Preview Chelsea

607250288

Tanpa Kartu Merah, Menang Kemudian

Arsenal selalu mendapatkan hasil negatif saat bertemu tim London Barat, Chelsea. Tak hanya kalah, Arsenal juga harus bermain dengan 10 orang dalam 2 dari 5 pertemuan terakhir.

“Persamaan matematis” saat Arsenal bermain 10 orang melawan Chelsea sama dengan kalah dan dengan 11 orang pun hasil maksimal Arsenal adalah seri. Bagaimana bisa menang bila Arsenal tak pernah bisa membobol gawang Chelsea dalam 6 pertemuan terakhir di Premier League, berbanding 11 gol yang berhasil disarangkan Chelsea ke gawang Arsenal.

Dari catatan di atas dapat disimpulkan bahwa Arsenal harus menghindari kartu merah bila ingin meraih hasil positif.

Bersama Man United, Chelsea adalah tim yang paling sulit dikalahkan oleh Arsenal, utamanya saat masih ditangani oleh Mourinho. Di EPL, Wenger tak pernah menang melawan Chelsea-nya Mourinho kecuali kemenangan 1-0 di ajang Community Shield musim lalu.

Kini Chelsea belum stabil di bawah asuhan pelatih baru, Antonio Conte, membuka peluang Wenger untuk menang atas rival sekota. Sudah hampir 5 tahun sejak kemenangan terakhir Arsenal atas Chelsea yang waktu itu dilatih oleh Andre Villas-Boas.

Sebelum comeback 4-2 atas Leicester di Piala Liga tengah pekan kemarin. Chelsea sedang dalam tren menurun menyusul hasil seri 2-2 atas Swansea dan kekalahan 2-1 dari Liverpool diajang Premier League.

Conte telah diberi peringan oleh Abramovich menyusul hasil buruk Chelsea dan soal strateginya yang baru melakukan penggantian di menit 84 saat melawan Liverpool. Tak seperti saat menangan Juventus yang minim tekanan, menangan tim EPL memang harus siap mengucapkan selamat tinggal kepada “hidup tenang”.

Hasil 10 poin dari 5 pertandingan menempatkan The Blues di peringkat 5, tak beda jauh dibanding musim pertama Mourinho 2013/14. Rataan 2 gol perpertandingan juga masih so-so bila dibandingakan. Namun jumalah gol yang masuk ke gawang Chelsea cukup mejdnai perhatian Conte.

Di Juve dan Timnas Italia, Conte memainkan 3 bek dalam pola 3-5-2. Formasi ini tak bisa diterapkan di Chelsea karena kurangnya kualitas pemain di posisi tersebut.

Pemain belakang yang telah menua sepertinya luput dari perhatian Conte di bursa transfer. Chelsea hanya memulangkan David Luiz dan membeli Ngolo Kante untuk memperkuat pertahanan. Sedangkan Cahill dan Terry tetap menjadi pilihan utama bek tengah Chelsea.

Bersama Chelsea, Conte mempertahankan pola 4-3-3 dengan memanfaatkan pemain yang ada sebelumnya. Berbeda dengan Mourinho, kini Chlesea banyak menguasai bola dan 20% lebih banyak melakukan passing dibanding saat bersama Mourinho.

Meski gagal menang dalam dua pertandingan, poin yang berhasil dicuri oleh Swansea dan Liverpool tidak diberikan secara cuma-cuma. The Swan dan The Reds harus bersusah payah menahan gempuran Chelsea yang bertubi-tubi. Dua dari emapat gol yang diciptakan Swansea dan Liverpool berasal dari bola mati, kedua tim sama-sama kesulitan menembus pertahanan Chelsea untuk masuk ke kotak penalti.

Arsenal tentunya harus belajar dari kegagalan dimana tak pernah mampu membobol gawang Chelsea dalam 6 pertemuan terakhir di EPL.

Jangan berharap Arsenal bisa mencetak gol melalui serangan balik karena transisi bertahan dan menyerang Chelsea terbilang cepat. The Blues juga memiliki Kante yang bertugas menahan setiap serangan balik pada kesempatan pertama. Meski intersepnya menurun hampir 50% dibanding saat bersama Leicester, namun catatan tekelnya masih terbaik di kelasnya.

Gelandang-gelandang Arsenal tak boleh berlama-lama membawa bola bila masuk ke area yang di jaga Kante. Sanchez lebih baik menungu di depan daripada turun mencari bola ke belakang. Pertahanan Chelsea akan sangat rapat di tengah dengan Oscar yang bergerak box to box di depan duet Matic dan Kante.

Satu kabar gembira, akhirnya Arsenal memiliki pemain tengah yang suka melepaskan tembakan jarak jauh. Tak hanya suka, tembakan pemain ini juga akurat. Granit Xhaka, pemain termahal Arsenal musim ini telah membukukan 2 gol dalam 2 pertandingan terakhir.

Bila biasanya gelandang lawan hanya men-tracking pemain depan Arsenal, kini mereka tak bisa begitu saja membiarkan Xhaka memiliki ruang untuk melepas tembakan. Keutungan ganda sehingga pemain depan Arsenal sedikit leluasa dan hanya berkonsentrasi untuk melewati bek.

Wenger bisa menurunkan kombinasi reguler Coquelin-Cazorla saat Arsenal dipaksa bertahan dan kemudian memasukkan Xhaka bila Arsenal gagal menembus kotak penalti lawan.

Giroud diragukan tampil karena cedera jari kaki akan mengurangi variasi ancaman The Gunners dari bola-bola udara. Keputusan ikut tidaknya striker Perancis ini tergantung hasil sesi latihan terakhir.

Kemenangan pada pertandingan ini sangat penting karena bisa menjadi modal Arsenal yang 5 pekan berikutnya hanya bertemu tim-tim kecil dan membuka peluang The Gunners merangsek ke posisi atas klasemen.

Arsenal memilki peluang untuk meraih poin di pertandingan ini dibanding 6 pertemuan sebelumnya. Pertama Arsenal harus lakukan adalah menjaga pemainnya lengkap 11 di lapangan, berikutnya adalah mencetak gol. (woj)

Team News:

Arsenal: Olivier Giroud (cantengan, diragukan), Aaron Ramsey (hamstring, 15 Oktober), Carl Jenkinson (lutut, 05 November), Per Mertesacker (lutut, Desember), Danny Welbeck (lutut, Januari 2017)

Chelsea: John Terry (engkel, 1 Oktober), Kurt Zouma (lutut, 1 Oktober).

Arsenal (4-2-3-1) : Cech – Bellerin, Mustafi, Koscielny, Monreal – Cazorla, Coquelin – Walcott, Ozil, Iwobi – Sanchez

Cadangan : Ospina, Holding, Gibbs, Xhaka, Elneny, Chamberlain, Perez.

Chelsea (4-2-3-1) : Courtois – Ivanovic, Cahill, Luiz, Azpilicueta – Kante, Matic – Willian, Oscar, Hazard – Costa

Cadangan : Begovic, Aina, Alonso, Fabregas, Pedro, Moses, Batshuayi.

 

 

 

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s