Preview Pertandingan: Arsenal vs Fulham

LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 10:  Lukas Podolski of Arsenal celebrates his goal during the Barclays Premiership match between Arsenal and Fulham at Emirates Stadium on November 10, 2012 in London, England.  (Photo by Clive Rose/Getty Images,)

Lukas Podolski of Arsenal celebrates his goal. November 10, 2012. (Photo by Clive Rose/Getty Images,)

Setelah memperoleh jadwal “telat”, kali ini Arsenal mendapat jatah bermain di hari pertama. Lawan yang di hadapai pada pekan ke 22 adalah Fulham, penghuni peringkat 16 yang beberapa minggu lalu memecat Martin Jol dan menggantikannya dengan René Meulensteen.

Musim ini adalah musim terburuk Fulham sejak musim 2007/2008. Meski memang posisi mereka dalam 3 tahun belakangan hanya di sekitar 12-16 di periode Januari namun mereka memiliki 2-3 poin lebih banyak dibanding musim ini. Perbedaan 1-2 poin sangatlah berpengaruh di papan bawah klasemen. Antara juru kunci dan peringkat 10 hanya terpaut 5 poin. Coba berandai-andai Fulham bisa meraih poin seperti musim sebelumnya, mungkin mereka adakn berada din peringkat 10-12.

Defisit target poin inilah yang menjadi pelecut semangat pemain Fulham untuk lari dari bayang-bayang degradasi yang ada tepat di bawah mereka. Fulham sudah memperbaiki performa mereka dengan mencatatkan 3 kemenangan, 1 seri , dan 2 kalah dalam 6 pertandingan terakhir. Tengah pekan lalu mereka berhasil menumbangkan Norwich 3-0 dalam replay babak ke 3 FA Cup setelah sebelumnya bermain imbang 0-0.

Fulham

René Meulensteen mulai memegang kendali sejak 4 Desember setelah Fulham kalah 5 kali secara beruntun dibawah Matin Jol. Dipertandingan pertamanya Fulham kalah 1-2 atas Sp*rs, kemenangan pertamanya diraih pada 8 Desember (2-0 atas Aston Villa) atau 4 hari setelahnya.

Rene-Meulensteen-and-Paul-Lambert-2905613

René Meulensteen adalah mantan first team coach Man Utd dibawah Alex Ferguson. Dia bergabung dengan Man Utd sejak 2001 sebagai pelatih akademi dan naik jabatan ke peatih tim cadangan  pada 2006. Setahun kemudian Meulensteen masuk dalam jajaran pelatih tim utama hingga 2013 saat Moyes masuk dan membawa seluruh staf kepelatihannya sendiri.

Sebelum bergabung ke Fulham, Meulensteen sempat melatih Anzi untuk 16 hari menggantikan Guus Hiddink sebelum kemudian dipecat. Meulensteen juga pernah melatih klub Denmark, Brøndby IF pada 2006 namun hanya bertahan 6 bulan.

Catatan pertandingan away Fulham (poin) ada dalam 3 besar untuk peringkat diluar 10 besar. Namun bila performa mereka diukur dari jumlah gol, mereka salah satu yang terburuk (8 gol dalam 10 pertandingan) dan kebobolan tandang palng banyak (24 gol). Mereka juga tidak pernah bisa memberika perlawanan terhadap tim yang memiliki kualitas di atas mereka. Tiga kemenangan tandang yang diraih, semua atas tim  dengan level di bawahnya. 3W 0D 7L.

Pada pertandingan sabtu nanti Fulham akan diperkuat oleh bek andalannya sekaligus kapten tim, Brede Hangeland (dulu sempat diminati Wenger juga). Kiper utama, Marteen Stekelenburg juga bisa dimainkan saat melawan Arsenal. Keduanya kembali dari cedera panjang dan sudah turun pada pertandingan FA Cup lawan Norwich City. Clint Dempsey sudah bergabung dari Seattle Sounders, dia diistirahatkan saat lawan Norwich untuk persiapan melawan Arsenal hari sabtu ini termasuk juga Berbatov, Duff, Parker dan Taarabt.

