Preview Pertandingan: Arsenal vs Manchester City

453440056-e1450404752565

Laga pekan ke 17, Arsenal akan bertemu pesaing terbesarnya, Manchester City di Emirates Stadium. Performa yang mulai menanjak tak bisa jadi jaminan karena calon lawan yang dihadapi memiliki kualitas yang setara dengan tim asuhan Arsene Wenger.

Skuad yang bisa diturunkan oleh Wenger masih sama dengan beberapa pertandingan sebelumnya karena alasan cedera. Tak usahlah dibahas soal ini karena mereka baru mulai pulih pada periode Februari-Maret jadi absurd sdekali bila tiap preview saya bahas soal ini.

Kabar yang cukup menggembirakan adalah mulai mebaiknya kondisi hamstring Alexis Sancez. Wenger belum bisa memberikan lampu hijau untuk menurunkan Sanchez sejak menit awal, namun setidaknya bisa memberikan sedikit kehangatan menjelang jadwal padat boxing day pekan depan.

The Gunners perlahan menemukan keseimbangan baru selepas  ditinggal Cazorla dan Coquelin. Rataan tekel dalam 2 pertandingan terakhir mendekati angka 20 dari sebelumnya yang hanya 15 tekel per game. Pada akhirnya hal ini berimbas menurunnya tembakan ke gawang Arsenal.

Manchester City

Berada satu tingkat dibawah Arsenal, tim Manchester Biru mulai melorot ke peringkat tiga. Bermain tanpa Vincent Kompany yang mengalami cedera menjadi faktor utama City hanya meraup 6 poin dari 12 poin yang tersedia. Man City mengalami 2 kekalahan dalam 4 pertandingan terakhir dan empat kekalahan Man City musim ini seluruhnya terjadi saat Kompany absen.

Bersama Kompany, City mencatatkan 7 kali clean sheet  dari delapan pertandingan. Sedangkan saat Kompany tidak bermain, City hanya mencatatkan 1 kali clean sheet dalam 8 pertandingan, padahal palang pintu mereka diperkuat oleh Otamendi, Mangala, dan Demchelis yang bernilai total € 104 juta. Tanpa Kompany, barisan belakang Man City tidak memiliki leader.

Dengan pasti absennya Kompany, saya tidak terlalu khawatir tentang peluang Arsenal menciptakan gol, terlebih lagi dengan kembalinya Walcott serta mulai menyatunya Joel Campbell dalam skema permainan Arsenal. Dalam pertandingan dini hari nanti City juga tidak diperkuat oleh Fernando dan Zabaleta sehingga satu-satuya opsi yang bisa mereka lakukan adalah menyerang.

Manchester-City-vs-West-HamDi liga, Man City menjadi tim yang paling gemar melakukan tembakan kegawang. Sergio Aguero kini tak lagi menjadi kartu As City, cedera yang kerap menerpa mengganggu performanya musim ini. Meski menjadi top scorer klub dangan 7 gol (5 dicetak saat lawan Newcastle), bukan dia yang menjadi talisman Man City.

Adalah Kevin de Bruyne yang menjaga produktifitas Man City tetap terjaga. Pemain seharga  €70 juta membuktikan kualitasnya dengan 4 gol serta sumbangan 6 assist bagi teman-temannya. Performanya di lapangan juga stabil dengan gol/assist yang merata, tidak mengumpul dalam satu pertandingan saja.

Man City mengalami kesulitan bila melawan tim yang memiliki kecepatan. Skor 1-4 lawan Liverpool dan Spurs menjadi bukti bahwa pertahanan City bukan tembok yang sulit ditembus. Pertahanan The Citizens bermain tanpa bantuan dan perlindungan dari barisan gelandang.

Tanggung jawab pertahanan sepenuhnya diserahkan kepada 5 pemain bertahan. Sialnya Kolarov sebagai bek kiri sering meninggalkan wilayahnya, hal ini ditambah dengan Steerling yang tidak pernah membantu pertahanan. Dua minggu lalu Xerdan Xaqiri mengeksploitasi lowongnya sisi kiri City hingga bisa dua kali mengirimkan umpan matang ke kaki Marko Arnautovic.

