Persiapan Akhir Tahun

Arsenal v Liverpool Aaron Ramsey celebration

Arsenal v Liverpool Aaron Ramsey celebration

Oleh @shenleyground

Liga Inggris jelang tutup tahun tidak libur seperti liga-liga Eropa lainnya. Padat pertandingan-pertandingan penting yang akan sangat menentukan posisi klub diakhir musim. Kadidat juara ataupun tim yang “hampir” pasti degradasi dapat dilihat dari posisi klesemen setelah pertandingan 1 Januari 2014.

Dalam 12 hari, semua klub akan melangsungkan 4 pertandingan. Bukan masalah bila tim yang bersangkutan memiliki skuad gemuk, tim-tim langganan kompetisi Eropa juga cukup terbiasa dengan jadwal  padat. Hal berbeda bila sebuah tim hanya klub dengan skuad pas-pasan dan kebetulan sedang mengalami badai cedera. Ibaratnya yang diatas semakin keatas, yang dibawah akan semakin tenggelam.

Diperiode ini pula akan mulai terlihat selisih poin antar tim yang mengelompokkan masing-masing dalam kelas pesaing juara, papan tengah, dan degradasi.

Untung saja Arsenal, yang saat ini memimpin klasemen dengan selisih 2 poin memliki skuad yang lengkap, beberapa pemain mulai pulih dari cedera (Poldi, Chambo, Sanogo), dan pemain yang sudah lama absen mulai mampu memberikan kontribusinya lagi (Walcott).

Sebelum beranjak lebih jauh, saya ingin mengucapkan selamat untuk arseblog yang menjadi web independen terbaik dari The Football Supporters’ Federation, juga Swiss Ramble sebagai blogger of the year  dan Arsenal sebagai Away Day of the Year untuk hospitality kepada suporter tim tamu. Saking hospitable-nya Arsenal hingga suporter tamu lebih dibebaskan daripada yang penghuni rumah.

Next Match

Dalam dua pekan kedepan (hingga 4 Januari 2014) Arsenal akan berhadapan dengan lima tim. Empat dalam kompetisi EPL dan satu pertandingan babak ketiga piala FA.

Pertandingan pertama adalah Chelsea (24/12), yang saya rasa sedikit diuntungkan dengan jadwal telat karena pada tengah pekan sebelumnya mereka harus bermain di CO Cup. Misalkan Chelsea memperoleh jadwal hari sabtu, sepertinya Mourinho akan mencak-mencak lagi.

Chelsea sendiri memiliki masalah serius di posisi penyerang. Empat striker “top” mereka hanya mampu menyumbang 8 gol kalah dari trio gelandang Hazard-Oscar-Lampard yang sudah mencetak 15 gol. Sedangkan pertahahan mereka sudah kebobolan 18 gol karena sering gonta-ganti pasangan.

Mourinho juga sudah tidak sehebat saat pertama melatih Chelsea. Kala itu Chelsea baru mengalami kekalahan ke enam setelah lewat 75 pertandingan, sedangkan saat ini hanya butuh 26 pertandingan hingga Mourinho menerima kekalahan keenamnya.

Dengan menurunkan skuad utama, kali ini saya optimis Arsenal bisa mengimbangi permainan Chelsea.

Tiga lawan lainnya yaitu West Ham (A), Newcastle (A), Cardiff City (H), bisa dijadikan target meraih pion penuh. Tiga poin dari mereka merupakan hal mutlak yang harus di peroleh Arsenal untuk menjauhkan diri dari kejaran lawan karena pada pekan-pekan tersebut Man City, Liverpool, dan Chelsea akan saling jegal.

Satu pertandingan lagi sebelum pemain Arsenal memperoleh jeda satu minggu adalah North London Derby melawan Sp*rs di babak ketiga FA Cup tanggal 4 januari. Dengan kondisi Sp*rs yang masih labil setelah ditinggal AVB plus cederanya Verthongen, sangat berpengaruh pada performa mereka.

Sama seperti Chelsea, Sp*rs juga mengalami kemandulan di lini serang. Dari tiga striker utama mereka, hanya Soldado yang “mampu” mencetak 4 gol dan dari 4 gol tersebut, 3 diantaranya dicetak melalui penalti! Secara kumulatif, Sp*rs sejauh ini baru mencetak 15 gol dari 16 pertandingan.

Untuk ini saya juga yakin bila Arsenal bisa maju kebabak keempat FA Cup.

Our Squad

Arsenal akan kehilangan Koscielny setidaknya hingga januari, Rooney yang musim lalu pernah mengalami cedera luka terbuka butuh waktu 3 pekan untuk bisa kembali bertanding lagi. Untuk sementara Duet Mertesacker dan Vermaelen akan menjaga barisan belakang Arsenal.

Jack Wilshere menerima hukuman dua kali larangan bertanding karena sikap kurang terpuji saat melawan Man City. Ketidakhadirannya tidak akan sebesar efek Koscielny, selain karena stok pemain cukup banyak diposisinya, pemain tengah sudah biasa mengalami perubahan komposisi. Perlakuan yang sama tidak dapat diterapkan untuk posisi bek, terutama bek tengah, karena posisi ini memerlukan konsentrasi, komunikasi dan saling pengertian, yang salah sekali saja akan bisa dimanfaatkan lawan untuk mencetak gol.

Mulai Natal, Arsenal akan cukup kuat di depan. Podolski sudah kembali fit dan Walcott yang sejak kembali dari cedera sudah membukukan 2 gol dan 2 assist. Giroud yang terlihat lelah bisa diisirahatkan untuk mengevaluasi performanya yang sedikit menurun dalam beberapa pertandingan terakhir. Saat semua striker cedera, tekanan yang beerlebih untuk mencetak gol bisa berpengaruh negatif dilapangan.

Chamberlain diperkirakan bisa kembali bermain saat melawan Sp*rs. Kehadirannya akan menggeser Gnabry sehingga bisa fokus mengembangkan skill di kompetisi UYL karena Arsenal U19 mengalami kesulitan menang sejak Gnabry dimasukkan ke tim utama.

Secara keseluruhan, skuad Arsenal cukup kuat intuk terus melaju di periode kritis ini. Jarang-jarang saya merasakan bingung memperkirakan starting eleven karena banyaknya pemain yang tersedia. Kondisi skuad yang perlu diwaspadai adalah bila Arteta/ Flamini mengalami cedera/ hukuman, tidak ada lagi pengganti yang sepadan untuk mereka.

Penambahan pemain di jendela transfer januari kecil kemungkinan terjadi, skuad Arsenal sudah cukup penuh dan kebetulan juga relatif bebas cedera. Coba lihat pemain yang mengisi bangku cadanagan, masih ada Vermaelen, Podolski, Rosicky, Cazorla, Chambo disana. Mungkin satu gelandang bertahan atau mencari pemain pinjaman lebih masuk akal. Striker? I don’t thinks so.

Target 24 poin hingga 1 januari sudah pasti tidak terpenuhi. Checkpoint berikutnya adalah target paling minimal 22 poin dari 9 pertandingan sebagai syarat untuk dapat terus melaju ditangga juara. Hanya meraih poin dibawah 22 akan cukup berat jalan Arsenal nantinya.

Ingat pesan Thierry Henry:

 It’s like a boxer, a boxer doesn’t go in the ring just to have fun. You go out there to kill and that was our mentality.

Come on Arsenal! (woj)

The Invincibles. sumber: gunnerstown

The Invincibles. sumber: gunnerstown

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s