Preview Pertandingan: Arsenal vs West Ham Utd.

942204-15542335-640-360

You can goal this!

Arsenal belum memainkan pertandingan pekan ke 34-nya karena harus bertanding melawan Wigan di semi final Piala FA. Pertandingan yang berlangsung hingga adu penalti ini akhirnya bisa dimenangkan oleh Arsenal dengan skor 4-2. seluruh penendang The Gunners berhasil membobol gawang Wigan yang dijaga oleh Scott Carson, sedangkan 2 penendang pertaman Wigan gagal menaklukkan Lukasz Fabianski. Semi final FA ini harus berlangsung ke babak adu penalti setelah dibabak reguler kedudukan imbang 1-1 dan di babak extra time kedua tim gagal mencetak gol.

Wigan unggul lebih dahulu melalui Jordi Gomez setelah mengkonversi hadiah tendangan penalti akibat tackling terlambat dari Per Mertesacker. Di menit 82 Mertesacker berhasil membayar lunas kesalahannya melalui sundulan kepala yang menjebol gawang Wigan setelah menerima “umpan” dari Chamberlain. Pada masa perpanjangan waktu AOC sebenarnya berhasil melepaskan tendangan yang tidak mampu dijangkau Scott Carson, namun bola masih membentur mistar gawang Wigan. Di pertandingan ini Chambo ditetapkan sebagai Man of The Match berkat kontribusinya selama pertandingan.

Disaat yang sama, pesaing Arsenal untuk posisi 4 besar, Everton menang atas Sunderland. Tim asuhan Roberto Martinez ini berhasil unggul berkat gol bunuh diri Wes Brown. Saat ini Everton berada di peringkat 4 dengan keunggulan 2 poin atas Arsenal. Tengah pekan ini Everton juga akan bertanding  melawan tim papan bawah yang sedang  on fire, Crystal Palace.

West Ham yang dilatih Sam Allardyce cukup aman dari ancaman degradasi. The Hammers saat ini berada di peringkat 11 dengan 37 poin. Meski masih mungkin terkejar oleh tim yang berada di zona degradasi, bila performa mereka stabil, mereka akan aman karena tim-tim di bawah mereka juga tidak mudah medapatkan poin.

Allardyce yang melatih West Ham dikenal sebagai pelatih yang menerapkan pola bertahan. Dalam produktivitas gol, West Ham menempati peringkat 14  dengan 37 gol. Kembalinya Andy Caroll dari cedera tidak menambah produktifitas tim. Dalam 6 pertandingan terakhir West Ham hanya mencatatkan rataan 1 gol per pertandingan.

Dalam 3 pertemuan terakhir melawan WHU, Arsenal selalu berhasil unggul dengan marjin yang signifikan, 3-1, 5-1, dan 3-1. Meski begitu, dalam pertadingan tersebut Arsenal sering harus bersabar dalam membobol gawang West Ham, Arsenal juga selalu tertinggal terlebih dahulu sebelum mengalahkan mereka.

Tactical Analysis

Wenger sudah bisa menaklukkan strategi bertahan dan adu fisik yng diterapkan Big Sam melalui keunggulan teknik dan pengalaman pemain Arsenal saat ini yang lebih baik dibanding era Fabregas. Kelemahan tim-tim dengan strategi bertahan adalah saat mereka sudah kebobolan 1 gol, mereka rentan menerima gol-gol berikutnya.

Saat melawan WHU, Arsenal memiliki beberapa pemain yang sepertinya khusus diciptakan untuk melawan mereka. Giroud, Cazorla, Walcott, dan Podolski, ke empatnya menasilkan 11 gol dan 10 assist ke gawang West Ham. Meski Walcott absen karena cedera, masih ada 7 gol dan 8 assist, Podolski menjadi pemain yang paling berkontribusi dengan 2 gol dan 5 assist.

Di pihak WHU, kapten tim, Kevin Nolan diragukan bisa tampil karena cedera hamstring yang didapat minggu sebelumnya saat melawan Liverpool. Pertahanan WHU sedikit terganggu dengan kurang fitnya James Collins. Bila Tomkins diduetkan dengan Winston Reid yang merupakan bek utama (bersama Collins), WHU dua kali kalah meski jumlah kebobolan tidak terlalu banyak. Pertahanan WHU bersama Collins-Tomkins mampu membukukan clean sheet 7 berbanding 0 dari pada duet Reid-Tomkins.

Perbedaan dari pertemuan pertama adalah West Ham saat ini sudah bisa menurunkan Caroll dan Downing. Meski kontribusi Downing bersama WHU hanya berupa 2 assist, namun WHU tidak pernah menang saat Downing tidak bermain. Bagaimanapun juga Downing mampu menarik 1 bek lawan untuk menjaganya.Sedangkan kontribusi Caroll bagi lini depan WHU cukup besar sejak pulih dari cedera, total 2 gol dan 4 assist dalam 10 pertandingan. Striker dengan keunggulan fisik seperti dirinya seringkali menjadi momok pertahanan Arsenal.

Dengan keunggulan di atas, WHU diperkirakan akan memanfaatkan serangan melalui serangan sayap dan set piece. Dari sisi pertahanan Arsenal cukup kuat untuk menahan serangan WHU. Gibbs, Vermaelen, Mertesacker, dan Sagna plus kembalinya Koscielny akan dapat menghalau serangan West Ham.

Yang saya ragukan adalah kemampuan menyerang Arsenal. Efek pertandingan 120 melawan Wigan adalah kemungkinan Arsenal tidak akan diperkuat oleh Chamberlain. Dalam pre-match conf. Wenger mengungkapkan kalau AOC mengalami masalah otot (hamstring), Selain itu Aaron Ramsey yang baru pulih dari cedera dipaksa bermain 113 menit sebelum digantikan oleh Kim Kallsrom. Diragukannya AOC dan Ramsey dapat berdampak pada kecepatan serangan balik Arsenal.

Chamberlain kemungkinan besar akan diistirahatkan, posisinya akan digantikan oleh Ramsey. Kim Kallstrom berpeluang menjadi starter bila kondisi Rosicky belum terlalu fit. Sanogo yang kemarin bermain penuh juga akan diistirahatkan, Olivier Giroud yang memiliki tenaga lebih harus mampu membuktikan kualitasnya bila tidak ingin ditendang musim depan. Giroud sudah mandul dalam 4 pertandingan terakhir. (woj)

ArsvWhu

Team News

Arsenal: Chamberlain (hamstring), Flamini (hukuman, 20 April), Mezut Ozil (hamstring, 20 April), Monreal (kaki, 29 April), Gnabry (hamstring, 4 Mei),  Jack Wilshere (kebugaran, 4 Mei), Diaby (kebugaran, 11 Mei)  Walcott (lutut, Juni).

West Ham Utd.: Collins (diragukan), Nolan (hamstring, diragukan), McCartney (hamstring), O’Brien (dislokasi bahu), Boriello (hamstring)

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Jenkinson, Mertesacker, Vermaelen, Gibbs – Arteta, Kallstrom – Ramsey, Cazorla, Podolski– Giroud.

Cadangan: Fabianski, Sagna, Koscielny, Kallstrom, Chamberlain, Akpom, Sanogo.

West Ham Utd (4-2-3-1):  Adrian – Demel, Collins, Tomkins, McCartney  – Diame, Noble – , Nolan, Downing – Caroll

Cadangan: Jääskeläinen , Johnson, Potts, Jarvis, Joe Cole, Nocerino, Carlton Cole.

 

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s