The Game Plan

Menginjak musim 2013/14, Arsenal tidak pernah kalah lawan Man City bila bermain dikandang, namun The Gunners tak kunjung bisa mengalahkan City di Emirates. Dua pertemuan terakhir selalu berujung hasil seri. Dalam pertandingan musim lalu, Arsenal hampir menang bila saja Demichelis tidak menanduk bola hasil sepak pojok Aleksander Kolarov di menit 83.

Perlahan Arsenal mulai bisa mengimbangi permainan City. Kekalahan 6-3 adalah terakhir kalinya City mampu menang lawan Arsenal. Pada tiga pertemuan terakhir Arsenal membukukan 2 kemenangan dan 1 seri atas The Citizens.

Peluang Arsenal untuk membukukan kemengan perdana atas City di Emirates terbantu dengan performa tandang tim lawan yang buruk. Musim ini City hanya menang 3 kali dari 7 pertandingan away dan hanya 7 gol yang berhasil mereka jebloskan ke gawang lawan.

Hasil pertandingan ini akan ditentukan oleh seberapa kuat Ramsey dan Flamini menahan gempuran De Bruyne, David Silva dan Yaya Toure. Ramsey pekan kemarin sukses mencetak gol harus sedikit menahan nafsunya dalam membantu penyerangan.

Flamini diposisikan sebagai gelandang bertahan kurang cerdik dan mudah terpancing mengejar lawan, berbeda dengan Coqulein yang pandai membaca bola dan pergerakan lawan sehingga tidak ada ruang terbuka di area depan kotak penalti. Oleh karenanya Ramsey harus harus disiplin menjaga wilayah dan mengcover area yang mungkin ditinggalkan oleh Flamini.

Kemenangan lawan The Sky Blues akan menjauhkan The Gunners dari jangkauan Aguero dkk, serta menjadi modal berharga jelang jadwal padat di Boxing Day. Arsenal akan bertemu  Southampton, Bournemouth, dan Newcastle dalam jangka waktu 8 hari. Diharapkan Alexis Sanchez sudah pulih dari cedera hamsting untuk membantu rekan-rekannya berjuang meraih gelar liga pertama.

Wenger mempertimbangkan mulai mencari pemain di Januari terutama pemain tengah sebab Arteta, Rosicky dan Flamini akan berakhir kontraknya akhir musim ini. Namun sekali lagi, berhasil tidaknya tergantung berbagai hal seperti minat pemain dan klub serta negosisasi kontrak, terlebih lagi pada 2016 digelar Piala Eropa dimana jarang ada pemain mapan yang mau mempertaruhkan posisinya di timnas dengan pindah ke klub baru.

Team News

Arsenal: Sanchez (hamstring, 26 Desember), Rosicky (lutut, Januari 2016), Arteta (engkel, Januari 2016), Wilshere (engkel, Februari 2016), Welbeck (lutut, Februari 2016), Coquelin (lutut, Februari 2016), Cazorla (lutut, Maret 2016).

Manchester City: Zabaleta (lutut, 26 Desember), Kompany (betis, 26 Desember), Fernando (hamstring, 26 Desember), Nasri (hamstring, unknown).

Arsenal (4-2-3-1) : Cech – Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal – Flamini, Ramsey – Walcott, Ozil, Campbell – Giroud

Cadangan : Ospina, Debuchy, Gibbs, Paulista, Chambers, Chamberlain, Iwobi.

Manchester City (4-2-3-1) : Hart – Sagna, Otamendi, Mangala, Kolarov – Fernandinho, Toure – Navas, De Bruyne, Sterling –  Aguero

Cadangan : Caballero, Demichelis, Clichy, Delph, Silva, Bony, Iheanacho.

 

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s