Belum Didengar, Tak Berarti Kadaluarsa

maxresdefault

Sudah sekitar 6-7 minggu sejak tulisan terakhir. Kesibukan dan juga “kepastian” Arsenal tak akan menjuarai liga Inggris sejak imbang lawan West Ham United membuat saya “malas” menulis preview pertandingan. Sedangkan waktu saya terbatas bila harus mengumpulkan data seperti tulisan tentang Jack Wilshere yang pulih dari cedera.

Dari Leicester yang berhasil menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, hingga Mourinho yang sudah resmi diikat oleh Manchester United selama tiga tahun ke depan menggantikan Louis van Gaal yang gagal membawa United masuk empat besar.

Soal van Gaal, ternyata hanya mampu menjalankan tugasnya setengah jalan. Sesuai dengan perkiraan saya di awal musim bahwa sangat sulit bagi Man United untuk juara, bahkan untuk sekedar menyamai capaian mereka musim lalu.

Meski begitu, van Gaal sukses menjuarai Piala FA yang merupakan gelar pertama The Red Devils sepeninggal Sir Alex Ferguson. Van Gaal juga meninggalkan warisan berharga bagi Man United berupa bakat Lingard, Rashford, dan Borthwick-Jackson. Seperti saat LvG mengasah bakat Xavi Henandez, Iniesta, Puyol, Toni Kroos dan Thomas Muller yang berhasil menjadi pemain kunci di timnya masing-masing. (Baca: Olahan The Red Devils Wine)

Bonus Tak Terduga

Mengakhiri musim seperti “biasa”, selalu diatas Tottenham. Errrr…

Itulah yang selalu dilakukan oleh Arsene Wenger sejak tahun pertama ditunjuk menjadi manajer Arsenal Football Club.

Musim ini Arsenal tampil bagus diawal hingga pertengahan musim. Masalah datang kala satu persatu anggota tim mengalami cedera. Sanchez, Welbeck, Chamberlain, Coquelin, dan paling terasa saat kehilangan Santi Cazorla untuk 21 pertandingan.

Meski sempat memimpin klasemen hingga pekan ke 22, Arsenal mulai babak belur di bulan januari dengan hanya meraih empat poin dari maksimum 12. Sebulan berikutnya, tepatnya akhir februari hingga maret The Gunners kembali hanya mengumpulkan 4 poin dari empat pertandingan sehingga tim lain mulai mengejar poin Arsenal.

Lima pertandingan terakhir tim gudang peluru bahkan sempat mencicipi peringkat 4 dan suporter mulai khawatir, bukan karena gagal juara namun khawatir finish di bawah Tottenham.

Arsenal mendapat hadiah kejutan pada pertandingan pekan 38 saat Newcastle behasil menhantam Spurs 5-1 meski telah dipastikan terdegradasi dan hanya bermain dengan 10 orang sejak menit ke 61. Arsenal pada kesempatan yang sama berhasil menang 4-0 lawan Aston Villa dan mengakhiri liga satu poin lebih baik dibanding Tottenham.

Dua Tahun Request

Berakhirnya musim 2015-16 juga menandai berakhirnya masa bakti Mikel Arteta, Mathieu Flamini, dan Tomas Rosicky. Ketiga pemain ini kontraknya tidak diperpanjang lagi oleh Arsenal karena alasan usia dan cedera.

Pensiunnya ketiga pemain ini sangat saya tunggu-tunggu karena Wenger tak lagi memiliki alasan untuk tidak memperkuat (mengupgrade) komposisi pemain tengah. Meski sempat mendatangkan Elneny di tengah musim, namun sektor gelandang adalah posisi yang paling mungkin diupgrade kualitasnya mengingat Coquelin tidak memiliki pengganti yang mumpuni.

Akhirnya pos yang seharusnya di-upgrade Wenger sejak dua musim lalu kualitasnya ditingkatkan juga. Tepat pada 25 Mei Arsenal secara resmi mengumumkan Granit Xhaka menjadi pemain pertama yang direkrut musim ini.

Sempat terkejut transfer Xhaka bisa selesai sebelum Mei usai. Umumnya Wenger merekrut pemain di awal Juli, Cech yang direkrut tanggal 29 juni adalah pembelian tercepatnya selama 20 tahun menukangi Arsenal.

xhaka compare all

Statistik Xhaka selama 4 musim bermain di Moenchengladbach dan rapor musim lalu

Xhaka adalah gelandang modern yang memiliki kemampuan membaca pertandingan “yang benar”, yaitu seorang gelandang yang bisa membaca permain baik dalam saat timnya diserang ataupun menyerang. Catatan intercept bolanya setara Coquelin (73 vs 76 kali) dan akurasi passingnya setara Ramsey (85% vs 86%).

Akurasi passing Xhaka memang lebih rendah dibanding Elneny, Coquelin atau Ramsey namuh hal ini terjadi karena Xhaka lebih sering melakukan operan ke pemain depan dibanding mengembalikan bola ke belakang. Hanya 30% dari total passing Xhaka yang mengarah ke pemain belakang berbanding Elneny, Coquelin dan Ramsey yang 37% total passing-nya kembali ke belakang. Distribusi operan Xhaka mirip Santi Cazorla yang hanya mengarahkan bola ke belakang 27% dari total passing-nya. Tak heran bila Ottmar Hitzfeld membandingkan kemampuannya dengan Sebastian Schweinsteiger.

Arsenal membutuhkan pengganti Arteta dan Flamini dan terpenting menjadi rekan yang sepadan bagi Coquelin. Musim ini Arsenal kehilangan Coquelin selama 10 pertandingan, jadi jangan pernah bilang “Coquelin tak perlu pengganti” atau berpedoman “no Police no party” (Police adalah julukan yang diberikan Henry untuk Coquelin). The Gunners juga menderita saat ditinggal Cazorla yang absen selama 22 pertandingan.

Dengan kedatangan pemain seharga £25 juta (plus £10 juta tergantung performa) Wenger bisa sempurna memainkan strategi bertahan dan menyerang. Xhaka dapat berduet dengan Cazorla bila Arsenal bertemu tim defensif untuk memaksimalkan aliran bola kedepan atau dipasangkan bersama Coquelin bila Wenger ingin menerapkan strategi lebih bertahan dan berhati-hati saat bertemu tim yang sangat offensif.

Stubborn (keras kepala) sudah menjadi julukan lain Arsene Wenger. Setelah dua musim Arsenal hanya mendatangkan pemain seperti Flamini atau Kallstrom, akhirnya Wenger yakin (sadar) perlunya meningkatkan kualitas pemain di posisi ini. Kini bila Wenger mau mendengar, Arsenal membutuhkan tambahan seorang striker berkualitas (wajib) dan seorang bek (kalau ada uang lebih). (woj)

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Belum Didengar, Tak Berarti Kadaluarsa

  1. Pingback: Menuju Sempurna | Shenley Ground

  2. Pingback: Live Blog: Berita Transfer, Klub, dan Pemain Arsenal 2016/17 | Shenley Ground

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s