Preview Pertandingan: Chelsea vs Arsenal

image

Chelsea menjalani start terburuknya bersama Mourinho musim ini, lebih buruk dibanding musim 2007-2008 yang berujung pada pemecatan Jose Mourinho setelah 6 pertandingan berjalan. Hingga pekan ke 5, The Blues masih tertahan di peringkat ke 17, satu strip di atas zona degradasi.

Permasalahan yang dialami Chelsea bukanlah kesulitan mencetak gol. Sama-sama menhasilkan 7 gol seperti musim 2007/08 namun jumlah kemasukan mereka dua kali lipatnya dibandingkan saat memulai liga 8 tahun yang lalu. Usia pemain belakang yang relatif masih sama dikala Chelsearinho ver. 1.0 menjadi kambing hitam. Terry dan Ivanovic sudah terlalu tua untuk bermain di EPL. Garry Cahill dan Azpilicueta yang lebih muda tidak akan mampu melindungi gawang bila performa dua pemain lainnya menurun karena itu berarti memangkas 50% kekuatan.

Perubahan taktik yang diterapkan dilini tengah membuat Matic bekerja sendirian sebagai gelandang bertahan. Mourinho menempatkan Fabregas sedikit ke depan melihat catatan 17 assist-nya musim lalu. Bukannya lebih produktif, lima pertandingan berjalan Cesc belum membukukan assist sama sekali. Rataan key pass yang dihasilkan juga hanya 1.6, terlalu jauh bila dibandingan dengan Cazorla (4.6) yang kini menempati posisi hampir serupa.

Performa Eden Hazzard yang musim lalu menjadi motor serangan Chelsea belum kembali ke levelnya. Hazzard baru mencatat 1 assist dengan key pass masih dibawah Ozil 3.4 berbanding 5 per game.

Selain permasalahan dilapangan, dapur Chelsea juga tak kalah panasnya. Mulai dari transfer Eva Carneiro sebagai kepala staf tim medis ke tim cadangan hingga kabar adu fisik antara Diego Costa dan John Terry.

Seperti kita tahu Caneiro yang berusaha membantu menangani Hazard yang mengalami cedera saat bertemu Swansea langsung di keluarkan dari tim utama. Mou yang memang keras pada pemain menyalahkan Carneiro karena membuat Chelsea hanya bermain dengan 9 orang dilapangan. Mou tetap bersikeras Hazard tidak harus mendapatkan perawatan saat itu. Asosiasi paramedis menyuarakan dukungannya terhadap tindakan Carneiro karena bagaimanapun juga cedera pemain harus mendapatkan penaganan secepatnya. Hingga sekarang Caneiro belum ditarik kembali ke tim utama dan kasus ini masih berbuntut panjang hingga kini dengan FA mulai melakukan penyelidikan rekaman pertandingan.

Tak cukup disitu, ruang ganti Chelsea juga mulai memanas menyusul kabar perseteruan Diego Costa dan John Terry setelah kekalahan lawan Everton. Dikabarkan sempat ada tangan yang melayang namun Mourinho membantahnya dengan mengatakan hal tersebut hanya salah pahan karena Diego Costa belum terlalu fasih berbahasa Inggris.

Bagaimanapun Chelsea tetaplah tim kuat. Dalam sejarahnya bersama Mourinho, The Blues baru 2 kali kalah dikandang. Lucunya bukan tim mampan yang mengalahkan mereka di Stamford Bridge, tapi klub seperti Sunderland dan Crystal Palace.

Masalah Efektifitas

Peran Santi Cazorla begitu sentral di dapur pacu Arsenal. Kemampuan passing  dan pembagian bolanya tak perlu diragukan dan kini Santi dipasangkan di tengah bersama Coquelin. Posisi ini mirip dengan peran yang dimainkan Cesc bersama Matic musim lalu. Duet gelandang perebut bola yang berdekatan dengan penyuplai bola memungkinkan serrangan balik cepat dan sistematis bisa dilakukan dengan mulus.

Dengan rataan 22 shoot per game merupakan ratatan tertinggi tembakan diantara tim-tim lainnya di EPL namun The Gunners baru menghasilkan 5 gol atau hanya 1 gol tiap 22 kali percobaan. Efektifitas serangan menjadi perhatian penting. Giroud, Sanchez, Ramsey yang paling banyak melakukan tembakan dikritik karena minmnya gol yang dicetak.

Dalam tiga pertandingan terakhir posisi Giroud mulai digeser oleh Theo Walcott. Striker Timnas Inggris ini menjawabnya dengan 2 gol dari tiga kesempatan starter. Sejauh ini Wenger memanfaatkan kecepatan Walcott khusus bagi lawan yang memeberikan ruang diantara gawang. Spesialisasi Walcott ini kurang berguna seperti saat melawan Newcastle. Dipertandingan lawan Chelsea yang biasanya menerapkan pertahanan rapat.

