Preview Pertandingan FA Cup: Wigan Atl. vs Arsenal

 

arsenawigan670afp (1)

Satu-satunya peluang gelar juara Arsenal musim ini akan dipertandingkan di Wembley dalam fase semi-final FA Cup. Lawan yang dihadapi Arsenal kali ini adalah Wigan Athletic, klub divisi Championship yang musim lalu terdegradasi dari EPL setelah 8 musim berturut berada di level tertinggi Liga Inggris.

Musim ini Wigan berada di Divisi Championship (setara divisi 1) dan duduk di peringkat 5 klasemen sementara. Peluang mereka untuk masuk ke babak play off demi memperebutkan 1 tiket ke EPL juga masih terbuka karena memiliki selisih poin yang cukup dengan tim peringkat 7 saat ini. Hanya peringkat 3-6 klasemen Championship yang akan masik ke babak play off.

Uwe Rösler masuk menjadi manajer Wigan yang baru pada Desember 2013 menggantikan  Owen Coyle yang dipecat setelah mencatatkan hasil 6 kekalahan dari 17 pertandingan liga, termasuk juga kekalahan 5-0 dari Man City di Capital One Cup. Hasilnya Wigan mulai naik performanya di klasemen. Rösler berhasil mencatatkan 12 kemenangan dan hanya 4 kali kalah dalam 22 pertandingan liga.

Meski Wigan Athletic bermain di Divisi Championship, skuad mereka diisi oleh pemain-pemain berkualifikasi EPL. Biasalah bagi klub yang baru terdegradasi namin memiliki ambisi dan rencana untuk kembali promosi, biasanya mereka bisa membujuk beberapa pemain pentingnya untuk tetap bertahan.

Wigan juga diperkuat beberapa pemain muda pinjaman dari klub EPL seperti McEachran dari Chelsea dan Nick Powell dari ManUtd. Powell saat ini menjadi top scorer Wigan dengan 7 gol.

Permasalahan yang dihadapi oleh Wigan di Divisi Championship adalah sulitnyanya mereka mencetak gol. Catatan mereka musim ini adalah 54 gol atau bila dirata-rata adalah 1,3 gol per pertandingan. Meski tak jauh beda dengan Arsenal yang hanya mencatatkan rataan 1,7 gol/ pertandingan. Sehingga kedua tim memiliki masalh lini depan yang sama.

Kurang tajamnya lini depan Wigan tak lain karena tidak memiliki striker yang benar-benar bagus. Striker mereka saat ini diisi oleh  Nicky Maynard dan Martyn Waghorn.

Untuk menyiasati hal tersebut, Wigan mainkan stok  gelandang serang yang cukup melimpah. Ada Jordi Gomez, Jean Beausejour, Shaun Maloney, Martyn Waghorn. Tak jarang pula Wigan bermain tanpa striker murni dengan memainkan Nick Powell yang aslinya berposisi sebagai gelandang serang.

Pergerakan lincah yang biasanya dimiliki gelandang serang di area gawang harus dihadapi dengan tenang supaya tidak menghasilkan penalti atau free kick. Penyelesaian set piece mereka cukup bagus dan jauh lebih bagus dibanding Arsenal.

Di periode “suram” ini, Arsenal membutuhkan kemenangan setelah 3 kali gagal meraih poin penuh di EPL yang saat ini mengancam peluang mendapatkan tiket ke Liga Champions musim depan. Sebuah kemenagan, dari kompetisi apapun akan meaikan mental bertanding tim asuhan Arsene Wenger.

Untuk pertandingan nanti beberapa pemain akan absen. Wenger juga harus berhitung dengan skuad yg minim karena mid week akan bertanding melawan Wesh Ham Utd. Gibbs, Chamberlain, dan Rosicky diragukan bisa tampil karena cedera, namun mereka masih mengikuti sesi latihan kemarin. Mesut Ozil akan bisa kembali memperkuat tim mulai sabtu depan bersama Diaby yang akan mulai mengikuti latihan penuh. Diaby bisa dimainkan akhir April (saat pemain lain sudah kembali dari cedera).

