Preview Pertandingan: Tottenham Hotspurs vs Arsenal

Yes We Can!

Yes We Can!

North London Derby ke tiga musim ini, Arsenal unggul sementara dengan dua kemenangan atas Tottenham Hotspurs. Tiga goal againstdan 0 goal for  adalah pertama kalinya Tottenham tidak mampu membobol gawang Arsenal dua kali berturut dalam 4 tahun terakhir.

Hasil pertandingan EPL terahir sama-sama berakhir negatif bagi kedua klub. Spurs dihancurkan 4-0 di WHL, sedangkan Arsenal secara mengejutkan kalah 0-1 di kandang Stoke City. Bila hasil tersebut masih membuat Spurs tetap bertahan di peringkat 5, tidak berlaku bagi Arsenal karena selisih poin peringkat 1-4 lebih ketat dibanding peringkat dibawahnya.

Arsenal yang bermain di Piala FA sudah berada di peringkat tiga saat kembali ke EPL table karena saat yang sama Liverpool menang atas Southampton. Saat ini The Reds berada di peringkat ke dua dengan poin sama 59, namun unggul plus 14 gol dibanding Arsenal. Sedangakan dengan pemuncak klasemen Arsenal memiliki defisit 7 poin meski masih menyimpan 1 pertandingan.

Kemenangan 3-1 atas Everton di FA Cup mengantarkan Arsenal ke babak semifinal dan sebagai pembuktian bahwa Arsenal masih berambisi meraih gelar (apapun itu).

Tottenham Hotspurs

Setelah mencatatkan hasil yang sangat bagus dengan 8 kemenangan dari 12 pertandingan, Spurs mulai goyah dengan 2 kekalahan dalam 3 pertandingan terakhir plus kekalahan 1-3 atas Benfica, jumat dinihari tadi. Dan seperti biasa “suporter” mulai berisik.

Chairman Spurs menyatakan tetap mendukung kerja Tim setidaknya hingga musim ini berakhir. Tim Sherwood dikontrak Spurs tacticsselama 18 bulan sebagai pengganti Andre Villas-Boas setelah Spurs beberapa kali mengalami kekalahan telak dari lawan-lawannya. Musim ini Spurs mengalami kekalahan 4 kekalahan telak, antara lain saat melawan Chelsea (4-0), Liverpool (0-5), Man City (6-0 dan 1-5).

Di Tottenham, Tim Sherwood mengubah pola 4-3-3 yang dimainkan oleh AVB menjadi 4-4-2. Tim juga memberikan kepercayaan kepada Adebayor, yang semasa AVB hanya jadi penghuni bangku cadangan. Hasilnya Spurs perlahan mulai kembali bersaing memperebutkan jatah tiket ke Eropa.

Saat kalah telak lawan Chelsea 4-0 Sherwood mencoba bereksperimen dengan memainkan formasi 4-2-3-1. Sherwood berupaya membatasi gerak Hazard dengan memainkan 2 bek di kanan, Naughton dan Walker, secara bersamaan. Mampu menahan skor 0-0 dibabak pertama namun hancur dibabak kedua karena Hazard berrotasi dengan Schurrle.

Kemampuan Sherwood mengembalikan performa Adebayor sangat dipuji oleh Lewy, karena Lewy sendiri yang melakukan negosiasi dengan Man City untuk meboyong Adebayor dengan harga diskon. Pemain ini cukup berbahaya bila bertemu dengan mantan klubnya.

Dari sisi skuad, Spurs cukup banyak memiliki gelandang tengah meski 3 pemainnya cedera, mereka masih memiliki cukup pemain untuk mengisi sektor ini.

Selain posisi penyerang yang tumpul dengan hanya mencetak 37 gol, pertahanan Spurs juga buruk dengan 37 gol kemasukan. Spurs adalah tim paling tumpul dan paling banyak kebobolan di 7 besar Liga Inggris.

Tactical Analysis

Bukannya bertambah kuat karena Kallstrom direncanakan masuk tim di pertandingan ini, Arsenal malah kehilangan Mezut ozil yang memaksa tampil meski cedera saat lawan Munchen. Aaron Ramsey yang diharapkan bisa bermain juga belum sepenihnya pulih dan dipastikan absen dalam pertandingan ini.

