Preview Pertandingan: Arsenal vs Manchester United

790493-dfd88dc4-620c-11e4-a822-f0e45dcacc2e

Satu setengah bulan lamanya saya absen menulis blog. Maaf karena dalam waktu tersebut saya disibukkan dengan rutinitas kerja yang baru. Dalam periode itu, Arsenal sudah bergerak naik 2 peringkat ke posisi 6 dengan catatan 2 kali menang 1 kali kalah dan sekali seri.

Pada pertandingan pekan sebelumya Arsenal dipaksa menelan kekalahan dikandang Swansea padahal Arsenal unggul lebih dahulu lewat Alexis Sanchez sebelum dibalas dua gol cepat The Swans oleh free kick Sigurdson menit 78 dan tandukan Batefimbi Gomis 3 menit kemudian.

Meski Arsenal sering kesulitan saat bertandang ke Liberty Stadium, namun pada pertandingan pekan lalu Arsenal seharusnya bisa memenangkan pertandingan karena secara keseluruhan Arsenal bisa menguasai pertandingan dan lebih banyak menciptakan peluang.

Setelah jeda pertandingan Internasional, Arsenal langsung dihadapkan pada jadwal penting melawan Man Utd (yang saya prediksi nantinya jadi pesaing tiket UCL) dan Dortmund (yang akan menentukan langkah Arsenal di UCL musim ini).

Manchester United

Louis van Gaal (LvG) ditunjuk menggantikan David Moyes yang hanya bertahan 34 pertandingan. Harapan suporter cukup tinggi saat LvG datang membawa CV yang tidak bisa dianggap remeh. Tak tekalahkan di pre season menjadi alasan pendukung Red Devil menggantungkan asa.

Namun semua mulai pudar kala performa di liga tak juga membaik bahkan di bawah capaian Moyes musim lalu. Ditangan Moyes pada pekan ke 11 Man Utd duduk diperingkat ke 5 dengan 20 poin sedangkan bersama LvG, Man Utd hanya mampu berada di tangga ke 7 dengan 16 poin. Waktu 3 bulan yang diminta LvG untuk memperbaiki permainan MU telah lewat.

Van Gaal adalah pelatih berpengalaman di Eropa, Ajax, Bayern Munchen, Barcelona, dan Timnas Belanda pernah dia manajeri. Van Gaal adalah pelatih yang mengutamakan ball possesion tipe disiplin. Johan Cruyff mengunkapkan bahwa possesion football yang dimainkan oleh Van Gaal dan dirinya semasa di Barca berbeda. Bila Cruyff mengutamakan pengusaan bola dan inisiatif pemain, Van Gaal sama sekali tidak membiarkan pemain bermain diluar intruksi, gaya militer kata Cruyff.

Gaya ini yang membuat klub yang dilatih oleh Gaal cenderung kaku dan minim gol. Metode disiplin ala militer juga membuat pemegang gelar Order of Orange-Nassau ini sering berkonflik dengan pemain atau internal klub seperti yang terjadi pada Rivaldo dan Ronald Koeman.

Angka £149 juta adalah total transfer Man Utd musim ini yang melampaui rekor pembelian pemain sebelumnya oleh Man City £148 juta/ 2009) dan Chelsea (£111/2003). Uang sebanyak itu digunakan untuk merekrut Luke Shaw, Daley Blind, Hererra, Rojo, Falcao (pinjam) dan pemain termahal BPL, Angel Di Maria.

Tetapi apa daya, pembelian yang terlihat wah masih belum mampu mengangkat performa Man Utd. Barisan belakang yang ditinggal Vidic, Ferdinand, dan Evra malah tidak mendapat perhatian. Dipertandingan malam nanti, Marcos Rojo, satu-satunya defender baru United malah mengalami cedera. Belum lagi Evans, Phil Jones, dan Rafael yang sudah absen beberapa pertandingan sebelumnya.

Tactical Analysis

Sama-sama kehilangan pemain karena cedera namun Arsenal memiliki kedalaman skuad yang lebih baik dibandina United. Bermain tanpa Ozil, Debuchy, Koscielny, dan Giroud, The Gunners masih mampu mengarungi jadwal ketat EPL dan UCL dibanding MU yang keteteran meski hanya bermain di kompetisi domestik.

Kabar baiknya untuk Arsenal adalah Giroud dan Arteta sudah bisa masuk tim meski saya meragukan Giroud akan diturunkan mengingat sudah 3 bulan tidak bermain. Welbeck sempat ditarik keluar saat Inggris bertemu Slovenia tapi Hodgson memastikan hal itu dilakukan hanya untuk pencegahan saja, Dat Guy bisa dimainkan lawan mantan klubnya.

Dipihak MU selain pemain-pemain yang sudah cedera sebelumnya, absennya Daley Blind karena mengalami cedera saat bersama Belanda akan berpengaruh signifikan terhadap permainan Man Utd. Sebagai gelandang bertahan, kemampuannya mengintersep bola kemudian mengalirkannya ke depan sangat penting bagi MU. Michael Carrick yang baru pulih akan dipaksa bermain pada pertandingan berintensitas tinggi ini.

Dibarisan depan, Arsenal dan Man Utd sama-sama tidak memiliki masalah yang berarti, keduanya menciptakan 19 dan 17 gol.

Kunci kemenangan Arsenal terletak di lini belakang, bila Chambers, Mertesacker, Monreal dan Gibbs mampu tampil solid, kemenangan adalah jaminan pasti. Semoga saja Sanchez yang hanya mengikuti sesi latihan hari sabtu tidak karena baru kembali dari Chille tidak mengalami cedera mengingat Walcott sudah dipastikan absen.

Arsenal bisa memanfaatkan koordinasi lini belakang Man Utd yang bermasalah karena frekuensi pergantian susunan pemain yang terlampau sering. Man Utd memiliki jumlah kebobolan lebih banyak dibanding Arsenal musim ini.

Lini tengah Man Utd akan mengurangi intensitas serangan karena lubang yang ditinggalkan oleh Blind sehingga otomatis Arsenal akan menguasai lapangan tengah. Man Utd akan lebih banyak bertahan dan mengandalkan counter attack, strategi yang membuat Arsenal gagal menang lawan Everton, Spurs, Hull, Leicester dan Swansea. (woj)

 

Team News:

Arsenal: David Ospina (paha, 29 November), Theo Walcott (paha, 29 November), Serge Gnabry (kebugaran, 29 November), (Laurent Koscielny (achilles, 3 Desember), Mathieu Debuchy (engkel, 26 Desember), Mesut Ozil (lutut, Januari).

Manchester United: Marcos Rojo, Rafael da Silva, Daley Blind, Falcao, Jonny Evans, Ashley Young.

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Chambers, Mertesacker, Monreal, Gibbs – Arteta, Ramsey – Sanchez, Wilshere, Cazorla – Welbeck.

Cadangan: Martinez, Bellerin, Flamini, Rosicky, Podolski, Campbell, Giroud.

Man Utd (4-4-2): De Gea – Valencia, Blacket, Smalling, Shaw – Carrick, Fellaini, Mata – Rooney Van Persie.

Cadangan: Lindegaard, McNair, Wilson, Fletcher, Januzaj, Hererra,

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s