Preview Pertandingan: Arsenal vs Liverpool

Arsenal-vs-Liverpool (2)

Di atas kertas, Arsenal akan kesulitan mengamankan gawangnya karena tiga bek senior harus absen.

Pada pertemua musim lalu di Emirates, Liverpool sempat mendominasi pemainan. Coutinho dkk. beberapa kali membahayakan pertahanan Arsenal yang dijaga oleh Chambers dan Paulista.Beruntung berkat kesigapan duet bek dadakan ini mampu menghasilkan 1 poin bagi Arsenal.

Absennya Giroud pada pertandingan hari Minggu (14/08) tak menjadi masalah bagi Arsenal. Lini tengah dan depan relatif tak banyak berubah dan telah beberapa kali bermain bersama dalam pertandingan ujicoba.

Barisan depan Liverpool lebih bertenaga musim ini dan cukup galak di pertandingan ujicoba. The Reds yang sepat terseok dan kalah 2-1 melawan AS Roma, mencatatkan performa yang semakin meningkat. Adaptasi cepat pemain baru  berhasil jadi modal mengalahkan Wigan Athletic 2 -0 dan Barcelona dengan kekuatan penuh dibantai 4-0.

Liverpool

Musim pertama Jurgen Kloop bersama The Reds tak berjalan mulus. Peringkat di klasemen menurun dari enam ke delapan. Rataan kemenangan mereka di liga juga menurun dari 47% menjadi 42%.

Raihan terbaik Liverpool musim lalu adalah mempu masuk dalam final dua turnamen, Europa League dan Capital One Cup. Dalam dua final tersebut, Firmino, dkk. dipaksa mencium medali perunggu karena dikalahkan masing-masing oleh Sevilla dan Manchester City.

Kloop dengan gegenpressing-nya berusaha merebut bola dari lawan secepat mungkin. Namun strategi ini tak maksimal karena Liverpool tak memiliki barisan depan yang mumpuni. Menciptakan rataan tembakan 16,6 per pertandingan namun jumlah gol yang diciptkan lebih rendah dibanding Arsenal atau Man City.

Permasalah utama menurunnya jumlah kemenangan Liverpool musim lalu adalah barisan pertahanan yang buruk. Kebobolan 50 gol dalam 38 pertandingan menempatkan mereka setara dengan klub papan tengah lainnya. Andai saja pertahanan The Anfield Gank lebih baik, posisi lima atau enam klasemen yang ditempati oleh Man Utd dan Southampton bukan hal sulit untuk dicapai. Anak asuhan Kloop hanya berselisih enam poin dengan Man City yang berada di peringkat empat.klasemen akhir.

Kloop berusaha menutup kelemahan ini dengan mendatangkan Ragnar Klavan dan Joel Matip. Namun sayang, nama terakhir yang sangat diandalkan Kloop mengalami cedera saat pertandingan uji coba lawan Wigan (17/07).

Disisi offensif, Liverpool mendatangkan Saido Mane dari Southampton, striker dengan lari kencang untuk mengimbangi pergerakan Firmino dan Coutinho.

Sama seperti Arsenal yang kesulitan memperoleh striker berkualitas, tim kelas dua macam Liverpool masih kesulitan mendapatkan penyerang dengan kualitas setara Luis Suarez. Solusinya Klopp merekrut Wijnaldum yang musim lalu menghasilkan 10 gol bagi Newcastle untuk mempertajam lini tengah.

Kelemahan yang Menentukan Kemenangan

Bila Liverpool kekurangan bek yang berkualitas (disiplin), Arsenal saat ini sedang mengalami krisis lini belakang karena pemain utamanya mengalami cedera. Paulistan dan Mertesacker harus menepi untuk beberapa bulan ke depan sedangkan Koscielny baru kembali dari libur seusai Euro 2016.

Nacho Monreal akan bermain sebagai bek tengah untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk bila Koscielny tak bisa bermain. Penampilan Monreal saat menjadi bek tengah cukup baik, namun permasalahannya adalah kali ini dia akan berduet dengan Rob Holding, bukan Mertesaker atau Koscielny. Perlu pengertian dan adaptasi yang cepat agar tumbuh saling pengertian diantara keduanya. Mau tak mau, Petr Cech harus mengkomandoi susunan lini belakang yang belum pernah bermain bersama ini.

Hasil akhir pertandingan ini akan di tentukan oleh tim yang memiliki pertahanan solid mengingat berimbangnya kualitas lini depan kedua tim. Liverpool sedikit lebih unggul karena memiliki pemain bertahan yang telah teruji sedangkan Arsenal bermain tanpa bek senior, bahkan terpaksa menurunkan Monreal yang berposisi asli sebagai bek kiri menjadi bek  tengah.

Untuk menutup kelemahan ini Wenger perlu memainkan duet gelandang bertahan Coquelin bersama pemain baru, Granit Xhaka. Selain kuat dalam duel, Xhaka juga memiliki distribusi bola ke depan yang akurat, baik bola pendek ataupun umpan terobosan. Terlalu beresiko bila Wenger menurunkan Cazorla untuk bermain bersama Coquelin atau Xhaka di posisi krusila ini.

Kelemahan pertahanan Arsenal bisa memancing Klopp untuk menerapkan gegenpressing dengan pertahanan yang sering terlalu naik.Peluang terbuka bagi The Gunners melakukan serangan balik karena banyaknya ruang di pertahanan lawan. Duet Lovren dan Klavan yang telah berumur akan kesulitan bila harus meladeni kecepatan Sanchez dan Walcott.

Bila Klopp memperhatikan ketidak sempurnaan strateginya, Liverpool akan diinstruksikan bermain hati-hati agar tidak banyak memberikan ruang di area kotak penalti. Namun kebiasaan kurang disiplinnya pemain bertahan akan menjadi boomerang bagi Liverpool. (woj)

Inforgafis pertandingan Arsenal vs Liverpool

Team News:

Arsenal: Per Mertesacker (lutut, Januari 2017), Gabriel Paulista (engkel, 01 Oktober), Laurent Koscielny (kebugaran, 20 Agustus), Carl Jenkinson (lutut, 05 November), Mesut Ozil (kebugaran, 20 Agustus), Jack Wilshere (lutut, 20 Agustus), Serge Gnabry (Olimpiade Brazil, 27 Agustus), Danny Welbeck (lutut, Februari 2017)

Liverpool: Loris Karius (patah tangan, 08 Oktober), Mamadou Sakho (achilles, 20 Agustus), Joseph Gomez (achilles, 20 Agustus), Daniel Sturidge (kebugaran, 20 Agustus).

Arsenal (4-2-3-1) : Cech – Bellerin, Holding, Monreal, Gibbs – Xhaka, Coquelin – Walcott, Cazorla, Ramsey – Sanchez

Cadangan : Ospina, Chambers, Debuchy, Elneny, Iwobi, Chamberlain, Campbell.

Liverpool (4-3-3) : Mignolet – Clyne, Matip, Lovren, Moreno – Lallana, Can, Wijnaldum – Mane, Firmino, Coutinho.

Cadangan : Manninger, Klavan, Henderson, Milner, Grujic, Origi, Ings.

 

 

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s