Preview Pertandingan: Arsenal vs Cardiff City

Come on Arsenal!

Come on Arsenal!

Kemenangan 1-0 atas Newcastle membawa Arsenal memuncaki klasemen tengah musim untuk pertama kalinya sejak 2007-2008. Arsenal unggul 1 poin atas Man City di posisi kedua dan 2 poin dari Chelsea di posisi ketiga.

Dipertandingan ini kita juga disuguhi pemandangan langka saat Arsene Wenger memainkan lima pemain dengan tipikal bertahan secara bersamaan. Sagna-Mertesacker-Koscielny sebagai bek tengah dan Jenkinson-Flamini sebagai bek sayap (5-4-1).

Wenger memilih mengamankan kemenangan daripada harus kehilangan poin di menit akhir seperti saat melawan Everton (1-1). Strategi bertahan jarang digunakan oleh Wenger karena sebelumnya Arsenal tidak memiliki kualitas bek yang mampu diandalkan untuk meredam serangan lawan. Baru musim ini pertahanan Arsenal menjadi yang paling sulit ditembus dengan kebobolan 18 gol.

Cardiff City

Cardiff City yang kita hadapi besok bukanlah Cardiff City yang sama yang kita kalahkan 2-0. Saat ini Cardiff sedang dilanda konflik internal akibat kelakuan pemiliki mereka, Vincent Tan, yang eksentrik.

sized_aj150813tan-7-5737498

Mulai dari perubahan logo dan warna kostum tim pada Mei 2012, pergantian CEO, hingga yang terakhir pada oktober lalu mengganti kepala perekrutan pemain dengan teman dari anak Vincet Tan.

Pada 16 desember, Malky Mackay meminta dana transfer untuk memperkuat tim namun Vincet Tan menjawabnya dengan tidak akan ada sepeserpun uang untuk transfer pemain. Tiga hari kemudian Malky Mackay diminta untuk mengajukan surat pengunduran diri namun tetap menolak. Hingga pada  27 desember, akhirnya Malky Mackay dipecat setelah Cardiff City kalah 3-0 melawan Southampton atau 3 pertandingan setelah diminta mundur oleh chairman Mehmet Dalman.

Jabatan manajer sementara dipegang oleh David Kerslake, sebelumnya dia menjabat sebahai pelatih tim dan merupakan anggota kepelatihan yang ikut ke Cardiff dari Watford bersamaan Mackay.

Beberapa manajer sudah dikaitkan untuk menangani Cardiff, Sven Goran-Eriksson, pemain dan juga fans Cardiff, Craig Bellamy, pelatih FC Basel, Murat Yakin, Mantan pelaatih Cardiff, Dave Jones, dan yang paling dekat adalah mantan pemain Man Utd, OG Solskjaer.

Secara gaya permainan David Kerslake tidak banyak berbeda dari pada Mackay karena Kerslake sendiri merupakan anggota kepelatihan di era Mackay. Kerslake juga mengunakan komposisi pemain yang sama dengan Mackay, Caulker-Turner dijantung pertahanan, Mendel ditempatkan sebagai DMF untuk melindungi pertahanan, duet Mutch dan Cambell menjadi unjung tombak di sisi penyerangan.

Formasi Kerslake cukup ampuh saat kemarin unggul atas Sunderland 2-0 hingga menit 82, namun kendurnya tekanan yag dilakukan Cardiff selepas pergantian pemain mebuat Sunderland mampu mengejar skor menjadi 2-2.

Tactical Analysis

Pada pertemuan pertama di kandang Cardiff, Arsenal sempat kesulitan manerobos ke depan gawang Cardiff City. Aaron Ramsey mampu memecah kebuntuan di menit 29, namun selama 57 menit berikutnya Arsenal tidak mampu melakukan penetrasi, bahkan terkadang Cardiff mampu mengancam gawang Szczesny.

