Preview Pertandingan: Arsenal vs Hull City

gun__1382948839_wenger_palace

Keep the pace monsieur!

Arsenal menutup bulan November dengan kemenangan meyakinkan atas klub promosi Cardiff City 3-0. Hasil ini juga menghapus “kutukan November” yang selalu membuat start Arsenal menjadi berat untuk perburuan gelar EPL dan UCL.

Dari 123 poin yang tersedia selama bulan november antara 2007-2013, Arsenal hanya mampu meraup 64 poin atau hanya sekitar 50%. Pada november ini dalam enam pertandingan yang dijalani, Arsenal mampu meraih 15 poin (EPL &UCL) dari 18 poin yang tersedia atau sekitar 83,3%. Sebuah perbaikan yang sangat mencolok.

Di bulan desember, bulan yang sangat padat jadwal pertandingan, terutama nanti setelah pekan ke tiga. Total ada 7 pertandingan (6 EPL, 1 UCL).

Saya lebih suka membagi pertandingan per sesi, bukan per bulan, yang biasanya terjadi saat jeda antar pertandingan hanya 3-4 hari. Nantinya akan ada rally sesion 2 (sesi pertama pada akhir oktober lalu) yang dimulai tanggal 24 Desember hingga 4 Januari, yang dalam 12 hari Arsenal akan bermain 5 kali.

Pada tengah pekan ini Arsenal akan menjamu Hull City di Emirates Stadium. Tim promosi yang kini duduk di peringkat 10, terbaik diantara sesama klub promosi lainnya. Pada pekan ke 13 kemarin berahasil membuat kejuatan mengalahkan Liverpool 3-1.

Hull City

Datang ke divisi utama dari divisi Championship, Hull datang dengan skuad berpengalaman di EPL. Tak mengherankan memang karena Hull adalah tim yoyo yang hobi naik turun kasta. Bagi penggemar EPL pasti sudah tidak asing dengan klub ini, oleh karena itu tidak akan saya uraikan panjang lebar seperti saat melwan Cardiff City kemarin.

Meski hanya mampu meraih 1 kemenangan dan 4 kekalahan dalam 5 pertandingan terakhir, Hull City berhasil mengalahkan Liverpool 3-1. Meski dalam pertandingan tersebut mereka tertekan dengan possesion hanya 38%, namun Hull malah mampu membukukan lebih banyak tembahan ke gawang dari pada Liverpool.

Hull City dilatih oleh pelatih berpengalaman, Steve Bruce. Diperkuat oleh pemain-pemain kelas dua, permainan mereka terlihat rata-rata, tidak ada yang menonjol.  Bila menuruti pelatihnya, mereka adalah tim yang memainkan sepakbola bertahan, total, dan banyak melakukan serangan balik cepat serta percobaan tendangan jarak jauh.

Referee+Hull+City+v+Norwich+City+Premier+League+bUXc2a-9xxBl

Sering menggunakan pola 5-4-1 / 3-5-2 secara otomatis bola akan lebih sering berada di lapangan tengah. Hingga pekan ke 13, mereka hanya mampu mencetak 12 gol, parahnya hanya 3 gol yang bisa mereka ciptakan saat tandang.

Pemain tengan mereka di isi oleh duet pemain buangan Spurs, Jake Livemore dan Tom Huddlestone. Berdua diposisikan sebagai DMF dan cukup efektif menghalau serangan dari tengah lapangan.

Absennya bek utama mereka, Curtis Davies, karena akumulasi kartu akan membuat pertahanan mereka pincang. Hull City sudah kebobolan 16 gol dimana 13 diantaranya terjadi saat tandang ke kandang lawan. Selain itu bebearapa pemain mereka juga cedera termasuk striker Sone Aluko.

Tactical Analysis

Saya agak bosan menulis analisis taktik karena Wenger selalu menurunkan pemain yang sama dengan taktik yang sama. Keunggukan Arsenal terletak pada perbedaan kualitas yang cukup mencolok dengan sang lawan. Kecerdikan pemain melakukan improvisasi dan perubahan pola serangan tidak bisa diantisipasi oleh lawan.

Dalam enam pertandingan terakhir Arsenal hanya sekali kebobolan dan duet Mertesacker-Koscielny tidak pernah kebobolan dalam 6 pertandingan. Melawan Hull City kemungkinan catatan ini akan bertambah panjang.

Giroud yang di pertandingan kemarin gagal mencetak gol akan tetap memimpin barisan depan Arsenal. Walcott dimainkan selama lima menit dan berhasil mencatat assist untuk gol ketiga Arsenal dan sepertinya Wenger berencana menurunkannya dalam pertandingan tengah pekan ini.

Bukan pekerjaan yang sulit untuk Arsenal mencetak gol ke gawang Hull. Kelelahan pemain mungkin sudah mulai terjadi, untuk mengantisipasinya Wenger akan melakukan rotasi pemain. Falmini untuk Arteta, Rosicky, dan Walcott mungkin akan menjadi starter. Sagna yang dikonfirmasi mengalami cedera hamstring akan digantikan oleh Jenkinson.

Baru musim ini saya merasa tenang dengan stok pemain yang ada, Arsenal bisa merotasi dan melakukan pergantian pemain tanpa banyak kehilangan kualitas. Meski bila boleh memilih, masih banyak pemain yang lebih bagus dari pada Flamini, terutama masalah kedisiplinan (kartu, bukan slevegate).

Tiga poin lagi dan kita capai target minimal 22 poin hingga tahun baru nanti, sementara baru terkumpul 6 poin. Come on Arsenal! (woj)

Team News

Arsenal: Sagna (hamstring), Oxlade-Chamberlain (lutut, Januari), Podolski (hamstring, 14 Desember), Diaby (lutut, Maret), Ryo (hamstring), Sanogo (Punggung, Unknown).

Hull City: Curtis Davies (akumulasi kartu), Paul McShane (hamstring), Stephen Quinn (hamstring), Sone Aluko (achilles)

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Jenkinson, Mertesacker, Koscielny, Gibbs – Arteta, Ramsey – Wilshere, Ozil, Cazorla – Giroud.

Cadangan: Fabianski, Vermaelen,  Monreal, Walcott, Gnabry, Rosicky, Bendtner.

Hull City (3-5-2): McGregor – Faye, Bruce, Figueroa – El Mohamady, Livermore, Huddlestone, Meyler, Brady – Sagbo, Koren.

Cadangan: Harper, Chester, Rosenior, Boyd, Graham, Proschwitz,  Gedo.

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s