Pembelian Dua Belas Poin

Hello. Foto: Michael Regan.

Hello.
Foto: Michael Regan.

Awal musim ini Arsenal baru mencatatkan dua gol (sekarang tiga) dalam 4 pertandingan adalah kemunduran dibanding musim lalu yang memiliki rataan 1.8 gol/game. Namun bila dilihat dari jumlah tembakan tidak ada yang salah. Lebih dari 20 shoot/game dengan akurasi 6 shoot/game.

Tentu saja kita tidak bisa beralasan kurang beruntung dan sebagainya. Bila pertahanan lawan bermain lebih bagus berarti kita bermain lebih buruk, simpelnya seperti itu. Dengan rataan jumlah tembakan/game sebanyak itu bisa dikatakan serangan Arsenal sudah mengalir dengan lancar. Apa yang salah?

Ujung tombak pasti paling dipersalahkan bila gol masih minim. Giroud, Sanchez dan Ramsey adalah kontributor utama tembakan ke gawang. Sanchez bisa beralasan belum fit 100%, Ramsey belum menemukan akurasinya sejak (mamakai sepatu “keseimbangan baru”) musim lalu, dan Giroud seperti kita tahu gol semusim paling banyak 16 gol (musim lalu 14). Jangan berharap lebih pada Giroud untuk mencetak gol tiap pertandingan karena bisa mencetak 1 gol tiap 2 pertandingan itu sudah merupakan peningkatan. Disini terlihat Arsenal kekurangan kualitas.

Arsenal sebenarnya memiliki solusi internal untuk meningkatkan jumlah gol tanpa membeli pemain. Walcott yang jarang diturunkan memiliki potensi menambah jumlah gol Arsenal. Hanya saja Wenger dalam beberapa pertandingan lebih suka memainkan Ramsey lebih melebar. The Welshman yang sering kehilangan bola sangat rawan bila ditempatkan di depan bek sehingga Wenger memilih cara aman dengan menempatkannya lebih ke depan.

Keseimbangan memakan gol

AR heat map

Heat map Ramsey yang cenderung ke tengah dibanding menyisisr sisi lapangan

Saya memahami, Wenger menempatkan Ramsey lebih ke depan tak lain demi keseimbangan tim. Ramsey di posisi Walcott membuat Arsenal bermain dengan lima pemain gelandang, 3 tipe perebut bola (Sanchez, Ramsey, dan Coquelin) serta dua gelandang pengatur (Cazorla dan Ozil). Saat Walcott ditempatkan sebegai penyerang tengah, dia kurang memberikan fleksibilitas seperti yang dimiliki Giroud. Wenger menggunakan Giroud baik dalam posisi menyerang ataupun bertahan (corner dan free kick) yang menjadi alasan pemain Perancis ini lebih sering dimainkan.

Sayangnya Ramsey masih belum bisa menempatkan diri sebagai pemain sayap. Entah karena insting bermainnya atau memang Wenger yang mengistruksikannya untuk bergerak ke dalam daripada terus menyisir sisi lapangan. Wenger berusaha mengulang capaian Ramsey musim 2013/14 yang secara mengejutkan golnya melonjak 1000% dari hanya 1 gol di musim sebelumnya.

Bursa transfer telah ditutup dan Arsenal tidak membeli striker baru . Kondisi lapangan memang memaksa demikian, tidak ada striker top yang tersedia di pasar. Benzema dan Cavani, dua striker yang paling dekat dengan Arsenal dinyatakan tidak dijual. Selain mereka adalah penghuni starting line-up, Madrid dan PSG merasa kesulitan mencari pengganti yang sepadan karena benar-benar tidak ada striker yang tersedia untuk dijual.

Walcott bisa dimanfaatkan bila lawan memberikan ruang yang cukup antara pemain bertahan lawan dan gawang. Kecepatan yang menjadi keunggulannya bisa digunakan untuk meneksploitasi lawan, kecepatannya juga membuat dia mudah mengirimkan umpan untuk Giroud. Namun Walcott tidak bisa dimainkan setiap minggu karena lawan memiliki gaya bertahan yang berbeda-beda.

Di tempatkan sebagai penyerang utama dan kondisi lawan yang rapat dengan gawang adalah musuh besarnya seperti yang terjadi saat melawan Newcastle dimana The Magpies bertahan total setelah Mitrovic di kartu merah wasit. Walcott menyimpan potensi mencetak lebih dari 10 gol karena dimusim 2012/13 dia mencatat 14 gol di EPL, setara dengan jumlah gol Giroud musim lalu.

Pada pertandingan lawan Newcastle terlihat seperti hipotesis saya salah, namun pergerakan agresif Chamberlain disisi kanan berhasil membuat Coloccini melakukan gol bunuh diri dibandingakan Ramsey yang mengandalkan wall pass melalui Giroud. Konsep yang sama bisa diaplikasikan pada Walcott.

Saves

Satu-satunya upgrade untuk first team adalah datangnya Petr Cech. Beruntung bagi Arsenal mendapatkan kiper sekaliber dirinya. Bila bukan karena dia ingin tetap tinggal di dalam kota karena alasan keluarga, bukan mustahil Cech akan menempuh perjalanan bolak-balik London-Paris tiap minggu. Juga karena Abramovic yang telah berjanji pada Cech bila tidak mendapatkan tempat di tim utama maka Cech bebas pergi ke tim manapun yang dia mau, bahkan seorang Mourinho sekalipun tak mampu melawan tuannya dan harus pasrah melepas Cech memperkuat rival Londonnya.

Meski sempat melakukan blunder pada gol pertama West Ham, kiper Timnas Rep. Ceko ini tampil semakin baik tiap pertandingannya. John Terry sempat berujar bahwa datangnya Cech akan menyelamatkan setidaknya 12 poin yang sering hilang karena kualitas penjaga gawang. Okelah kalau Cech sudah menghilangkan 3 poin saat lawan The Hammers, dalam dua pertandingan berikutnya Cech telah melakukan 11 penyelamatan. Plus 2 poin untuk lawan Crystal Palace dan plus 1 poin yang berhasil diselamatkan saat bertemu Liverpool, bisa dikatakan Cech telah membayar lunas kesalahannya.

Tak perlu kaget bila nantinya Arsenal tidak banyak mencetak gol karena pendekatan baru yang diterapkan Wenger. Juga tak perlu khawatir karena The Gunners masih bisa terus mendulang poin karena dengan “keseimbangan” ini membuat Arsenal lebih sedikit kebobolan. Wenger tak ingin Arsenal kehilangan poin saat bertemu Stoke City, Southampton, dan Swansea (2 kali) seperti musim lalu. (woj)

 


Sebagian dari tulisan ini pernah dimuat di Tabloid BOLA edisi 2.629 tanggal 27 Agustus-2 September 2015

Advertisements

2 thoughts on “Pembelian Dua Belas Poin

  1. Pingback: Preview Pertandingan: Arsenal vs Everton | Shenley Ground

  2. Pingback: It’s Just Six Goals Away dan Mourinho Yang Kesepian | Shenley Ground

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s