Preview Pertandingan: Aston Villa vs Arsenal

arsget_2408756b

Conversion rate please!. Foto: Telegraph

Arsenal menjalani partai tadang di pertandingan “telat” game week ke 21. Aston Villa saat ini menduduki peringkat ke 11. Mereka hanya meraih 1 poin dari lima pertandingan sebelum menang 1-0 atas Sunderland di minggu kemarin. Sedangkan Arsenal berada dalam performa puncak dengan tiga kali menang secara beruntun.

Pada pertemuan pertama lalu Aston Villa berhasil mengejutkan dengan mengalahkan Arsenal 3-1 di Emirates. Meski dua gol mereka ciptakan berawal dari penalti, namun dalam pertandingan tersebut Arsenal gagal mengejar ketertinggalan.

Kekalahan Arsenal disebabkan karena hukuman dua penalti, bermain dengan 10 orang, kurang kreativitas, gagal membendung serangan balik karena tidak ada DMF (Arteta absen), serta Giroud yang gagal mengkonversi peluang. Setelah pertandingan tersebut Arsenal banyak berbenah dan berhasil meraih 8 kemenangan plus sekali seri yang membuat kita duduk di peringkat pertama klasemen hingga sekarang.

Arsenal akan bermain tanpa Walcott yang mengalami cedera ligamen di lututnya. Walcott berhasil mencetak lima gol dari sembilan gol terakhir yang dicetak Arsenal. Pada kamis lalu sudah menjalani operasi yang sukses dan sekarang menjalani tahap rehabilitasi selama 6 bulan.

Kemarin sempat juga mendapat tawaran dari seorang ahli bedah, namun setelah berdiskusi Wenger memutuskan untuk memakai cara umum karena teknik yang digunakan oleh ahli bedah tersebut belum pernah digunakan untuk pemain bola yang memliki mobilitas tinggi dibanding olahraga lainnya.

Harus ada pemain Arsenal yang mampu menggantikan peran Walcott dalam mencetak gol. Giroud perlu meningkatkan rasio konversi golnya yang memang tidak terlalu bagus, banyak peluang yang terbuang percuma. Sementara Bendtner cedera, hanya tersisa Podolski sebagai striker murni. Podolski memiliki masalah kebugaran sehingga dia jarang dimainkan 90 menit.

Ramsey, Vermaelen, dan Bendtner masih dalam kondisi cedera setidaknya hingga 1-2 minggu kedepan. Sedangkan Gibbs akan menjalani tes kesehatan sebelum diputuskan layak bermain atau tidak. Chamberlain bermain 45 menit untuk tim cadangan tengah pekan kemarin untuk meningkatkan insting bermainnya setelah lama absen, kemungkinan dia kan masuk sebagai pemain pengganti.

Aston Villa

Villa memiliki masalah serius dalam hal membobol gawang lawan,. Benteke yang sering dilanda cedera kehilangan performa tajamnya. Terakhir Benteke mencetak gol adalah pada september tahun lalu.

Villa memiliki catatan gol kandang terendah di liga dengan hanya 7 gol, namun pertahanan mereka cukup bagus untuk ukuran tim diluar 10 besar. Pertahanan mereka yang bagus tak lepas dari strategi bertahan dan hanya menyerang melalui serangan balik. Villa juga cenderung bertahan total bila sudah unggul dari lawan.

Villa mendapat suntikan tenaga dengan kembalinya Ron Vlaar dijantung pertahanan. Sedangkan Libor Kozak (Broken leg), Jores Okore (Knee), Chris Herd (Hamstring), dan Charles N’Zogbia (Calf) akan absen dipertandingan nanti.

Tactical Analysis

Meski Arsenal tak terkalahkan di Villa Park sejak 1998, namun tiga dari lima pertemuan terakhir berakhir imbang. Arsenal malam nanti akan turun dengan skuad yang hampir sama dengan musim lalu saat ditahan 0-0 oleh Villa.

Lini tengan mereka kurang dalam hal skill namun cukup mobile untuk mengcover setiap jengkal lapangan. Arsenal harus memiliki inisiatif dan juga pergerakan yang lebih cepat sebelum Villa menutup wilayahnya.

Serge Gnabry yang diincar Dortmund (padahal kontrak masih sampai 2018) cocok dimainkan disayap kanan untuk memberikan suplai bola atau men-drive bola ketengah. Gnabry selalu bisa menciptakan sesuatu bila cukup lama dimainkan (bukan pemain pengganti).

Arsenal seperti biasa akan menguasai pertandingan karena memang Villa membiarkannya dan Ozil diharapkan menjadi faktor pembeda untuk membongkar pertahanan Villa. Pemain ini belum ada saat pertemuan pertama, Arsenal kekurangan kreativitas karena saat itu Cazorla tidak terlalu fit sepulangnya memperkuat Spanyol  melawan Ekuador. (woj)

Team News

Aston Villa: Libor Kozak (Broken leg), Jores Okore (Knee), Chris Herd (Hamstring), dan Charles N’Zogbia (Calf)

Arsenal: Ramsey (paha, 18 Januari), Bendtner (engkel, Februari), Walcott( Lutut, Juni), Diaby (lutut, Maret), Sanogo (Punggung, Unknown).

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Monreal – Arteta, Wilshere – Ozil, Cazorla,  Rosicky – Giroud.

Cadangan: Fabianski, Gibbs, Jenkinson, Flamini, Ryo, Podolski, Gnabry.

Aston Villa (4-4-2): Guzan – Lowton, Vlaar, Baker, Luna – Bacuna, Delph, Westwood, Weimann – Benteke, Agbonlahor

Cadangan: Steer, Donagcien, Albrighton, Gardner, El Ahmadi, Tonev, Bowery.

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s