Preview Pertandingan: Cardiff City vs Arsenal

cardiff_city_stadium14

Bertandang ke markas juara Divisi Championship 2012/ 2013, Arsenal berpeluang memperbesar jarak dengan tim-tim dibawahnya yang pada gameweek ini beberapa bertemu dengan lawan sepadan. Dengan kondisi tim yang sedang bagus, kemenangan sepertinya tidak terlalu sulit di peroleh meski Cardiff mampu mencatat hasil mengejutkan saat bermain dikandang.

Cardiff City

Musim kompetisi 1961/1962 adalah musim terakhir Cardiff City berkompetisi di divisi tertinggi liga Inggris yang saat itu masih divisi satu. Setelahnya Cardiff hanya berkutat di divisi dua bahkan sering terdegradasi sampai ke divisi empat. Tan_3009716

Pada Mei 2010 pengusaha asal Malaysia, Vincent Tan mengambil alih kepemilikan klub. Pada saat itu Cardiff sudah mulai berkembang menjadi pesaing tiket promosi EPL pada musim-musim sebelumnya. Setelah gagal promosi pada 2011/2012, musim berikutnya pemilik Cardiff melakukan perubahan radikal dengan mengubah jersey utama dari biru ke merah dan perubahan logo utama klub dari burung walet menjadi Y Ddraig Goch atau naga merah seperti yang ada pada bendera Wales.

Meski sempat mendapat tentangan suporter, pemilik eksentrik yang bernama lengkap Tan Sri Dato’ Seri Vincent Tan Chee Yioun  berhasil mengantaarkan Cardiff City promosi ke divisi utama liga Inggris. Vincent Tan menjanjikan suntikan dana sebesar £ 25 juta dan sejauh ini telah berhasil membangun fasilitas latihan, ekspansi stadion, dan untuk dana transfer pemain. Dan akhirnya suporterpun terdiam. Di sepakbola kesuksesan adalah segalanya, bukan uang.

Cardiff City Stadium, markas Cardiff City, tidak terlalu bersahabat bagi tamu-tamunya. Catatan laga kandang Cardif adalah 2W 2D 2L, tak mencolok memang, namun mereka  berhasil mengalahkan Swansea dan Man City serta menahan imbang Everton. Dipertandingan pekan lalu Cardif berhasil menahan imbang Man Utd.

Sebagai tim promosi, capaian mereka patut diacungi jempol, terutama untuk semangatnya tapi bukan untuk penampilan dilapangan. Dari catatan saya, Cardiff masih mencari-cari bentuk permaian dan komposisi pemain terutama dibarisan penyerang. Formasi yang sering digunakan adalah 4-2-3-1 namun beberap kali mereka juga  menggunakan pola 4-1-4-1.

Gary Mendel (£ 11,5 juta) direkrut dari Sevilla dan memecahkan rekor transfer klub yang sebelumnya dipegang oleh Steven Caulker sebesar £7,9 juta pada tahun yang sama, berperan sebagai gelandang bertahan tunggal yang berperan memotong serangan lawan dengan takel per game 2,6, diatas takel per game yang dilakukan gelandang bertahan Arsenal.

Steven Caulker juga memberikan kontribusinya dengan jumlah clearence per gam sebesar 7,7, tidak ada bek Arsenal yang mampu mendekati angka ini. Saya sedikit kaget saat Spurs mau melepas Caulker, padahal pemain ini masih 21 tahun dan prospek kedepannya sangat bagus.

Gaya permainan Cardiff, seperti halnya tim-tim yang minim kualitas, adalah cenderung bertahan, menahan bola ditengah lapangan sebisa mungkin dan menyerang melalui sayap memanfaatkan lebar lapangan. Cardiff City juga memiliki penyelesaian set piece  yang baik.

Tactical Analysis

Dalam pre match conference, Wenger menaruh perhatian pada Jordon Mutch dan Fraizer Cambell sebagai ancaman ke gawang Arsenal. Ya benar karena dua pemain depan ini adalah ancaman paling nyata, namun dengan catatan 2 dan 3 gol mereka plus skill rata-rata mereka, sepertinya akan susah menembus gawang Szczesny yang akhir-akhir ini sedang on fire. Mertesacker pastinya juga sudah diberi instruksi untuk mewaspadai set piece Cardiff.

Kembali fitnya Tomas Rosicky membuat serangan Arsenal mengalir lebih cepat. Meski Flamini dan Arteta dalam kondisi fit, namun dalam pertandingan lawan Marseille kemarin mereka diturunkan bergantian. Mungkin Wenger sudah menyadari, memainkan Arteta dan Flamini secara bersamaan akan memperlemah serangan dan juga dalam hal kebugaran, Arsenal belum memiliki pengganti yang memadai untuk mereka.

Cardiff memegang rekor sebagai tim paling banyak menerima tembakan ke gawang. Meskipun begitu, mereka tidak pernah kebobolan lebih dari dua gol. Dari dua kekalahan yang diderita di kandang, atas Spurs dan Newcastle, mereka kalah dengan selisih satu gol. Artinya Arsenal harus mampu memaksimalkan peluang dari sekin banyak peluang yang diciptakan haruslah dieksekusi dengan baik.

Serangan cepat/ counter attack adalah serangan terbaik untuk bisa membobol gawang David Marshall. Cara yang kedua adalah melalui tembakan jarak jauh. Dua tipe serangan idi dapt diterapkan karena Cardiff lemah dalam pressing dan marking  yang konsekuensinya adalah banyaknya tembakan seperti yang sudah disebutkan diatas.

Arteta dicadangkan saat lawan Marseille akan memimpin lini tengah Arsenal, Cazorla kemungkinan akan menjadi starter, sedangkan Walcott masih belum siap untuk bermain penuh 90 menit. Dari pertandingan lawan Marseille kemarin tidak ada tambahan pemain cedera. Podolski sudah mengikuti sesi latihan dan aka bergabung dengan tim utama minggu depan meski untuk bertanding dia masih butuh tiga minggu lagi.

Abou Diaby sudah mulai bisa berlari, namun ini hanya proses kecil dari pemilihannya, targetnya adalah Maret 2014 atau karirnya di Arsenal yang kontraknya hingga 2015 akan tamat lebih cepat, bahkan karinya sebagai pesepakbola akan terancam. Pray for Diaby and #GetWellSoonPat. Come on Arsenal. (woj)

gun__1385714354_Gibbs-Ramsey-070219AFC

Gibbs vs Ramsey di FA Youth Cup 2007. sumber: Arsenal

Team News

Arsenal: Oxlade-Chamberlain (lutut, Januari), Podolski (hamstring, Desember), Diaby (lutut, Maret), Ryo (hamstring), Sanogo (Punggung, Unknown).

Cardiff City: –

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs – Arteta, Ramsey – Wilshere, Ozil, Cazorla – Giroud.

Cadangan: Fabianski, Vermaelen, Jenkinson, Monreal, Walcott, Rosicky, Bendtner.

Cardiff City (4-1-4-1): Marshall – Kevin Theophile, Turner, Caulker, Taylor – Medel – Cowie, Mutch, Wittingham, Bellamy – Campbell

Cadangan: Lewis, Hudson, Gunnarson, Kim Bo-Kyung, Noone, Odemwingie, Maynard.

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s