Segeralah Dewasa Atau Tertinggal Kereta

jackwilshere1504

Come on son. Foto: Getty Images: David Price

Lihatlah umurmu sekarang.

Di usia 24 tahun Wilshere telah melewatkan lebih dari 120 pertandingan yang dijalani oleh Arsenal berbanding 100 pertandingan Liga Inggris yang dia ikuti semenjak 2009 bersama The Gunners. Angka 120 pertandingan bukan karena fit dan tidak diturunkan namun ini dihitung khusus hanya saat Jackie Wilshere mengalami cedera.

Usia 24 tahun adalah puncak kondisi fisik pemain sepak bola. Terutama di tim Arsenal, pada usia tersebut pemain “yang layak” sudah memperoleh satu tempat di tim utama. Bila tak kunjung juga mendapat tempat biasanya pemain mulai mencari tim yang bisa menerima kondisi pemain (baik skill atau cederanya).

Lama cedera Wilshere hanya “kalah” dari Abou Diaby yang absen selama 203 pertandingan (mungkin lebih karena ini dihitung dari musim 2009/10). Pemain Perancis ini akhirnya memutuskan untuk melanjutkan karir di klub lain musim panas lalu setelah menyelesaikan 10 musim bersama Arsenal dimana 5 musim terakhirnya tak pernah absen dari ruang pemulihan.

Tak peduli seberapa besar potensi yang dimiliki seorang pemain, bila tidak bisa digunakan (berguna) untuk tim maka pemain tersebut harus dilepas untuk digantikan pemain lain yang bisa berkontribusi bagi tim.

Wilshere vs Diaby Injury

Wilshere injury vs Diaby injury (belum termasuk retak fibula tahun 2015). Infografis: talkSport

Wilshere masih menyisakan dua tahun masa konraknya bersama Arsenal. Kelakuannya diluar lapangan membuat Wenger berfikir dua kali untuk memberinya kontrak baru meski pria dengan 28 caps bersama Timnas Inggris ini selalu mendapatkan mendapat respek suporter karena telah menjadi salah satu produk asli akademi Arsenal.

Wilshere diturunkan dalam pertandingan Arsenal U21 dan mengumpulkan 155 menit serta satu assist dalam dua pertandingan.

Wilshere mengatakan bahwa kondisi cederanya sudah pulih dan tidak merasakan sakit saat bermain. Dia menargetkan untuk dapat mencapai level match fitness dan bisa mengikuti sisa kompetisi Barclays Premiel League.

“I felt good. It is nice to be back at Emirates Stadium and play my first game. I know that I’m not there yet, not quite ready to play in the first team but it is another step closer to my fitness.

Sebelum kembali ke tim utama, Wilshere ditugaskan untuk membantu Arsenal U21 agar mendapatkan tiket promosi langsung ke Divisi Satu dengan mengalahkan West Bromwich Albion U21 di pertandingan terakhir Barclays U21 Premier League hari Senin (18/04).

Di liga, Arsenal menyisakan 4 pertandingan yang bisa menjadi “persiapan” Wilshere menghadapi musim depan yang dipastikan keras.

Saat ini saja lini tengah Arsenal diperebutkan 10 pemain. Di dua posisi yang biasa di isi oleh Wilshere, gelandang tengah (CMF) dan gelandang serang (AMF), terdapat Ramsey, Cazorla (bila tidak cedera), Ozil, Iwobi, Rosicky, dan Elneny. Pos Ozil hampir pasti tidak bisa diutak-atik sehinggahanya tersisa posisi CMF menemani Coquelin.

Bersamaan dengan berakhirnya kontrak Flamini, Rosicky dan Arteta akhir musim ini, Arsenal berencana mendatangkan Granit Xhaka dari Borussia Monchengladbach untuk memperkuat lini tengah. Sebagai bukti keseriusannya, Wenger sudah mengutus Steve Rowley yang menjabat sebagai Chief Scout untuk memantau langsung kemampuan Xhaka.

Zelalem yang semusim ini menimba ilmu bersama Glasgow Rangers rencananya akan diberi kesempatan di tim utama musim depan. Belum lagi Alex Iwobi yang mampu mencetak 2 gol dalam 2 kesempatan bermain sebagai starter mempersengit persaingan di sektor gelandang.

Hal “bagus” dari cedera retak tulang kering (fibula) yang dialami Wilshere adalah engkelnya bisa kembali pulih setelah hampir setahun tidak banyak diajak bekerja keras. Terakhir kali pria yang lahir dari keluarga fans West Ham United ini menderita cedera engkel pada periode November-Maret 2015 dan selama pemulihan fibulanya, tidak ada laporan Wilshere mengalami masalah dibagian engkelnya.

Lihatlah Coquelin yang seumuran denganmu (Wilshere, 24), Ramsey yang setahun lebih tua, Elneny yang setahun lebih muda, Granit Xhaka yang juga berusia 23 tahun, dan bandingkan denganmu. Sebagai bapak beranak dua, sudah seharusnya Wilshere berkontribusi bagi tim dan mengurangi kenakalannya. Make it or break it! (woj)

 

 

 

Advertisements

One thought on “Segeralah Dewasa Atau Tertinggal Kereta

  1. Pingback: Belum Didengar, Tak Berarti Kadaluarsa | Shenley Ground

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s