Lebih Dalam Tentang Kontrak Arsenal-PUMA Senilai 4 Kali Nike

zp_465220865DP011_Arsenal_anno_3541

Arsenal secara resmi mengumumkan kerjasama dengan apparel Jerman, PUMA pada 27 Januari 2014. Kontrak kerjasama ini sudah digosipkan sejak Mei 2013 dan baru sekarang Arsenal mengumumkan kesepakatan menjelang berakhirnya kontrak dengan Nike.

Kontrak kerjasama dengan PUMA akan efektif belaku mulai 1 Juli 2014. PUMA akan menyuplai jersey pertandingan dan latihan untuk Arsenal paling tidak hingga 5 tahun kedepan (2019). Kontrak senilai £ 150 juta ini merupakan nominal kontrak terbesar baik bagi Arsenal ataupun PUMA.

Besaran kontrak £ 150 juta ini sedikit lebih kecil dari perkiraan awal tahun lalu sebesar £ 170 juta. Namun kontrak ini tetaplah menjadi kontrak netto (bersih) yang terbesar bagi klub Inggris. Saat ini Man Utd-Nike masih menjadi yang terbesar dengan £ 25,4 juta/ musim hingga 2015 dan Liverpool-Warrior sebesar £ 25 juta/ musim hingga 2015.

Pada 2015 nanti Nike berencana untuk menaikan kontrak Man Utd menjadi £ 76,9 juta, kecuali bila performa Utd seperti musim ini, rencana kemungkinan besar batal.

Di level Eropa (setelah Juli 2014) kontrak Real Madrid-Adidas masih jadi yang tertinggi dengan £31 juta/ musim, Arsenal (£30 juta) ada di peringkat kedua dan disusul Barcelona-Nike (£27 juta) di peringkat ketiga (tabel 1).

Kit deal graph

Tabel 1. Perbandingan besaran kontrak aparel klub Eropa

Nike sebenarnya memiliki klausul sebagai kit supplier pertama yang bernegosiasi untuk perpanjangan kontrak tetapi mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan kerjasama karena diyakini lebih memilih berkonsentrasi (menyimpan dana) demi menaikkan nilai kontrak dengan Man Utd.

Setelah Nike memutuskan untuk tidak melanjutkan kerjasama maka muncul spekulasi Adidas akan kembali mensponsori Arsenal. Selain Adidas juga ada Warrior yang mengajukan penawaran kerjasama. Namun PUMA muncul dan mengajukan kontrak kerjasama yang nilanya tidak mampu disamai oleh para pesaing.

Kejadian ini mengingatkan kita akan rivalitas antara Adidas dengan PUMA yang sebenarnya berasal dari leluhur yang sama. Adidas didirikan oleh Adolf dan Rudolf Dassler, kemudian Rudolf Dassler berpisah dan mendirikan PUMA. Persaingan mereka dalam memperebutkan atlit atau klub sebagai brand ambassador sudah dimulai sejak 1960.

Puma memilih Arsenal karena di liga terbaik (EPL) ini mereka tidak memiki tim unggulan untuk disponsori. Hanya tersisa Newcastle dan Cardiff City. Untuk level Eropa mereka memiliki Borussia Dortmund dan Italia di level Internasional.

CEO baru PUMA, Bjoern Gulden melakukan langkah ekapansif untuk medekatkat selisih pemasaran PUMA dengan Adidas dan Nike yang menguasai pasar. Pada 2012, Puma hanya memiliki pangsa pasar 8% jauh dibanding Adidas 38% dan Nike 36%.

Puma memiliki pasar yang sangat kuat di wilayah Afrika dengan banyaknya timnas dan klub Afrika yang mereka sponsori. Arsenal juga memiliki fan base yang besar di Afrika (Nigeria dan Pantai Gading). Kedua hal ini sejalan dengan strategi pengembangan Puma (maupun Arsenal) yang mengincar Afrika dan Timur Tengah sebagai target pasar utama mereka (kalau saya, kenapa tidak Asia yang lebih besar dalam populasi dan finansial).

Football-kit-brand-worth-2012

Dari sisi suporter terutama para pecinta jersey, di Indonesia produk Puma untuk jaringan penjualan belum sekuat Adidas, apalagi Nike. Kebanyakan mereka masih mengikut jaringan penjualan salah satu toko olahraga (PT MAP). Dari segi harga, harga jual Nike-PUMA masih sebelas-duabelas. Sebagai perbandingan home jersey 2013/2014 Newcastle Utd (Puma) dijual £ 54,99 (musim lalu hanya £ 49,99) sedangkan jersey Arsenal (Nike) £ 50. Yang aneh adalah jersey PUMA Borrusia Dortmund hanya dijual $ 80 atau bila dikurskan ke poundsterling hanya £ 48,46 dan Cardif City (Puma) hanya dijual £ 42 saja. Ini Newcastle tim apaan, jerseynya bisa paling mahal (sebelum diskon). Perkiraan harga di Indonesia sepertinya masih akan selevel dengan Nike dan Adidas.

Berikut beberapa bocoran jersey PUMA Arsenal untuk musim depan:

Arsenal_2695691b

Bocoran pertama jersey Arsenal yang muncul pada 13 Oktober 2013 karena ketidaksengajaan sprinter Linford Christie meng upload foto bersama Sagna, Thierry Henry (home) dan Oliver Giroud (training kit).

 

 


 

 

arsenal-kits (1)Bocoran ini muncul pada bulan Desember 2013 yang intinya Arsenal akan memiliki tiga jenis jersey, yaitu, jersey kandang, jersey tandang, dan jersey ketiga. Saat itu pula muncul informasi jersey home berwarna merah, tandang berwarna putih, dan jersey ke tiga warna gelap.

 

 


 

BdKpkz7CYAAqW1W

Pada bulan desember pula muncul bocoran jersey di situs todosombrecamisetas. Disini terlihat dua jaket PUMA Arsenal dan jersey (kemungkinan) pre-match top.

 

 

 

 


 

Be_sGAvCQAA-GxK

Bocoran terakhir muncul dihari Arsenal mengumumkan kesepakatan dengan PUMA (27 Jan 2014) yang berupa jersey home dalam display toko lengkap dengan desai kaus kaki dan jaket dengan zipper sama dengan yang ada pada foto sebelumnya.

 

 

 

 

 


 

Selain foto-foto ini masih banyak lagi jersey Arsenal PUMA yang beredar namun itu kebanyakan hanya berupa hasil karya individu kalau tidak mau disebut desain palsu.

Harapannya dengan kerjasama dengan Arsenal yang notabene adalah “The greatest team, the world has ever seen” jersey Arsenal tetap mudah untuk didapatkan. Dan apapun desain jerseynya selama uang £ 30m/ tahun digunakan untuk investasi skuad dan untuk kejayaan Arsenal kita akan dengan bangga memakainya. Emiretes + Puma + New TV deal = £ 24,1m + £ 30m + £ 31m. Victory Trough Harmony. (woj)

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s