Preview Pertandingan: Arsenal vs Manchester City

Disiplin tugas.

Disiplin tugas.

Di pekan ke empat liga premier Arsenal sudah harus bertemu dengan Man City di Emirates Stadium. Pertemuan ini juga hanya berselang 5 minggu dari ajang Community Shield yang berhasil dimenangkan oleh Arsenal 3-0.

Bila tidak melihat line up, siapa yang tidak kaget saat Arsenal menang 3-0 atas Man City di Community Shield. Padahal terlihat jelas dari susunan pemain Man City hanya menurunkan pemain lapis kedua. Serangan mereka masih sama (stabil) membahayakannya, namun  di lini pertahanan duet Boyata-Nastasic tidak dapat dibandingkan dengan tembok utama mereka, Kompany-Demichelis.

Arsenal awal musim ini saya nilai sangat rentan dengan serangan balik serta terkesan membiarkan lawan leluasa masuk ke area pertahanan. Pada pertandingan sabtu nanti, Arteta diperkirakan sudah kembali bermain. Kehadiran sang kapten dapat meningkatkan kedisiplinan gelandang The Gunners melindungi area pertahanan.

Dimusim lalu, duet Arteta bersama Flamini mampu menahan Man City imbang 1-1 di Emirates. Formula yang sama kemungkinan akan dipakai oleh Wenger mengingat kondisi engkel Ramsey yang tidak 100%. Ozil, Cazorla, Sanchez akan mengisi lini serang mendukung striker baru, Danny Welbeck.

Pola 4-2-3-1 seperti ini membuat Arsenal lebih stabil dalam bertahan serta cukup kuat dalam menyerang terlebih dengan kehadiran Sanchez dimana bek-bek The Citizen bermasalah bila bertemu striker dengan mobilitas tinggi.

Dengan lini depan yang mobile bisa “memberikan waktu” bagi lini pertahanan dengan melakukan pressing awal sehingga lawan kesulitan melepaskan umpan serangan balik.

Dikubu City, gelandang Fernando dan bek Mangala harus absen karena cedera. Sedangkan Stevan Jovetic kondisinya diragukan karena kemarin absen memperkuat Montenegro akibat cedera hamstring. City juga harus berhitung karena akan bertandang ke Jerman melawan Bayern Munchen pada hari Kamis dan bertemu Chelsea diakhir pekan depan.

Man City yang tidak banyak berubah dibanding musim sebelumnya akan bergerak melalui poros Yaya Toure – Silva – Aguero. Dzeko akan ditempatkan sebagai ujung tombak dan Man City akan banyak melepaskan banyak umpan terobosan yang harus mampu dihalau jauh dari gawang sehingga mengasilkan kondisi seperti Community Shield dimana mereka kesulitan masuk ke kotak penalti Arsenal.

Dibanding posisi gelandang bertahan, dalam pertandingan ini saya sedikit khawatir dengan kebiasaan Debuchy yang terlalu jauh meninggalkan posnya. Dengan absennya Giroud, kemungkinan Wenger menginstruksikan Debuchy tidak terlalu sering ke depan untuk melakukan umpan silang.

Dalam tiga pertemuan terakhir Arsenal selalu kalah dalam penguasaan bola dan jumlah tembakan ke gawang, namun hal ini tidak berbanding lurus dengan skor akhir yang hasilkan. Arsenal sekali menang, sekali seri dan sekali kalah.

Kekalahan besar 6-3 terjadi karena Koscielny cedera saat pertandingan dan performa tandang Arsenal musim kemarin yang sangat buruk bila bertemu tim big four. Di kandang ceritanya lain.

Pada 2 pertemuan di EPL musim lalu kebetulan Arsenal selalu bemain tanpa Ramsey dan dengan perbaikan lini serang musim ini, Arsenal bisa menambah gol serta mengubah skor 1-1 menjadi 2 atau 3 – 1. (woj)

Team News:

Arsenal: Aaron Ramsey (engkel, diragukan), Theo Walcott (lutut, 5 Oktober), Serge Gnabry (lutut, unknown), Oliver Giroud (retak tulang kering, Januari 2015).

Manchester City: Stevan Jovetic (hamstring, 20 September), Fernando (kunci paha, 20 September), Eliaquim Mangala (kebugaran, 20 September).

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Debuchy, Koscielny, Mertesacker, Monreal – Flamini, Arteta – Cazorla, Ozil, Sanchez – Welbeck.

Cadangan: Ospina, Gibbs, Chambers, Wilshere, Chamberlain, Podolski, Campbell.

Manchester City (4-4-2): Hart – Zabaleta, Kompany, Demichelis, Clichy – Nasri, Fernandinho, Toure, Silva – Aguero, Dzeko.

Cadangan: Caballero, Kolarov, Sagna, Lampard, Milner, Navas, Jovetic.

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s