Preview Pertandingan: Hull City vs Arsenal

original

Kingston Communications Stadium, Anlaby Road, Hull. Foto: premierleague.

Tak butuh waktu lama untuk Arsenal bisa kembali ke habitatnya di zona UCL. Kemenangan 3-1 yang atas West Ham menjadi sangat berarti karena sehari setelahnya Everton secara mengejutkan kalah 2-3 atas Crystal Palace di Goodison Park.

Seperti yang sudah diperkirakan, dalam pertandingan tengah pekan lalu Arsenal sempat tertinggal 0-1 lewat gol Matt Jarvis. Tepat seperti yang diperkirakan pula, Arsenal berhasil mebalikkan keadaan. Kran gol The Gunners di buka oleh Lukas Podolski di akhir babak pertama.

Baru 10 menit babak kedua berjalan, Olivier Giroud dengan sempurna berhasil mengontrol umpan lambung dari Thomas Vermaelen dan dengan satu sentuhan langsung melepaskan tendangan ke gawang Adrian Castillo. Di menit ke 78 Podolski berhasil memperbesar keunggulan menjadi 31 setelah menerima umpan dari Aaron Ramsey. Dengan gol ini membuat Poldi menjadi pemain Arsenal saat ini yang paling produktif bila bertemu WHU dengan 4 gol dan 5 assist dalam 4 pertemuan.

Tactical Analysis

Diantara tiga tim yang promosi ke EPL musim ini, Hull City adalah tim yang paling stabil dibanding Crystal Palace atau Cardiff City. Bila Cardiff hanya berjuang di zona degradasi dan Palace baru-baru saja ini mampu naik peringkat, Hull City cukup stabil berada di posisi 11-15.

Hull City memiliki pertahanan yang kuat terutama bila bermain dikandangnya, KC Stadium, rataan kebobolan Hull kurang dari 1 gol per pertandingan (0,94). Curtis Davies yang pada pertemuan pertama lalu tidak bisa tampil akan menjadi benteng yang tangguh di depan gawang Hull. Arsenal mendapat sedikit kemudahan dengan absennya kiper Allan McGregor karena cedera, posisinya akan digantikan oleh kiper veteran Liga Inggris, Steve Harper.

Hull City yang dilatih oleh Steve Bruce maminkan pola 4-4-2 dan 3-5-2 sebagai formasi andalannya. Biasanya Bruce mamainkan 4-4-2 untuk laga tandang dan pola 3-5-2 dengan 2 bek sayap digunakan saat tandang ke kandang lawan.

Arsenal vs Hull City, 04 Des 2014. Data: whoscored

Arsenal vs Hull City, 04 Des 2014. Data: whoscored

Kali ini Hull City akan bisa menampilkan skuad lengkapnya plus tambahan 2 penyerang yang mereka beli di bursa transfer januari. Adalah Nikica Jelavic dan Shane Long yang direkrut Hull City, mereka tidak bisa bermain di FA Cup karena mereka tercatat sebagai pemain WBA dan Everton sebelumnya alias cup tied. Kedua pemain ini sudah menyumbangkan 7 gol dari total 12 gol yang mampu dibuat Hull sejak Januari.

Saat di Emirates, Arsenal melakukan dominasi total (gambar statistik)  terhadap Hull meski dalam pertandingan tersebut  hanya menghasilkan 2 gol melalui Nicklas Bendtner dan Mesut Özil. Arsenal dominan dalam semua sisi permainan, possesion, akurasi passing, bola udara, dan jumlah peluang.

Arsenal harus tetap mewaspadai Hull karena bagamanapun juga mereka pernah mengalahkan Liverpool 3-1. Serangan mereka terutama melalui serangan dari sayap kanan melalui El Mohamady di sisi kanan yang bekerjasama dengan Sone Aluko. Serangan Hull yang lain adalah melalui set piece The Tigers berhasil menciptakan 7 gol dan 2 penalti, belum lagi 2-3 gol yang bermula dari tendangan free kick namun dihitung sebagai gol  open play. Di lini tengah mereka memiliki Jake Livermore dan Tom Huddlestone yang sering melepaskan tendangan jarak jauh.

Selain tanpa kiper utama, Hull City juga tanpa kapten tim Robbie Brady yang membuat serangan mereka timpang disisi kiri. Hal ini bisa membuat Sagna lebih leluasa melakukan support ke depan. Beberapa pemain penting Arsenal sudah mulai pulih dari cedera. Mesut Özil sudah berlatih dan kemungkinan akan dirurunkan sebagai pemain cadangan untuk pemanasan.

Aaron Ramsey sudah benar-benar pulih dari cedera dan kemarin dia menyumbangkan sebuah assist untuk gol ketiga Podolski ke gawang West Ham. Kini hanya tersisa Gibbs, Diaby, dan Wilshere, pemain first team yang masih cedera. Wilshere dijadwalkan minggu depan mulai berlatih dan Diaby diperkirakan sudah bisa dimainkan pada awal Mei.

Dengan hanya 4 pertandingan tersisa, Arsenal berada di posisi “memegang takdir” untuk meraih tiket UCL dengan keunggulan 1 poin. Arsenal juga memiliki keuntungan jadwal pertandingan yang terbilang lebih ringan dari pada Everton. (woj)

ARSENAL RUN-IN:
Hull (A), Newcastle (H), West Brom (H), Norwich (A)

EVERTON RUN-IN:
Man Utd (H), Saints (A), Man City (H), Hull (A)

Team News

Hull City: Allan McGregor (benturan), Paul McShane (engkel), Robbie Brady (kunci paha)

Arsenal: Gibbs (engkel, 29 April), Gnabry (hamstring, 4 Mei),  Jack Wilshere (kebugaran, 4 Mei), Diaby (kebugaran, 11 Mei), Miyaichi (engkel, Juni),Walcott (lutut, Juni).

Hull City (4-4-2): Harper – Rosenior, Chester, Davies, Figueroa – El Mohamady, Livermore, Huddlestone, Boyd – Long, Jelavic.

Cadangan: Jakupovic, Bruce, Fryatt, Meyler, Sagbo, Koren,  Aluko.

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Vermaelen – Arteta, Ramsey – Chamberlain, Cazorla, Podolski – Giroud.

Cadangan: Fabianski, Jenkinson, Monreal, Kallstrom, Flamini, Özil, Sanogo.

 

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s