Arsenal sejauh ini tidak memiliki masalah di lini belakang, selain performa yang stabil, lini belakang Arsenal memiliki pemain pelapis yang sepadan bila ada yang salah satu cedera. Hanya Gibbs yang harus absen di pertandingan ini untuk penyembuhan cedera engkelnya. Dilini depan ada Podolski, Giroud, dan Sanogo, sudah lebih dari cukup untuk tim yang sering memainkan striker tunggal.

Secara keseluruhan skuad Arsenal hanya kekuarangan pemain di lini tengah. Saya sedikit khawatir kreatifitas mArsenal akan berkurang karena tinggal Cazorla yang bisa menjadi kreator serangan Arsenal.

Dipihak Spurs, permasalahan lini belakang mereka akan terus berlanjut menyusul cederanya Dawson saat melawan Chelsea minggu kemarin. Untung saja bagi mereka, banding kartu merah Younes Kaboul diterima oleh FA. Verthongen yang sempat protes karena tidak terlalu suka dimainkan di kiri sepertinya akan di tarik ke tengah berduet bersama Kaboul.

Berkaca dari pertandingan sebelumnya, Sherwood akan kembali memainkan formasi 4-4-2. Hal ini didukung dengan kembalinya Christian Eriksen sebagai kreator Spurs. Adebayor yang cukup memahami pola pertahanan Arsenal sudah pasti akan menjadi ujung tombak The Lilywhites. Sejak dijual ke Man City  musim 2009/10, Adebayor telah mencetak 3 gol dan 2 assist dalam 6 pertemuan dengan Arsenal.

Setelah dua tahun Wenger menukangi Arsenal, kedua tim selalu saling membobol gawang lawannya. Dalam 37 pertemuan terakhir disemua kompetisi, hanya 1 pertandingan (07-Feb-09) yang berakhir imbang tanpa gol. Arsenal selalu bisa mencetak gol sedangkan Spurs pernah 7 pertandingan gagal mencetak gol saat keduanya bertemu.

Kelemahan mereka di lini belakang dan mandulnya lini depan mereka bisa menjadi celah Arsenal untuk memenangkan pertandingan. Sama seperti pertemuan pertama di EPL, Arsenal hanya butuh mencetak 1 gol dan bertahan dari serangan Spurs yang tidak terlalu berbahaya. Bila mereka cetak gol, kita cetak gol lebih banyak. Bisa.

Kemenangan atas Spurs akan begitu penting bagi perjalanan Arsenal kedepannya. Come on Arsenal. (woj)

Team News

Arsenal: Kierran Gibbs (engkel, diragukan),  Mezut Ozil (hamstring, 12 April), Jack Wilshere (kaki, 12 April ), Ramsey (paha, 16 maret), Diaby (lutut, Maret), Walcott (lutut, Juni).

Tottenham Hotspurs: Kyle Walker (diragukan),Mousa Dembélé (hamstring, diragukan), Michael Dawson (hamstring, 29 Maret), Vlad Chiriches (punggung), Etienne Capoue (engkel)

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Monreal– Arteta, Falmini– Chamberlain, Rosicky, Cazorla – Giroud.

Cadangan: Fabianski, Vermaelen, Jenkinson, Kallstrom, Gnabry, Podolski,  Sanogo.

Tottenham Hotspurs (4-4-1-1) : Lloris – Walker, Kaboul, Verthongen, Naughton – Towsend, Sandro, Paulinho, Eriksen – Sigurdsson, Adebayor.

Cadangan: Friedel, Fryers, Rose, Bentaleb, Lennon, Chadli, Soldado.

Advertisements

2 thoughts on “Preview Pertandingan: Tottenham Hotspurs vs Arsenal

    • Adebayor: 6x lawan Arsenal, 3 gol dan 2 assist.
      Walcott: 10x lawan Spurs, 4 gol, 4 assist, tapi nanti nggak main :p

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s