Tactical Analysis

Saya sedikit kesulitan menilai gaya permainan René Meulensteen karena jarangnya nonton pertandingan Fulham. Pertandingan terakhir yang saya saksikan adalah saat mereka kalah 1-4 dikandang Everton. Backgrond Meulensteen juga tidak diketahui, hanya disebutkan Meulensteen sempat menjadi pemain-pelatih saat di NEC Nijmegen.

ars v ful

Data paling lengkap adalah dari Four Four Two dimana dia menjadi pakar dalam pengembangan teknik. Bisa dikatakan bukan teknik permainan yang ia ubah sepeninggal Jol namun bagaimana mengembangkan teknik pemain secara individu. René Meulensteen berusaha membuat pemain agar mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam tiap pertandingan. Hal ini terbukti, tanpa mengubah skema Fulham, René Meulensteen berhasil menaikkan winning rate dari < 25% menjadi kisaran 37%.

Kelemahan Fulham adalah dalam hal stamina. Mereka menjadi tim dengan rataan usia tertua di EPL. Saat dibantai Hull (0-6) dan Sunderland (1-4) mereka sangat kepayahan di babak kedua. Dari 10 gol tersebut, 8 diantaranya terjadi babak kedua. Lawan Hull City adalah hasil yang paling mencolok, sempat imbang 0-0 dibabak pertama, namun kebobolan 6 gol dibabak kedua. Pertandingan replay FA Cup tengah pekan ini juga berpengaruh pada kondisi kebugaran pemain.

Dalam pertandingan yang sempat saya saksikan (vs Everton 1-4) permainan mereka juga tak jauh beda. Selalu gagal dalam mengantisipasi serangan, Kalah dalam perebtan bola. Penyerangan tanpa koordinasi, Scott Parker sudah terlalu tua untuk mengomando lini tengan.

Saat tandang mereka selalu bermain bertahan (meski selalu gagal) dan megandalkan set piece untuk mencetak gol. Arsenal tidak akan kesulitan menghadapi Fulham, Arsenal pasti belajar dari hasil imbang 3-3 musim lalu. Dua kemenangan beruntun berhasil dibukukan Arsenal saat keduanya bertemu.

Yang menjadi penghambat Arsenal adalah jumlah pemain cedera yang terus bertambah. Lawan Aston Villa, Tomas Rosicky dan Monreal menyusul Ramsey, Vermaelen, Bendtner dan Arteta masuk ke ruang perawatan. Saya akan merasa bahagia bila nanti Arsenal menang (tidak perlu banyak) dan tidak ada pemain yang cedera.

Chamberlain akan lebih match fit dibanding saat lawan Villa, bisa saja menjadi strater mengisi posisi yang ditinggalkan Rosicky. Rosicky yang patah tulang hidung memiliki peluang bermain namun akan mengenakan masker untuk melindungi wajahnya.

Gibbs masuk menggantikan Monreal. Flamini sebagai DMF menunggu Arteta pulih dari cedera berduet dengan Wilshere yang musim ini sudah membukukan 3 gol dan 3 assist.  Giroud tetap menjadi penyerang utama. Posisi yang terbuka adalah sektor sayap dimana Wenger bisa merotasi antara Cazorla – Podolski – Gnabry sedangkan Ozil selalu menjadi starter bila kondisinya fit.

Saya suka bila Gnabry menjadi starter. Berdasar catatan saya, Arsenal selalu menang (100%) saat Gnabry menjadi starter. Kecepatannya dan ukuran tubuhnya akan mengekploitasi Risse disisi kiri Fulham dibanding bila Wenger menempatkan Cazorla atau Ozil. Cazorla sendiri lebih bagus permainannya bila dimainakan ditengan sebagai AMF. Dalam beberapa pertandingan terakhir pergerakannya selalu ketengah saat Gibbs/ Moreal maju kedepan dan hasilnya lebih banyak shoot dan peluang yang dia ciptakan. (woj)

Team News

Arsenal: Ramsey (paha, 28 Januari), Arteta (betis, 28 Januari), Vermaelen (28 Januari, lutut), Bendtner (engkel, Februari), Monreal (engkel, Februari), Walcott( lutut, Juni), Diaby (lutut, Maret), Sanogo (punggung, Unknown).

Fulham: Matthew Briggs (hernia)

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs– Flamini, Wilshere – Ozil, Cazorla, Gnabry – Giroud.

Cadangan: Fabianski, Issac Hayden, Jenkinson, , Zelalem, Rosicky, Chamberlain, Podolski.

Fulham (4-2-3-1): Stekelenburg – Riether, Senderos, Hengeland, Risse – Sidwell, Parker – Duff, Taarabt, Dempsey – Berbatov

Cadangan: Stockdale, Hughes, Richardson, Dejagah, Kancaniklic, Kasami, Bent.

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s