.

Beban berat akan di pikul di lini tengah karena disini ada Wanyama yang didisiplin melindungi pertahanan dan Schneiderlin yang di pertandingan nanti akan diinstruksikan tetap di belakang. Dengan total enam pemain bertahan, akan cukup sulit bagi Arsenal menerobos lewat tengan.

Giroud yang dioperasikan sebagai tembok untuk memantulkan bola bagi teman-temanya akan kesulitan karena delam formasi ini setidaknya dia akan dikawal oleh dua pemain dan dua DMF di depan bek Southampton akan menutup ruang passing.

Kembalinya WALCOTT (I am so happy!!!) dan oleh Wenger dinyatakan 100% fit bisa menjadi alternatif serangan melalui sayap yang pada beberapa pertandingan  terakhir kemarin sangat minim. Kemampuan Walcott berlari membayangi bek juga bisa mengeksploitasi pertahanan Southampton yang karena memainkan pressing, sehingga otomatis bek meraka juga bergerak ke atas menjauhi gawang saat kehilangan bola. Area kosong antara bek dan kiper ini harus mampu dimaksimalkan karena mungkin tidak banyak kesempatan (berulang). Dengan catatan semoga dribbling dan finishing Walcott sempurna.

Pertahanan Arsenal akan lebih dari mampu untuk menjaga pergerakan Lallana – Lambert – Rodriguez. Mertesacker yang bila dalam kondisis fit pasti sudah menanduk kepala RvP akan mampu menjaga Lambert seperti di ujicoba kemarin.

Tidak ada tambahan pemain cedera, namun Flamini akan absen karena akumulasi kartu kuning kelima yang diterimanya saat lawan Man Utd. Podolski akan kembali dalam tiga minggu kedepan sedangkan Chamberlain baru bisa dimainkan setelah Desember.

Campaign hingga tengah musim (tahun baru) akan dimulai besok, ada 9 pertandingan dengan total 27 poin, 2 pertandingan melawan Chelsea dan Man City, target minimal 22 poin, akan sangat bagus bila Arsenal bisa meraih 24-25 poin.

Start bagus akan memudahkah saat finish, berdasar statistik, Arsenal sering kehilangan poin di bulan November, Januari dan April. Come on Arsenal!

Arsenal Campaign

Team News

Arsenal: Flamini (Akumulasi kartu), Oxlade-Chamberlain (lutut, Januari), Podolski (hamstring, Desember), Diaby (lutut, Maret), Ryo (hamstring), Sanogo (Punggung, Unknown).

Southampton: Cork (engkel), Guly (lutut).

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs – Arteta, Ramsey – Walcott, Ozil, Cazorla – Giroud

Cadangan: Fabianski, Vermaelen, Jenkinson, Monreal, Wilshere, Rosicky, Bendtner.

Southampton (4-2-3-1): Boruc – Shaw, Lovren, Fonte, Clyne – Schneiderlin, Wanyama – Ward-Prowse, Lallana, Rodriguez – Lambert

Cadangan: Davis, Chambers, Hooiveld, Davis, Gallagher, Ramirez, Osvaldo.

Advertisements

2 thoughts on “Preview Pertandingan: Arsenal vs Southampton

  1. Pingback: Persiapan Akhir Tahun | Shenley Ground

  2. Pingback: Preview Pertandingan: Southamton vs Arsenal | Shenley Ground

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s