Ars v Car

Cardiff City sering menerima gol di 10 menit terakhir sisa pertandingan. Hal ini mengindikasikan stamina mereka belum cukup kuat untuk level EPL. Selain lemah dalam stamina pemain, Cardiff juga mengalami masalah dengan konsentrasi. Dalam 7 pertandingan terakhir, 6 dari 10 gol yang bersarang kegawang Cardiff terjadi sebelum lewat 30 menit.

Cardiff City hanya sekali menang saat bermain tandang (2-1 vs Fulham) dan total kebobolan 15 gol dari 9 pertandingan. Performa tandang mereka sangat buruk dengan hanya mencetak 5 gol dari 10 pertandingan. Arsenal memiliki rekor pertahanan kandang terbaik broo (6 gol)

Arsenal kembali mendulang poin penuh saat mengalahkan West Ham dan Newcastle setelah sebelumnya hanya meraih 2 poin dari 3 pertandingan. Walcott dan Podolski yang kembali dari cedera langsung memberikan kontribusinya untuk tim.

Dalam Press Con terakhir sebelum laga, Wenger menyebutkan beberapa pemain mengalami cedera. Ozil harus beristirahat lebih lama sekitar 2 pekan karena cedera bahu, Ramsey juga butuh istirahat 2 pekan. Belum selesai disitu Wenger menambahkan Gibbs dan Giroud mengalami cedera ringan dan harus absen untuk pertandingan melawan Carsiff meski masih terbuka peluang untuk dimainkan lawan Sp*rs di FA Cup.

Selain empat pemain yang dipastikan absen, masih ada Vermaelen, Monreal, Walcott dan Rosicky yang diragukan tampil. Hal ini berarti Podolski akan mendapat kesempatan sebagai starter juga Bendtner. Sedikit masalah bila seluruh bek kiri bila Gibbs, Monreal, dan Vermaelen harus absen, berarti Flamini kemungkinan akan menjadi bek kiri, namun Vermaelen dan Monreal diperkirakan bisa pulih tepat waktu.

Jordon Mutch dan Fraizer Cambell masih menjadi ancaman paling serius ke gawang Arsenal karena Bellamy masih berkutat dengan cedera. Campbell meski tidak terlalu tinggi namun memiliki jumping yang cukup baik. Pemain lainnya yang perlu diwaspadai adalah Peter Whittingham yang beroperasi di sektor kanan pertahanan Arsenal memiliki umpan kaki kiri yang terukur. Cardiff juga tercatat cukup piawai dalam memanfaatkan set piece untuk mencetak gol.

Tanpa Walcott dan Gibbs, Arsenal akan lebih mengandalkan umpan crossing untuk Bendtner dan tendangan luar kotak penalti melalui Santi Cazorla dan Lukas Podolski. Cardiff cukup lemah dalam hal marking pemain, pergerakan tanpa bola pemain-pemain Arsenal akan sulit mereka antisipasi. (woj)

Team News

Arsenal: Ramsey (paha, 14 Januari), Ozil (bahu, 14 Januari), Giroud (engkel, 4 Januari), Gibbs (hamstring, 14 Januari), Oxlade-Chamberlain (lutut, Januari), Diaby (lutut, Maret), Sanogo (Punggung, Unknown).

Cardiff City: Craig Bellamy,  Anthony Taylor.

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Monreal – Arteta, Wilshere – Gnabry, Cazorla, Podolski – Bendtner

Cadangan: Fabianski, Vermaelen, Jenkinson, Flamini, Ryo, Rosicky, Akpom

Cardiff City (4-2-3-1): Marshall – Kevin Theophile, Turner, Caulker, Declan John – Medel, Kim Bo-Kyung – Wittingham, Mutch, Noone – Campbell

Cadangan: Lewis, Hudson, Cowie, Gunnarson, Cornelius, Odemwingie, Maynard.

Advertisements

One thought on “Preview Pertandingan: Arsenal vs Cardiff City

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s