Preview Pertandingan: Aston Villa vs Arsenal

1411224347688_Image_galleryImage_Arsenal_s_German_midfield

Keberhasilan lolos babak 16 besar Liga Champion disambut dengan genggap gepita di tengah kondisi tim yang compang camping akibat cedera. Arsenal yang mampu mengalahkan Olympiakos dihadapan publik Karaiskakis dengan skor telak 3-0.

Setelah start buruk dan tak pernah sekalipun menduduki peringkat kedua berhasil mencuri tiket terakhir fase knock out UEFA Champions League (UCL) seperti yang sudah dilakukan dalam 15 tahun terakhir.

Dalam petandingan ini Giroud mencatatkan sejarah dalam hidupnya untuk pertama kali mencetak hattrick bagi Arsenal. Sebuah rekor dimana Walcott atau Sanchez sudah melakukannya lebih dari sekali, bahkan Welbeck yang baru 2 musim bergabung sudah pernah mencatatkan hattrick setahun yang lalu saat melawan Galatasaray.

Dengan lolosnya Arsenal ke fase knock out ini, UEFA sebagai penyelenggara menghadiahkan £4,05 juta yang juga diterima oleh 15 tim lainnya.

The Villans

Aston Villa berada di bawah tekanan degradasi. Hingga pekan ke 15, baru enam poin yang baru mereka kumpulkan. Padahal batas minimum yang harus dikumpulkan agar bisa bertahan di Liga Premier adalah 34-36 poin.

Manajemen Aston Villa sudah memecat Tim Sherwood dari jabatan pelatih setelah hanya mampu mengumpulkan 4 poin dalam 10 pertandingan. Pada periode tersebut Aston Villa berada di deretan tim yang paling banyak kebobolan dan paling sedikit mencetak gol.

RemiDM0305_468x594

Bersama Remi Garde, catatan Aston Villa belum juga membaik. Dalam 5 pertandingan Garde hanya mampu menghasilkan 2 poin , malahan mereka sudah kebobolan 11 gol atau 20% lebih banyak dibanding saat The Villa masih dilatih Sherwood.

Garde sebenarnya bukanlah pelatih kemarin sore karena dia pernah meraih gelar Ligue 1 dan Trophée des Champions bersama Lyon tahun 2012. Garde juga merupakan salah satu “rekrutan” yang masuk ke Arsenal bersamaan dengan Patrick Viera meski saat itu Wenger masih berstatus sebagai pelatih Nagoya Grampus.

Pelatih yang sempat merasakan double winner bersama Arsenal tahun 97/98 ini masih menggunakan skema yang dipakai Sherwood. Garde masih meraba-raba daftar pemainnya untuk menemukan komposisi skuad terbaik.

Serangan melalui sayap kiri mengandalkan kecepatan Leandro Bacuna, Idrissa Gueye, dan Jordan Ayew masih menjadi andalan Garde dengan fariasi sedikit ke arah tengah.

Di sektor depan, nama Rudy Gestede menjadi pemain yang paling produktif. Striker timas Benin ini musim lalu menciptakan 20 gol bagi Blackburn Rovers . Dia didatangkan sebagai pengganti Benteke karena Gestede memiliki keunggulan dalam hal finishing dan duel bola udara.

Tactical Analysis

Pada pertandingan ini Wenger tidak memiliki pilihan lain selain memainkan tim yang bermain di Liga Champion. Faktor kelelahan menjadi perhatian utama setelah perjalanan jauh ke Yunani.

Hal positifnya adalah mental bertanding yang sedang tinggi-tingginya setelah lolos ke fase grup UCL. Tidak ada pemain yang cedera dan lini tengah mulai menemukan keseimbangan selepas ditinggal Cazorla dan Coquelin.

Jumlah tekel Arsenal mulai mendekati rata-rata di angka 20 dengan rataan 18 tekel per pertandingan dibanding saat melawan WBA dan Norwich yang hanya berada di kisaran 15 tekel per game. Kembalinya rataan tekel bermakna ganda, selain mengurangi jumlah pelung lawan juga sebagai platform serangan balik.

Arsenal bisa memanfaatkan agresivitas sisi kiri Villa karena lubang yang ditinggalkan oleh pemainnya. Arsenal juga bisa memanfaatkan tingginya kesalahan individual yang dilakukan pemain Villa.

Sejak terakhir kalah 3-1 di pertandingan perdana musim 13/14, Arsenal sudah menggelontorkan 14 gol dalam 4 pertandingan terakhir melawan Aston Villa, termasuk kemenangan 4-0 di final FA Cup musim lalu.

Kelemahan yang dimiliki Aston Villa seperti antisipasi bola terobosan dan set piece menjadi makanan empuk Arsenal, terlebih lagi dengan kembalinya Walcott dan mulai stabilnya performa Campbell yang merupakan para predator through pass.

Lima pertandingan sepertinya masih kurang bagi Garde untuk menemukan sentuhan tangan dinginnya setelah semusim sebelumnya menganggur. Arsenal harus bisa menggunakan peluang ini untuk terus membayangi Leichester City di puncak klasemen. Kemenangan dalam pertandingan ini sekaligus menjadi bekal melawan Man City di pekan berikutnya. Up for the Arsenal! (woj)

Team News

Aston Villa : Micah Richards (lutut, 19 Desember), Jardan Amavi (lutut)

Arsenal: Sanchez (hamstring, 20 Desember), Rosicky (lutut, Januari 2016), Arteta (engkel, Januari 2016), Wilshere (engkel, Januari 2016), Welbeck (lutut, Januari 2016), Coquelin (lutut, Februari 2016), Cazorla (lutut, Maret 2016).

Aston Villa (4-3-3) : Guzan – Hutton, Okore, Lescott, Bacuna – Guaye, Sanchez, Varetout – Agbonlahor, Gestede, Ayew

Cadangan : Bunn, Ilori, Richardson, Gil, Traore, Westwood, Sinclair

Arsenal (4-2-3-1) : Cech – Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal – Flamini, Ramsey – Walcott, Ozil, Campbell – Giroud

Cadangan : Ospina, Debuchy, Gibbs, Paulista, Chambers, Chamberlain, Iwobi

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s