Preview Pertandingan: Arsenal vs Man Utd

Kieran+Gibbs+Arsenal+v+Manchester+United+Premier+wRIqrdcSH4tl

4 Hasil seri yang didapat Chelsea semamalam membuka peluang Arsenal kembali ke puncak klasemen bila nanti mampu mengalahkan Manchester United di Emirates.

Kesalahan teknis 5-1 atas Liverpool harus segera dilupakan dan Arsenal harus kembali mengulang performanya setelah dikalahkan Manchester City Desember lalu. Dalam periode itu Arsenal berhasil meraih 20 poin dari total 24 poin yang tersedia. Absennya beberapa pemain tengah klub London Utara masih menjadi kendala terutama bila harus bertemu dengan tim “kuat”.

Disisi lain, Man Utd juga memiliki banyak masalah. Mulai dari cedera pemain, taktik permainan, hingga masalh internal dengan pelatih. Banyak pemain yang mengkritisi metode pelatimasihhan David Moyes dan kurnagnya Moyes dalam memberikan kepercayaan kepada pemain. Ambil contoh Kagawa, yang musim ini jarang sekali dimainkan. Zaha yang memilih dipinjamkan ke Cardiff City langsung memberikan komentarnya melalui instagram tentang kekuarang percayaan Moyes kepada pemain

Cukup mengesalkan melihat tim lain mampu meraih poin lawan Man Utd (di Old Trafford), Arsenal masih saja kalah dari lawan yang satu ini. Namun dalam 3 pertemua terakhir Arsenal semakin mampu mengaimbangi permaian Man Utd yang mulai menurun. Terutama dalam dua pertandingan terakhir, Arsenal “bisa” merebut 1 poin dan menciptakan peluang lebih banyak dibanding Man Utd.

Manchester United

Tambah pusing.

Tambah pusing.

Bila Moyes sejak awal di MU kurang mempercayai pemainnya, maka saat ini fans juga mulai hilang kepercayaan terhadapnya. Hingga pekan ke 25 mereka masih berada di peringkat 7, terlampau jauh dengan poin peringkat 1 (-16 poin) dan defisit 9 poin dengan pemilik sementara jatah Liga Champion terdekat.

Kedatangan Juan Mata ke Man Utd membuat pola 4-2-3-1 yang dimainkan Moyes lebih bisa “berfikir” tidak lagi 4-2-3-1 yang berjalan seperti 4-4-2 dimana bola langsung bergerak kedepan. Mata adalah jawaban ata kreatifitas yang selama ini tidak ada. Kebiasaan SAF memainkan 4-4-2 tidak mengharuskan playmaker atau AMF untuk berfikir, pola ini hanya mengajarkan bagaimana menggerakkan bola ke depan dan menahan laju bola saat bertahan.

Efek dari kedatangan Mata adalah meningkatnya produktifitas gol Man Utd dengan 5 gol dalam 3 pertandingan (1,67 gol/ games)dibandingkan sebelumnya hanya mencitptakan 30 gol dari 22 pertandingan (1,36 gol/ games). Meningkatnya produktifitas gol mereka juga dibantu oleh pulihnya van Persie setelah cedera lebih dari 2 bulan.

Saat produktifitas gol sudah meningkat, masalah kemudian beralih di lini belakang. Faktor usia yang sudah diatas rata-rata sudah tidak sanggup lagi menghadapi kelincahan pemain-pemain EPL. Memang mungkin bila mereka tetap terus bermain namun tidak secara reguler. Sialnya pemain muda yang dipersiapkan untu menggantikan seniornya, kerap mengalami cedera (Phil Jones dan Evans).

Tactical Analysis

Meskipun Arsenal belum berhasil menang lawan Man Utd di lima peretemuan terakhir ( Mie 2010 Arsenal 1-0 Man U), namun dalam 2 pertandingan terakhr Arsenal mampu unggul dalam jumlah peluang yang diciptakan. Mulai musim lalu (1-1) Arsenal unggul 11(6) tembakan berbanding 9 tebakan dan hanya 4 on goal, sedangkan pada pertemua pertama musim ini (kalah 0-1), Arsenal masih unggul 6(2) tembakan berbanding 4(1).ars v mufc

Striker yang kurang tajam masih menjadi kendala Arsenal. Banyak peluang namun sedikit yang bisa dikonversi. Yang patut dicatat, Hanya Theo Walcott yang mampu mencetak gol ke gawang tim papan atas, sedangakan Podolski dan (apalagi) Giroud tidak mampu mencetak gol ke gawang Liverpool, Chelsea, Man City, dan Man Utd.

Dalam dua pertandingan terakhirnya, Man Utd hanya mmapu meraih 1 poin. Imbang lawan Fulham dan kalah lawan STOKE CITY. Dari empat gol yang bersarang, tiga diantaranya dicetak oleh pemain tengah (Charlie Adam 2 dan Steve Sidewell).

Rapuhnya pertahanan plus tidak adanya cover dari gelandang harus dimanfaatkan oleh lini kedua Arsenal. Carrick dan (terlebih) Fletcher sudah terlalu lamban karena faktor usia. Gol Sidwell ke gawang De Gea adalah karena kesalahan Fletcher yang gagal menjaga pergerakan Sidewell. Untuk pertandingan malam nanti Moyes sudah bisa menurunkan Jones yang bisa memberika cover lebih baik dari pada Fletcher.

Pola serangan yang dimainkan Man Utd tidak jauh beda seperti Liverpool di babak kedua. Carrick dan Jones/ Fletcher akan di instruksikan tidak maju terlalu jauh agar bisa melindungi pertahanan. Mereka juga hanya akan mengirimkan umpan lambung yang menjadi spesialisai Carrick kepada pemain depan Man Utd.

Arsenal harus berkonsentrasi menghadapi umpan lambung, di pertandingan sebelumnya Man Utd mencatatkan crossing yang lebih banyak dari pada musuhnya, hanya saja saat itu umpan mereka tidak terlalu akurat. Wilshere dan Rosicky harus memberikan kontribusinya saat kehilangan bola. Keduanya harus mampu mengganggu pemain Man Utd  yang akan memberikan operan ke pemain depan. Dengan ini serangan Man Utd akan lebih mudah diantisipasi. (woj)

Three points is must! Come on Arsenal!

Team News

Arsenal: , Flamini (hukuman, 16 Februari), Ramsey (paha, 1 Maret), Kallstrom (punggung, Maret), Diaby (lutut, Maret), Walcott (lutut, Juni).

Man Utd: Ferdinand (lutut, diragukan),Fellaini (paha, diragukan), Jones (pinggul, diragukan), Cleverly (paha), Nani (hamstring), Evans (paha).

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs – Arteta, Wilshere – Rosicky, Ozil, Cazorla – Podolski.

Cadangan: Fabianski, Jenkinson, Monreal, Chamberlain, Gnabry, Giroud, Sanogo.

Man Utd (4-2-3-1): De Gea – Rafael, Jones , Vidic, Evra – Carrick, Fletcher – Mata, Rooney, Kagawa – van Persie.

Cadangan: Lindegaard, Smalling, Fellaini , Giggs, Young, Januzaj, Chicarito.

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s