Wenger berhasil membukukan kemenangan perdananya melwan Mourinho saat Arsenal memenangkan Community Shield awal Agustus lalu. Namun belum ada satu kemenangan dibukukan oleh Sang Profesor pun di pertandingan kompetitif dalam 13 kali perjumpaan sebelumnya. Untuk pertandingan pertandingan akhir pekan ini Wenger berpeluang untuk mengecilkan defisit kekalahan emngingat kondisi limbung yang sedang dihadapi Chelsea.

The Game

Arsenal mulai menancapkan kukunya di papan atas persaingan gelar juara Liga Inggris. Hasil 3 kemangan dan 1 seri selepas start mengecewakan lawan West Ham menjadi pembuktian kualitas sebenarnya dari The Gunners. Tiga clean sheet secara beruntun juga menjadi catatan tersendiri mengingat bek yang dipasang bukanlah pilihan utama. Kehadiran Petr Cech di bawah mistar membuat palang pintu Arsenal bermain lebih tenang meski kombinasi yang ada baru pertama kali dipadankan musim ini.

Willian dipastikan absen, dengan begini eksplosivitas Chelsea sedikit berkurang. Pedro yang mengisi sayap kanan juga kemungkinan besar absen. Daripada memaksakan menyerang, kemungkinan Mourinho akan memilih opsi bertahan sembari menunggu peluang serangan balik. Lini tengah akan dipenuhi oleh Ramires dan Oscar. Bila Coquelin dan Ramsey mampu menetralkannya, Arsenal akan dengan mudah menembus blokade Matic.

Pergerakan cepat pemain Arsenal terbukti membuat Chelsea kepayahan di Wembley. Kaki kaki tua pemain belakang mereka kesulitan menutup celah yang ada. Absennya Courtois di bawah mistar membuat barisan pertahanan The Blues kurang percaya diri. Begovic yang dibeli sebagai pengganti Cech sebenarnya tampil cukup bagus dan gol-gol yang masuk ke gawang Chlesea lebih banyak karena kelengahan barisan belakang.

Kehadiran Coquelin dipuji tinggi oleh Santi Cazorla. Keberhasilan Coquelin menahan serangan akan menjadi titik mula counter attack Arsenal. Bila rencana ini berjalan mulus tingal tugas Ramsey, Sanchez dan Walcott untuk memaksimalkan peluang.

Wenger sudah menemukan keseimbangan formasi Arsenal. Pertahanan kuat dan serangan mengalir begitu deras dengan total 39 shoot on goal. Hanya saja memang penyelesaian akhir pemain depan masih kurang.

Sanchez belum sekalipun mencatatkan namanya di papan skor. Musim ini pergerakan Sanchez selalu mendapat pengawalan ketat. Dari 28 kali percobaan tembakan, 46% atau 13 diantaranya di blok oleh lawan. Tendangan yang sebagian besar dilepaskan di luar kotak penalti membuatnya sulit menembus gawang lawan, kebiasaan Sanchez menedang dengan kaki kanan lebih mudah diantisipasi bila dia masih tetap beroperasi di luar area 16 meter.

Walcott pada pertandingan UCL lalu sengaja disimpan oleh Wenger, dan tindakan ceroboh Giroud yang berujung akumulasi kartu kuning sepertinya akan membuat dia lebih lama duduk dibangku cadangan mengingat Walcott yang dimainkan sebagai pengganti mampu menjawabnya dengan 1 gol.

Selain Walcott, Wenger juga menyimpan Bellerin, Monreal, Ramsey, Cech untuk laga penting ini. Arsenal berpeluang memperkecil jarak dengan Man City yang disaat yang sama haru bermain lawan tim kuda hitam, West Ham tanpa diperkuat Kompany, Zabaleta, Nasri, serta Aguero yang diragukan tampil. (woj)

Team News

Chelsea: Willian (hamstring), Pedro (paha, 26 September), Courtois (lutut, November)

Arsenal: Mertesacker (sakit, 26 September), Rosicky (lutut, Desember), Welbeck (lutut, Desember), Wilshere (retak tulang engkel, Desember).

Arsenal (4-2-3-1): Cech – Bellerin, Koscielny, Paulista, Monreal – Coquelin, Cazorla – Ramsey, Ozil, Sanchez – Walcott.
Cadangan: Ospina, Debuchy, Chambers, Gibbs, Arteta, Chamberlain, Giroud.

Chelsea (4-2-3-1): Begovic – Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta – Matic, Ramires – Ramires, Oscar, Hazard – Cost

Cadangan: Blackman, Rahman, Zouma, Loftus-Cheek, Traore, Mikel, Remy.

Advertisements

One thought on “Preview Pertandingan: Chelsea vs Arsenal

  1. Pingback: Preview Pertandingan: Arsenal vs Chelsea | Shenley Ground

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s