Arsenal Amankan Calon Kepala Akademi Menggantikan Liam Brady

media.facebook.701ead04-15e9-4940-b68d-b7fe103908af.normalized (1)

Arsenal secara resmi mengumumkan Andries Jonker akan menjabat sebagai Kepala Akademi Arsenal mulai Juli 2014 menggantikan Liam Brady yang tahun lalu mengajukan pensiun per Mei 2014.

Sebagai perkenalan, Andries Jonker adalah pelatih berkewarganegaraan Belanda. Sebagian besar dia menjabat sebagai asisten pelatih di klub yang mengontraknya. Klub top Eropa pernah dia asisteni diantaranya adalah Barcelona dan Bayern Munich. Saat ini Jonker akan menghabiskan sisa kontraknya sebagai asisten pelatih Wolfsburg hingga Juni 2014.jonker

Dimasa awal karir kepelatihannya dia melatih untuk ZFC dan DRC Amsterdam II. Pada tahun 1990 dia masuk dalam tim pengembangan pemain muda Belanda (KNVB) selama 7 tahun. Klub divisi dua Belanda FC Volendam pernah mengontraknya selama dua tahun (asisten dan caretaker) sebelum dia kembali lagi ke pengembangan pemain muda  KNVB.

Perkenalannya dengan Loius van Gaal membawa Andries Jonker menjadi asisten pelatih Barcelona tahun 2002-2003. Pada saat itu Iniesta dan Valdes baru berusia 18 tahun dan Jonker-lah yang mebawa mereka promosi masuk ke Barcelona B.

Andries Jonker juga dibawa oleh van Gaal ketika menukangi Bayern Munchen tahun 2009.  Di Munchen, Jonker mengubah posisi asli Bastian Schweinsteiger dari gelandang sayap menjadi serang gelandang tengah kelas dunia yang masih menjadi posisi terbaiknya hingga sekarang. Jonker juga berhasil melihat bakat Tomas Muller yang saat itu bermain di Bayern Munchen II untuk dipromosikan ke tim utama tahun 2009.

Prestasinya di Munchen (bersama van Gaal) antara lain membawa Munchen juara Liga Jerman 2010, DFB Pokal 2010, DFL Supercup 2010 dan  finalis UCL 2010 (kalah 0-2 dari Inter). Menusul buruknya performa Bayern pada musim berikutnya, van Gaal dipecat (April 2011) dan Jonker menggantikannya sebagai pelatih sementara hingga akhir musim dengan catatan 5 pertandingan: 4W 1D 0L sehingga Munchen berhasil masuk ke zona UCL.

Setelah kontraknya habis, dia menerima tawaran melatih Bayern Munich II untuk semusim sebelum kemudian menjadi asisten pelatih Felix Magaath di Wolfsburg hingga sekarang.

Keberhasilan Arsenal merekrut Andries Jonker disambut gembira oleh Wenger. Wenger sudah cukup tahu tentang Jonker dan berbagai prestasinya dalam mengembangkan pemain muda.

What interests us more is the experience he has at a youth level, where he spent the biggest part of his life. – Arsene Wenger

Peengalaman internasionalnya juga mnjadi nilai tambah. Jonker sudah berpengalaman menangani tim dari Belanda Spanyol dan Jerman, negara-negara yang saat ini menjadi pusat munculnya talenta-talenta baru. Arsenal saat ini memiliki beberapa talenta muda dari Spanyol dan Jerman dan berharap lebih banyak lagi yang akan datang.

I must say that we have a history of very good work, of quality work here at the academy. He’s at the right age and has the right experience to continue to expand that. He has worked in Holland, he has worked in Germany so he can help us to extend that work. – Ivan Gazidis

Sedangkan untuk pemain-pemain muda Inggris, kedatangan Jonker akan menjadi sebuah penyegaran dalam hal teknik kepelatihan. Jonker adalah pelatih yang mengutamakan pengembangan teknik dan kecerdasan pemain, dua hal penting dalam sepakbola moderen yang kurang dimiliki oleh Inggis.128520hp2

Lihat saja, berapa playmaker dalam usia emas yang Inggris punya? Tidak ada. Wilshere masih butuh beberapa tahun lagi untuk konsisten disaat Gerard, Lampard dan Joe Cole mulai menua.

Musim ini performa Arsenal U18 sangat buruk di liga (FA Premier Academy League). Menduduki peringkat terbawah dari 11 tim dengan 9 poin. Arsenal U18 hanya mampu menang sekali dalam 16 pertandingan yang dijalani, 6 seri dan sisanya kalah. Kebetulan sekali kemenangan yang diraih adalah pada pertandingan pertama sehingga Arsenal U18 belum pernah menang dalam 15 pertandingan FA PAL berikutnya.

Mundurnya Pat Holland mempengaruhi persiapan tim diawal musim. Steve Gatting ditunjuk untuk mengisi posisi pelatih U18 dan disaaat yang sama dia juga melatih tim U21. Dibutuhkan pelatih tetap atau setidaknya pelatih yang berkonsentrasi di level usia penting ini.

Di akademi Arsenal ada seorang bernama Daniel Crowley yang mencuri perhatian dengan drible, asist dan peran nomor 10 yang dia jalankan. Selain itu masih ada Stefan O’Connor (CB), Bellerin (SB), Niles (MF), Alx Iwobi (MF) yang butuh didikan yang tepat agar bisa mengembangkan talentanya.

Untuk diketahui, Arsenal juga bersaing ketat dengan KNVB yang menawari Jonker untuk kembali menjadi direktur teknik KNVB. Jonker adalah aset yang sangat berharga daripada nanti diambil oleh tim rival. (woj)

Advertisements

3 thoughts on “Arsenal Amankan Calon Kepala Akademi Menggantikan Liam Brady

  1. Pingback: Live Blog: Berita Transfer, Klub, dan Pemain 2014/2015 | Shenley Ground

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s