Preview Pertandingan FA Cup: Arsenal vs Everton

1386523355978_lc_galleryImage_Arsenal_s_Mesut_Ozil_and_

“Now he has to be back being focused & highly motivated.” – Wenger

Sebelum melangkah ke babak semifinal FA Cup, Arsenal harus melewati hadangan Everton di Emirates Stadium. Arsenal berhasil melaju ke ronde ke enam FA Cup ini setelah mengalahkan Liverpool 2-0 lewat gol Chamberlain dan Lukas Podolski.

Arsenal mendapatkan hasil mengecewakan saat imbang 1-1 desember lalu. Bermain dikandang namun Arsenal tidak mampu mendominasi permainan. Kalah tipis dalam possesion (44:55) dan peluang (11:12). Meski begitu serangan Arsenal lebih berbahaya dari pada serangan Everton, dalam hal ini faktor skill individu cukup berperan.

Kegagalan Arsenal dalam menguasai pertandingan dikarenakan  banyak melakukan kesalahan individu (passing). Arsenal hanya mencatatkan 78% passing sukses, hampir 10% dibawah passing sukses Everton dan rataan passing Arsenal (86%).

Arsenal cukup kesulitan mengatasi lini tengah Everton, serangan Everton merata dari kiri, kanan, dan tengah. Untung saja duet Kos-Merte dapat diandalkan dan mampu menjaga Lukaku hingga hampir tidak mengancam gawang Arsenal sama sekali.

Dalam pertandingan malam nanti Kosccielny diragukan bisa bermain karena cedera hamstring yang didapat saat berlatih bersama timnas Perancis.Thomas Vermaelen akan berduet dengen Mertesacker bila hasil tes kesehatan Koscielny tidak menunjukkan hasil positif. Saat latihan juga terlihat bek 20 tahun, Semi Ajayi, yang dalam beberapa pekan terakhir kerap berlatih bersama first team.

Tim Arsenal mendapat kabar buruk saau Wilshere kembali dari timnas Inggris dalam kondisi cedera. Wenger memperkirakan  Wilshere harus absen 6 minggu. Sialnya dalam 6 minggu tersebut ada 9 pertandingan, 1 UCL, 1 Piala FA dan 7 EPL. Kabar “cukup” baiknya Kallstrom dan Ramsey bisa segera pulih. Dijadwalkan mereka baru akan bermain penuh setelah pertandingan lawan Tottenham.

Dengan masih absennya Aaron Ramsey dan cederanya Wilshere, Arteta akan berduat bersama Flamini. Untuk mendapatkan kecepatan tim Wenger bisa memainkan Chamberlain di depan mereka. Saat melawan Stoke City, Rosicky yang ditempatkan diposisi ini malah sering berada di sayap, sedangkan Wilshere di tengah lebih sering kehilangan bola. Akan riskan juga bila Wenger hanya memasang Arteta-Ox karena lebih mudah ditembus Miralas, dkk.

Gaya permaina Everton yang sangat English sudah lebih variatif berkat Roberto Martinez. Mereka tidak hamya mengandalkan umpan dari sektor sayap namun juga mengkombinasikan dengan gerakan memotong ke tengah. Kebiasaan mereka akhir-akhir ini adalah memasuki area lawan hingga 3/4 lapangan lalu kemudian bergerak atau mengoper ke tengah, kemudian baru diputuskan menembak langsung atau memberikan umpan terobosan.

Kevin Mirallas menjadi pemain Erverton yang harus diwaspadai. Meski gagal mencetak gol, pergerakan dan kecepatannya sangat merepotkan seperti di pertemuan pertama lalu. Lukaku patut diwaspadai saat menerima long pass karena kekuatan fisiknya bisa menjatuhkan bek manapun bila bersenggolan. Kembalinya Baines di pertahanan Everton selain memperkuat pertahanan juga memberikan opsi tambahan dalam seksekusi set piece.

Santi dan Ozil lebih baik mengisis sektor sayap dibandingkan dengan Santi-Podolski. Duet keduanya bisa bertukar posisi untuk memberikan variasi serangan sedangkan Podolski hanya bisa bermain di sisi kiri.

Diujung tombak saya berharap Wenger kembali memainkan Yaya Sanogo. Movement yang lebih baik dibanding Giroud bisa meningkatkan kecepatan tim dalam menyerang. Giroud juga beberapa kali gagal mengkonversi peluang saat melawan Everton lalu (paling parah pada proses terjadinya gol Ozil). Dari sisi finishing, kedua pemain sama-sama berimbang.

lr2e94g1luldj2124952336

Kena nggak ya…

Arsenal mendapat “keuntungan’ dengan menepinya Jagielka karena cedera hamstring, Distin akan dibantu oleh John Stones yang masih berusia 19 tahun. Dari tiga kali bermain penuh sebagai CB besama Everton dia berhasil membukukan 2 kali clean sheet dan hanya sekali kebobolan. Martinez tidak lagi mempercayakan bek tengah pada Antolín Alcaraz yang kebobolan 4 kali saat lawan Liverpool dimana Stones di tempatkan di bek kanan saat itu.

Dengan kondisi pertahanan yang agak meragukan serta bertanding di kandang lawan, Martinez akan menginstruksikan Barry dan McCarthy untuk lebih kebelakang melindungi pertahanan. Untuk penyerangan cukup mengandalkan kecepatan Mirallas dan Pienar serta umpan lambung kepada Lukaku.

Pertandingan melawan Bayern hanya berselang 3 hari dan Szczezny sudah passti absen karena kartu merah akan lebih beresiko bila Wenger memainkan Fabianski malam nanti. Hanya tersisa Viviano bila malam nanti Fabianski bermain dan malah cedera. Selain itu koordinasi dan antisipasi bola udara Szczesny dengan pemain belakang lebih baik dibanding Fabiaski.

Bila Arsenal mampu menang lawan Everton, kita akan melaju kebabak semifinal yang dimainkan di Wembley. Di turnamen ini hanya tersisa Man City sebagai klub unggulan yang masih berpartisipasi. Satu hal yang juga penting adalah semoga tidak ada pertandingan replay yang bisa membuat jadwal EPL jadi berantakan. (woj)

FA CUP SIXTH-ROUND DRAW

Arsenal v Everton

Brighton or Hull v Sunderland

Sheffield United  v  Charlton Athletic

Manchester City v Wigan Athletic

Team News

Arsenal: Koscielny (diragukan – hamstring), Monreal (diragukan – kaki, Wilshere (kaki), Ramsey (paha, 16 maret), Kallstrom (punggung, 16 maret), Diaby (lutut, Maret), Walcott (lutut, Juni).

Everton: Alcarez (diragukan – otot), Jagielka (hamstring), Traore (hamstring), Oviedo (patah kaki), Gibson (lutut), A Kone (lutut).

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Jenkinson, Mertesacker, Vermaelen, Gibbs – Arteta, Falmini– Chamberlain, Ozil, Cazorla – Sanogo.

Cadangan: Fabianski, Sagna, Koscielny, Hayden, Gnabry, Rosicky,  Giroud.

Everton (4-2-3-1): Howard – Coleman, Stones, Distin, Baines – McCarthy, Barry – Mirallas, Barkley, Pienaar – Lukaku.

Cadangan: Robles, Bowning, Hibbert, Aiden McGeady, Osman, Deulofeu, Naismith

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s