Preview Pertandingan: West Ham Utd vs Arsenal

897251-15002825-640-360

Tidak susah menebak strategi yang dijalankan Chelsea kemarin. Sebelum pertandingan dimulai banyak yang memprediksi Chelsea akan memarkir bus dilapangan. Dari sisi strategi stratei sepak bola hal itu dinamakan bertahan dengan kedisiplinan menjaga posisi.

Tidak salah sebuah tim menerapkan strategi tersebut dan untuk menjalankannya tidak mudah, butuh konsentrasi serta kemampuan bertahan tiap pemain yang bagus. Mungkin yang kecewa adalah penonton karena lebih banyak melihat pelanggaran, bola dibuang, dan adu fisik daripada adu skill. Bukan sepakbola yang penonton inginkan.

Dalam pertandingan kemarin, Chelsea bertahan sangat dalam sehingga menyulitkan Arsenal untuk melakukan penetrasi. 46% dari keseluruhan pergerakan bola berada di lapangan tengah. meski bertahan, Chelsea mendominasi dalam hal jumlah peluang dengan pelung terbaik diciptakan Lampard yang membentur mistar Szczesny. Strategi bertahan yang dalam membuat peran Walcott kurang berfungsi karena area antara Walcott – gawang ditutup oleh pemain bertahan.

Chelsea selalu menyerang setelah berhasil merebut bola dari serangan Arsenal yang gagal. Karena sudah terlatih dan memang diinstruksikan demikian (bertahan lalu counter) Chelsea selalu menghasilkan ssuatu dari counter attack ini. Hal yang tidak bisa direplikasi Arsenal. Saya penasaran dengan ynag terjadi bila kedua tim sama-sama menungu di area pertahanan masing-masing.

West Ham United

Wenger tidak asing berhadapan dengan strategi Sam Allardyce yang saat ini melatih West Ham. Saat masih bersama Bolton, Sam Allardyce beberapa kali mengalahkan Arsenal melalui permainan adu fisik. Namun dalam beberapa pertemuan terakhir Sam Allardyce bukanlah masalah bagi Wenger.

239991_1

Bila Chelsea menerapkan strategi bertahan, West Ham juga memainkan strategi bertahan namun dengankualitas yang berbeda tentunya. Bila Chelsea setelah bertahan dan berhasil merebut bola mampu melakukan serangan balik terkoordinasi, namun tidak bisa bagi WHU. Mereka tidak memiliki pemain menyerang dengan skill dan kecepatan yang memadai.

Sejak kemenangan mengejutkan 3-0 atas Sp*r, yang video pertandingannya dijual sebagai memorabilia, dalam 10 pertandingan, WHU hanya mampu menang 1 kali dan seri 3 kali dengan skor 0-0 selebihnya kalah.

Total gol yang mereka ciptakan dalam 9 pertandingan (minus menang lawan Fulham) hanya 4 gol. West Ham tidak pernah bisa melakukan recovery bila sudah kebobolan gol terlebih dahlu. Meskipun kalah mereka tetap bertahan untuk menghindari kebobolan gol lebih banyak, tidak menyerang.

Andy Carroll sebagai marque signing WHU mengalami cedera panjang. Musim kemarin kombinasi Caroll-Nolan sangat efektif dalam membobol gawang lawan. Penggantinya Carlton Cole baru mencetak 2 gol/ 7 pertandingan sedangkan Madibo Maiga lebih parah, 0 gol/12 pertandingan. Topskor mereka adalah mantan pemain muda Man Utd, Ravel Morrison dengan 3 gol dan 2 assists.

Pertahanan WHU juga sedikit goyah sejak ditinggal Winston Reid karena cedera engkel parah. Kevin Nolan sudah kembali dari hukuman sedangkan Downing masih harus absen karena cedera.

