Preview Pertandingan: Liverpool vs Arsenal

Ooooo.... Santi Cazorlaaa...

Ooooo…. Santi Cazorlaaa…

Arsenal akan bertamu ke Anfield sebagai permulaan periode penting dalam perebutan gelar EPL.

Bila sebagian besar menggabungkan periode Februari dan Maret yang berisikan Liverpool, Manchester United, Chelsea, Everton, Manchester City, dan Tottenham plus Bayern Munchen menjadi “satu”, saya memilih untuk memisahkannya karena nanti Arsenal memiliki jeda pertandingan yang cukup pada akhir Februari dan awal Maret. Selain itu akan membuat jadwal terlihat lebih “masuk akal”.

Arsenal saat ini  memimpin dengan keunggulan 2 poin dari Chelsea dan Man City yang minggu lalu saling berhadapan. Mourinho berhasil mengalahkan Man City di Etihad Stadium yang selama ini telah menghasilkan kemenangan 100% bagi Man City. Satu-satunya gol dicetak oleh Branislav Ivanovic yan tidak mampu disamakan oleh City.

Liverpool

Pada pertemuan pertama lalu Liverpool memperagakan formasi 3-5-2 sesuai dengan yang saya prediksikan. Memainkan Cisshoko dan Flannagan sebagai bek sayap tentu saja tidak akan mampu menahan serangan Arsenal. Bahkan kedua pemain ini seperti tidak ada dilapangan.

brendan-rodgers1-600x450Setelah pertandingan yang berakhir 2-0 untuk Arsenal tersebut, Brendan Rodgers tidak pernah lagi menggunakan pola 3 bek dan lebih sering memprektekkan pola 4-3-3. Rodgers, pelatih yang sangat menyukai ball possession dan passing-passing pendek selalu membawa Liverpool mampu menguasai pertmainan (>50%)dengan akurasi passing diatas 80%.

Namun sejak Lucas Leiva cedera, Liverpool beberapa kali memainkan long ball ke jantung pertahanan lawan mengingat Gerrard dan Henderson tidak bisa meninggalkan pos DMF terlalu jauh kedepan.

Liverpool yang tidak terlalu bagus dalam bertahan harus kehilangan Glen Johnson, Mamadou Sakho, Jose Enrique, dan Daniel Agger karena cedera. Satu-satunya gelandang bertahan yang mereka miliki, Lucas Leiva, baru akhir bulan ini bisa kembali.

Di liga, Liverpool sudah kebobolan 29 gol dibanding Arsenal yang baru 21 atau Chelsea yang baru 20 gol, namun produktivitas mereka merupakan yang terbaik (58gol) setelah Man City (68) sedangkan Arsenal hanya mampu mencetak 47 gol.

Tactical Analysis

Pada pertemua pertama lalu, lini tengah Arsenal yang diperkuat oleh Arteta-Ramsey serta Rosicky-Ozil-Cazorla mampu mendominasi. Liverpool sebenarnya sudah berusaha menahan gempuran dengan memainkan 5 gelandang, namun dalam formasi 3-5-2, dua gelandang sayap mereka bermain terlalu melebar sehingga tidak mampu mengatasi lini tengah Arsenal. Terbukti dua gol Arsenal berasal dari pergerakan pemain tengah yang tidak terkawal.

Meski nanti Liverpool menggunakan pola 4-3-3, posisi gelandang bertahan (DMF) yang diisi oleh Gerrard dan Henderson akan mudah dibongkar. Kedua pemain ini memiliki mobilitas dan kecepatan yang minim bila harus menjaga pergerakan Ozil-Cazorla yang sering berpindah posisi.

Arsenal mendapat suntikan Jack Wilshere yang kembali dari cedera. Mikel Arteta yang sempat terpincang juga tidak bermasalah. Tanpa Ramsey, Arsenal sangat membutuhkan pergerakan Wilshere untuk memecah konsentrasi lawan.

Flamini masih akan absen karena hukuman kartu hingga 16 Februari. Permasalahan datang bila Chamberlain yang ditugaskan sebagai gelandang tengah, bukan Wilshere. Kemampuan bertahan AOC cukup lemah apa lagi bila nanti dihadapkan dengan Coutinho, Suarez atau Sturridge. Saat lawan Palace kemarin saja sering kehilangan bola dan Chamakh beberapa kali mampu menerobos hingga kotak penalti Arsenal.

Beruntungnya, Cazorla sudah kembali menemukan permainan terbaiknya dengan selalu menciptakan gol dan assist dalam 3 pertandingan terakhir. Cazorla juga merupakan momok menakutkan bagi Liverpool dengan 2 gol dalam 3 kali pertemuan.

Kalahkan lini tengah Liverpool dan Arsenal akan memenangkan pertandingan. Suarez lebih mudah dibungkam bita tidak ada dukungan dari lini tengah.

 

Team News

Arsenal: , Flamini (hukuman, 16 Februari), Ramsey (paha, 1 Maret), Kallstrom (punggung, Maret), Diaby (lutut, Maret), Walcott (lutut, Juni).

Liverpool: Glen Johnson (engkel), Mamadou Sakho (hamstring), Daniel Agger (tulang kering), Lucas Leiva (lutut),  Luis Enrique (lutut).

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs – Arteta, Wilshere – Gnabry, Ozil, Cazorla – Giroud

Cadangan: Fabianski, Vermaelen, Jenkinson, Monreal, Chamberlain, Rosicky, Bendtner.

Liverpool (4-3-3): Mignolet – Cissokho, Skertel, Toure, Flanagan – Gerrard, Henderson, Coutinho – Sturridge, Sterling, Suarez.

Cadangan: Jones, Kelly, Allen, Luis Alberto, Aspas, Moses, Ibe.

Advertisements

One thought on “Preview Pertandingan: Liverpool vs Arsenal

  1. Pingback: Preview FA Cup: Arsenal vs Liverpool | Shenley Ground

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s