Preview Pertandingan: Arsenal vs West Ham United

Engine START!

Engine START!

Arsenal akan memulai petualanganya di kompetisi Liga Inggris melawan sesama tim London, West Ham United. Berbekal hasil sempurna pada pertandingan pramusim, Arsenal menargetkan poin penuh sebagai pembuka jalan menuju gelar EPL pertama yang sudah dinantikan selama 10 tahun.

West Ham United

Setelah berhasil menjaga posisi di papan tengah dalam 3 musim terakir, manajemen West Ham berani mengambil keputusan mengganti pelatih Sam Allardyce dengan Slaven Bilic. Pergantian pelatih dilakukan demi masa depan West Ham yang lebih baik sehubungan dengan perpindahan ke Olympic Stadium musim depan.

Slaven Bilic 1996/97

Slaven Bilic 1996/97

Bersama Big Sam, mereka memang nyaman selalu duduk di papan tengah, tapi ya segitu-gitu saja. Manajemen tidak melihat Allardyce ada dalam rencana masa depan klub. Keputusan mengontrak Bilic juga berarti perubahan gaya permainan yang berbeda 180 derajat. Allardyce adalah pelatih yang menerapkan strategi defensif, sedangkan Bilic lebih suka menyerang dan menguasai bola. Gaya yang cukup aneh mengingat dulunya Bilic bermain sebagai bek tengah.

Setelah dua tahun menjalani musim yang lumayan bersama Besiktas (peringkat 3 liga), Bilic datang (pulang) dengan bekal pengalaman pernah bermain di Liga Inggris bersama tim yang dimanajeri saat ini. Bilic didatangkan pada paruh musim 1995/96 oleh Harry Redknapp, pelatih West Ham kala itu, dan bertahan selama 1,5 musim sebelum pindah ke Everton.

Bilic mulai membangun tim dengan mendatangkan Dimitry Payet sebagai otak serangan. Musim lalu Payet menjadi pemain di Liga Eropa yang paling banyak menciptakan peluang dengan total 135 kali. Pedro Obiang didatangkan dari Sampdoria sebagai pengganti Alex Song. Sedangkan di lini pertahanan The Hammers merekrut Ogbona dari Juventus.

Pola lawas 4-4-2 yang terkadang bertransformasi ke 4-3-1-2 digunakan oleh Bilic dalam pertandingn pra musim dan kualifikasi Europa League beberapa hari lalu. Bilic belum berani menggunakan pola favoritnya 4-2-3-1 seperti saat masih di Besiktas. Hal ini berkaitan dengan tipe striker West Ham (Andy Caroll) yang tidak bisa bermain sendiri di depan. Di Besiktas Bilic bisa mengandalkan skill Demba Ba untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan seperti yang ditunjukkan saat melawan Arsenal pada kualifikasi Liga Champion musim lalu. Kondisi ini diperparah dengan cederanya Enner Valencia hingga 2 bulan ke depan.

Tactical Analysis

Arsenal memulai musim ini dengan pemanasan yang bagus. Hasil (lebih) sempurna di laga pramusim dan kemenangan 1-0 atas Chelsea merupakan replikasi performa pramusim seperti tahun lalu, bahkan kini lebih baik dengan tak terkalahkan di Emirates Cup (musim lalu kalah dari AS Monaco).

Masuknya Petr Cech disebut-sebut sebagai pembelian terbaik musim ini. Arsenal yang total mamainkan 7 kiper berbeda selama 7 musim terakhir membuktikan mereka tidak pernah yakin dengan kemampuan kiper yang dimiliki hingga datangnya Cech dari pesaing juara, Chlesea, yang bila tanpa persetujuan khusus dari Abramovic tidak akan mungkin pindah ke tim rival.

Arsenal dalam beberapa pertandingan terakhir bermain dengan sangat taktis, tiap pemain tahu harus bergerak kemana saat menyerang seperti yang ditunjukkan saat melawan Chelsea. Dari yang biasanya bola mentok di kaki Matic atau kehilangan bola karena salah umpan tidak lagi banyak terjadi meski dalam pertandingan tersebut Arsenal kalah dalam akurasi passing dibanding Chlesea. Namun efektivitas serangan Arsenal lebih baik dan lebih sering masuk ke jantung pertahanan Chelsea dibanding sebelumnya.

Masih absennya Sanchez karena harus menjalani pemulihan kondisi fisik pasca menjuarai Copa America tidak akan banyak mempengaruhi tempo serangan Arsenal. Walcott yang cukup tajam bisa dimainkan untuk menggantikan posisinya, Chamberlain yang bermain cemerlang juga bisa dimainkan bilamana Wenger memilih menempatkan Walcott sebagai striker utama.

Lini tengah yang diisi oleh trio Ozil, Cazorla, dan Ramsey akan memastiakan Arsenal tidak kekurangan ide membongkar pertahanan West Ham. Giroud dan Walcott sama-sama berhasil mencetak 5 gol ke gawang West Ham.

Ingatan kalah aggregat 1-0, diusir ke bangku penonton, dan sebenarnya cukup layak mendapatkan penalti pasti masih tersimpan dalam benak Slaven Bilic kala berjumpa Arsenal untuk 2 musim berturut. Ditambah lagi rentetan hasil kurang memuaskan di pramusim dan gagal lolos ke Europa League juga menjadi tekanan yang cukup berat bagi Bilic untuk memulai karir kepelatihannya di Liga Inggis. Jangan heran bila dilaga nanti Bilic memilih memainkan sepak bola bertahan untuk mengamankan jabatannya. Yang penting West Ham bisa pulang membawa poin.

Bilic sudah mempersiapkan tim dengan hanya memainkan pemain lapis kedua saat bertandang ke kandang Astra Giurgiu. Pemain inti yan bermain di leg pertama tidak ada satupun yang dibawa ke Rumania. Secara permainan West Ham tidak buruk, possesion foootbal yang menjadi gaya Bilic juga dijalankan dengan penguasaan bola 58%. Saat leg pertama, meski hanya bermain dengan 10 orang, mereka bisa mencatatkan penguasaan bola sebesar 66%. Dari jumlah shoot juga terlihat serangan mereka efektif. Hanya saja finishing yang masih kurang, terlebih Enner Valencia harus absen karena cedera betis.

Peran Coquelin dan Ramsey akan sangat berpengaruh dipertandingan ini. Kemampuan mereka dalam mencuri bola dan memulai serangan akan menentukan jumlah gol Arsenal. (woj)

Team News

Arsenal: Sanchez (kebugaran, 17 Agustus), Rosicky (lutut, 22 Agustus), Welbeck (lutut, 22 Agustus), Wilshere (retak tulang engkel, 12 September) .

West Ham: Carroll (lutut, Oktober), Valencia (otot betis, Oktober)

Arsenal (4-2-3-1): Cech – Bellerin, Koscielny, Mertesacker, Monreal – Coquelin, Ramsey – Walcott, Cazorla, Ozil – Giroud.

Cadangan: Martinez, Debuchy, Paulista, Chambers, Iwobi, Arteta, Chamberlain.

Everton (4-3-1-2): Adrian – Creswell, Reid, Ogbona, O’Brien – Oxford, Noble, Kouyate– Payet –Sakho,  Zarate.

Cadangan: Spiegel, Burke, Collins, Nolan, Poyet, Jarvis, Maiga.

catatan: Preview pertama setelah vakum hampir setahun, mungkin strukturnya masih berantakan.

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s