Tactical Analysis

Melawan strategi bertahan Arsenal harus bisa memanfaatkan kesalahan yang dilakukan pemain West Ham. Keungulan Arsenal dalam hal kualitas pemain sepertinya akan mampu membongkar pertahanan West Ham seperti gol pertama Giroud lewat umpan Podolski musim kemarin.

Barisan depan WHU tidak perlu terlalu dipikirkan karena mereka kekurangan sumber daya. Benteng pertahanan pertama mereka adalah gelandang mulai dari Nolan kemudian Mark Noble dan Jack Collison. Diame yang seharusnya diposisi ini sesekali terpaksa dipasang sebagai gelandang kanan karenan minimnya stok pemain. Nolan sebagai gelandang serang dan Morrison menemani di sisi kiri.

Bek utama WHU, Winston Reid, mengalami cedera. Sejauh ini posisinya diisi oleh Tomkins. Berduat bersama Collins mereka hanya mencatat 2 kali clean sheet dari 7 pertandingan, sedangkan saat Collins bersama Reid, tercatat 6 dari 10 pertandingan berhasil tidak kebobolan. Sebuah penurunan kualitas yang tajam dari 60% menjadi kurang dari 30% cleansheet.

Podolski kemungkinan akan melakukan debut dipertandingan ini. Kemarin saat lawan Chelsea sempat masuk dalm daftar pemain cadangan. Wenger tidak melakukan satupun pergantian pemain saat melawan Chelsea, dalam pertandingan malam nanti kemungkinan akan banyak perubahan susunan pemain. Flamini, Monreal, Podolski adalah tipe pemain yang cocok untuk melawan WHU. Jangan lupa juga dengan Santi Cazorla yang selalu bermain apik melawan mereka musim kemarin.

Meski bermain dikandang, WHU tetap akan bertahan total pada babak pertama. Dibabak kedua, bila lawan belum mampu mencetak gol, mereka akan memanfaatkan nafsu lawan yang meninggalkan pertahanannya, untuk mencetak gol. Bila Arsenal belum mencetak gol dibabak pertama, Wenger pasti akan memasukan lebih banyak pemain menyerang.

Faktor keberuntungan akan berperan dipertandingan ini dan tim yang mampu mencetak gol pertama berpelungan besar meraup poin. (woj)

Team News

West Ham United: Winston Reid (engkel), Downing (achilles), Vaz Te (pundak), Petric (betis).

Arsenal: Laurent Koscielny (luka terbuka, 1 januari), Jack Wilshere (Hukuman, 29 desember), Oxlade-Chamberlain (lutut, 4 Januari), Abou Diaby (lutut, Maret), Yaya Sanogo (Punggung, Unknown).

West Ham Utd (4-2-3-1): Jääskeläinen – Demel, Collins, Tomkins, McCartney  – Diame, Noble – Joe Cole, Nolan, Morrison – Carlton Cole.

Cadangan: Adrian, O’Brien, Collison, Rat, Jarvis, Diarra, Maiga.

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Vermaelen, Gibss – Flamini, Ramsey – Walcott, Cazorla, Podolski – Giroud.

Cadangan: Fabianski, Jenkinson, Monreal, Arteta, Rosicky, Ozil, Bendtner.

 

Advertisements

2 thoughts on “Preview Pertandingan: West Ham Utd vs Arsenal

  1. Kalau melihat pertandingan melawan manutd, WHU seolah tidak punya pemain tengah yang cukup bagus utk bisa nge-bridge belakang sama depan ya. Plus 2 CB mereka saat ini kyknya ga tll bagus deh. Moso welbeck bisa tiba2 kyk Ronaldo. Fancy Giroud to score.

    • Sebagian karena Nolan masih absen krn hukuman kartu, malam nanti WHU akan sedikit lebih menggigit dan lebih alot ditengah. Kalo soal bek emang sudah begitu adanya. Dari catatan saya juga clean sheet menurun dari 60% ke 30 persen sejak Reid cedera. Cuma faktor semangat tuan rumah yang mungkin bisa mengejutkan Arsenal. Hope not

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s