Preview Pertandingan: Arsenal vs Everton

_86237293_mesutozil

Hasil sempurna tidak akan dicapai bila kita menempatkan satu tahapan lebih penting dari tahapan lainnya, karena kita tidak bisa memastikan hasil tahapan berikutnya sesuai keinginan kita. Yang bisa kita lakukan adalah mengerjakan tiap proses dengan sebaik mungkin dengan harapan bisa menjadi awal yang baik untuk tahapan selanjutnya.

Hal yang sama terjadi pada Arsenal dalam dua pertandingan terakhir. Meski berhadapan dengan jadwal ketat Liga Champion lawan Bayern Munich, The Gunners tidak begitu saja melepaskan pertandingan lawan Watford dengan tetap bermain full team. Dan sebagai hasilnya adalah dua kemenangan sempurna yang memperpanjang nafas Arsenal di UCL sembari tetap menempel Man City yang duduk di puncak klasemen.

Everton

Barangkali ini adalah periode nyaman Everton bersama Martinez. Performa stabil dan posisi di akhir musim selalu aman di papan tengah yang berujung pada kestabilan keuangan.

Entah karena manajemen tim sudah lama tidak mengalami masa-masa sestabil ini atau hilangnya hasrat untuk lebih baik membuat Everton tidak seberkembang (semenarik) Southampton atau Sp*rs. Everton bisa saja masuk kategori tim gagal tanpa investasi yang cukup. Performa mereka ada pada grafik menurun dan bila tidak waspada The Toffes akan kembali berjibaku di papan bawah seperti era awal EPL.

Pola ini mirip seperti efek populasi kelas menengah yang gagal memajukan negaranya untuk masuk ke tahap berikutnya (negara maju) karena merasa nyaman dan terjebak dalam gaya konsumtif.

Tak ada lagi kemenangan atas Arsenal selain 3:0 kala pertama kali menukangi Everton. Di liga, rekornya berimbang dengan catatan 1 menang, 2 seri, dan sekali kalah. Namun bila ditambahkan kompetisi FA Cup, maka Wenger unggul 1 kemenagan atas Evertonnya Martinez.

Anggota tim yang cenderung sama dengan musim-musim sebelumnya membuat permaian anak asuhan Martinez lebih mudah terbaca. Kekompakan tim memang terjaga, namun bila tidak ada pemain yang bisa memiliki kreatifitas dan memberikan inspirasi, hasilnya bisa negatif.

The Game

Cedera yang diderita oleh Aaron Ramsey berarti Chamberlain akan bermain sebagai stater. Mantan kapten Timnas Wales menyusul teman-temannya yang masih berada di ruang perawatan seperti Jack Wilshere, Tomas Rosicky, dan Danny Wellbeck. Sedangkan Ospina akan beristirahan akibat cedera bahu hingga 21 November atau hingga jeda Internasional berikutnya seperti Ramsey.

Perbedaan karakter Ramsey dan Chamberlain akan membuat pertandingan malam nanti tidak seperti pertandingan-pertandingan Arsenal sebelumnya, terutama saat kondisi bola di kuasai lawan. Kemampuan bertahan dan duel perebutan bola Chambo tidak sebaik Rambo. Bila masih ingat soal kestabilan yang pernah saya tulis, dalam pertandingan ini kestabilan lini tengah Arsenal akan diuji selama 90 menit.

Sebagai pemain sayap murni, pergerakan Chamberlain lebih agresif untuk menyisir sisi lapangan dibandingkan Ramsey yang ditempatkan di sayap namun heat map-nya menunjukkan dia lebih banyak beroperasi ditengan sebagai pelapis untuk Ozil dan Bellerin saat mereka melalukan penetrasi ke dalam kotak penalti.

Longgarnya lapangan tengah bisa dimanfaatkan oleh Barkley untuk mengaliran bola ke pada Lukaku. Tugas Barry dan McCarthy akan sedikit lebih mudah karena absennya Ramsey. Saat kalah 3-0 lawan Man Utd, lini tengah Everton tetap hidup dan gol-gol yang terjadi akibat kesalahan pemain belakang dalam membaca pergerakan lawan.

Kabar baiknya tidak ada Leighton Baines di barisan belakang Everton. Posisinya diisi oleh pemain muda berbakat, Berendan Galloway yang memiliki kemampuan bertahan cukup baik diusia 19 tahun. Kelemanannya seperti kebanyakan peamin muda adalah soal konsistensi. Entah itu terlambat panas atau kurang konsentrasi.

Secara umum, Everton musim ini adalah tim yang lambat panas terutama saat lawan terlebih dulu mencetak gol seperti saat menahan seri Watford dan proses kemenangan atas WBA.

Pemain yang perlu diwaspadai selain Barkley adalah Naismith. Striket Timnas Skotlandia ini memiliki kecepatan serta pergerakan yang sulit diduga. Martinez menempatkannya di posisi striker bayangan dibelakang Lukaku yang berperan membuka ruang dan pengalih perhatian. Dua gol dan  satu assist saat menghancurkan Chelsea adalah bukti kecerdikan pemain pirang ini.

Kedua sayap Everton adalah sisi lemah yang cocok diekspoloitasi. Diisi  oleh Lennon dan Gerard Deulofeu, tak terlalu membahayakan namun membuat sektor ini lemah saat mengalami tekanan karena mereka tidak memiliki kemampuan bertahan yang baik sehingga posisi Coleman dan Galloway menjadi terekspos.

Hal di atas terbukti saat bertemu City dan United.  Rentan serangan balik dan lemah dalam penyelesaian akhir adalah kelemahan The Toffes yang bisa kita manfaatkan. Kebiasaan Martinez menempatkan garis pertahanan yang tinggi akan membantu Walcott yang sebelumnya sulit bergerak di ruang sempit sehingga berkesempatan menambah rekening golnya malam nanti. (woj)

Kerjakan yang ada dihadapanmu sekarang sebaik mungkin. Apa yang kita lakukan sekarang adalah untuk menciptakan momen selanjutnya.

 

Team News:

Arsenal: Arteta (engkel, 31 Oktober), Ramsey (21 November), Ospina (21 November), Wilshere (engkel, Desember), Welbeck (lutut, Desember), Rosicky (lutut, Desember).

Everton: Cleverley (kebugaran), Pienaar (kebugaran, 31 Oktober), Baines (engkel, 7 November), Hibbert (lutut, 7 November), Besic (hamstring, 31 Oktober).

Arsenal (4-2-3-1): Cech – Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal – Coquelin, Cazorla – Chamberlain, Ozil, Sanchez – Walcott.

Cadangan: Macey, Debuchy, Chambers, Gibbs, Flamini, Campbell, , Giroud.

Everton (4-2-3-1): Howard – Coleman, Stones, Jagielka, Galloway – McCarthy, Barry – Deulofeu, Barkley, Naismith –  Lukaku.

Cadangan: Robles, Browning, Mori, Osman, Mirallas, Kone, Lennon.

Foto: BBC

 

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s