Arsenal mendapat tambahan kekuatan dengan pulihnya Aaron Ramsey. Saat melawan Everton dia tampil dibabak kedua dan untuk pertandingan malam nanti Ramsey diperkirakan menjadi starter mengisi posisi Flamini yang absen karena hukuman kartu.wigARS

Fabianski menjadi kiper reguler di Piala FA akan berada di bawah mistar gawang. Dari 5 pertandingan yang telah dijalani , Fabianski tiga kali menjadi man of the mach (lawan Spurs, Liverpool, dan Munchen) sehingga kita tidak perlu rgu pada kiper yang habis kontraknya akhir musim nanti ini.

Dengan masih absennya Koscielny, lini belakang akan diisi oleh Vermaelen, Mertesacker, Monreal, dan Jenkinson. Sagna kemungkinan akan diistirahatkan agar bisa dimainkan tengah pekan nanti. Gibbs bisa saja masuk bila kondisi engkelnya membaik.

Lini tengah akan menjadi arena pertarungan sengit. Arteta, Ramsey, Kallstrom, dan Cazorla akan beradu melawan James McArthur, Jordi Gomez, Chris McCann, dan James McClean. Selain 4 gelandang tadi, kekuatan lini tengah Wigan juga didukung oleh gelandang bertipikal menyerang yang ditempatkan sebagai pemain sayap dan depan. Ada McClean, Nick Powell, Callum McManaman dan Marc Fortune. Memainkan gelandang serang sebagai striker bisa meningkatkan kemampuan bertahan sebuah tim karena gelandang-gelandang ini berdiri lebih kebelakang dibanding striker, jarak antar pemain juga lebih rapat. Wigan juga terkenal memiliki kemampuan transisi menyerang-bertahan yang sangat cepat.

Di depan saya rasa Sanogo akan menjadi starter mengantikan Giroud, dia akan diduetkan bersama Podolski. Saya sangat berharap andai saja Gnabry bisa dimainkan sehingga dapat meningkatkan kecepatan permainan Arsenal. Untuk menembus bertahanan rapat Wigan, yang perlu dilakukan adalah menakhlukan duet gelandang tengah McArthur dan Chris McCann.

Wigan tidak akan mudah kebobolan hanya dengan gol-gol sepele. Harus lebih banyak shoot, harus lebih banyak umpan terobosan, harus banyak bergerak, dan harus pandai melepaskan diri. Hanya 2 gol dalam 4 pertandingan itu buruk sekali untuk Arsenal. Duet Arteta-Ramsey lebih offensif dari pada Arteta-Flamini, tapi kemarin mau bagaimana lagi, kita tidak punya pilihan lain. Pergerakan tanpa bola dari Aaron Ramsey akan sangat dibutuhkan dipertandingan ini.Come on Arsenal! #Be11eve (woj)

 

Believe

 

 

Team News

Wigan Athletic: –

Arsenal: Koscielny (diragukan – hamstring), Arsenal: Kierran Gibbs (engkel, diragukan),  Mezut Ozil (hamstring, 12 April), Jack Wilshere (kaki, 19 April ), Walcott (lutut, Juni).

Wigan Ath. (4-5-1): Al Habsi – Pearch, Barnnet, Boyce, Crainey – McArthur, McCann, Jordi Gomez, McManaman, McClean, Fortune

Cadangan: Carson, Ramis, Collison, Maloney, Powell, McEachran, Maynard.

Arsenal (4-4-2): Fabianski – Jenkinson, Mertesacker, Vermaelen, Monreal – Ramsey, Arteta, Kallstrom,  Cazorla – Podolski, Sanogo.

Cadangan: Szczesny, Sagna, Bellerin, Eisfeld, Chamberlain, Rosicky, Giroud.

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s