Preview Pertandingan: Man Utd vs Arsenal

ozil_goal_3584807b

Satu pertandingan di bulan November telah dilalui. Satu poin yang didapatkan lawan Tottenham membuat Arsenal masih defisit 0,59 poin per pertandingan dari target terendah yang harus dicapai bulan ini. Seperti telah dibahas adalam preview sebelumnya, rataan poin Arsenal di bulan ke empat Liga Inggris ini adalah 1,59 poin per game.

Derby London Utara ke 192 pekan lalu berjalan monoton dan kedua tim bermain sangat hati-hati. Dalam pertaandingan ini hanya tercatat 2 dan 3 tembakan ke gawang, gol yang tercipta berasal dari bunuh diri bek Spurs, Kevin Wimmer dan penalti Harry Kane.

The Gunners sebenarnya lebih banyak mendominasi serangan, namun tembakan yang dilepaskan gagal menemui sasaran akibat ketatnya blocking yang dilakukan pemain The Lilywhites.

Strategi Wenger dengan memasukkan Giroud pada babak ke dua hanya berkontibusi satu kali tembakan. Ide melepas lebih banyak umpan tak berjalan karena Verthongen selalu tepat menghalau bola udara.

Pekan ke 12 Liga Inggris, Arsenal akan bertandang ke kandang Man Utd di Old Trafford. Pertandingan ini merupakan partai tandang pertama Arsenal melawan tim peringkat 6 besar. Sejarah perjumpaan kedua tim tak perlu diragukan, banyaknya gol dan kartu bukan hal yang asing, ditambah lagi dengan rivalitas pribadi Wenger yang belum pernah menang lawan Mourinho di Liga Inggris.

Manchester United

Man United saat ini duduk di peringakat 6 klasemen dan sedang di bawah tekanan suporter beberapa pekan terakhir. Aktifitas transfer dan ‘Mourinho’ mereka musim ini belum sesuai dibanding hasil yang dicapai. Sebelum kemenangan atas Swansea, The Red Devils baru saja menderita 4 pertandingan tanpa kemenangan yang membuat peringkat mereka makin merosot.

Sang tamu, Arsenal berada di peringkat ke empat namun hanya berselisih 2 poin dengan pemuncak klasemen. Kemenangan akan membuat Man Utd yang berselisih 6 poin, semakin tertinggal dengan gerbong 4 tim teratas.

Pada pertandingan Sabtu (19/11) nanti, kedua tim sama-sama pincang. Man Utd dipastikan tidak dapat memainkan Ibrahimovic karena akumulasi kartu. Sektor pertahanan juga terancam keropos karena Eric Bailly, Smalling dan Valencia absen akibat cedera.

Tak bermainnya Ibracadabra memberikan kesempatan bagi Marcus Rasford kembali ke posisnya sebagai penyerang tengah. Pemain yang mencetak gol lebih banyak dibanding Giroud ini ditempatkan sebagai sayap kiri dalam 5 dari 7 pertandingan. Meski begitu dia berhasil menyumbangkan 2 gol dari posisi ini. Gol yang dia ciptakan berkat penempatan posisi di area gawang lawan dan pergerakan direct-nya yang sulit dibaca. Musim lalu, pemain 19 tahun ini sukses 2 kali membuat kaget pertahanan Arsenal. Pola serangan balik cepat Man Utd di paruh kedua musim lalu diantisipasi Wenger dengan membeli Skhodran Mustafi yang cocok berhadapan dengan pemain depan lincah.

Lini belakang The Red Devil telah kebobolan 13 gol, terbilang compang camping bila dibandingkan dengan musim lalu yang baru kebobolan 8 gol dalam 11 pertandingan pertama. Mourinho masih dalam taham memadu padankan pemain belakang. Sejak kekalah 4-0 atas Chelsea, Mou selalu menurunkan susunan pemain belakang yang berbeda. Hasilnya terlihat berhasil dengan hanya kebobolan 1 gol dalam dua pertandingan melawan Burnley dan Swansea.

Satu Per Satu Tumbang?

The Gunners Arsenal kehilangan pemain lebih banyak akibat cedera jangka panjang. Welbeck dan Mertesacker sudah absen sejak awal musim. Ditambah lagi Akpon, Lucas Perez, Santi Cazorla, dan yang terbaru adalah cederanya Hector Bellerin setelah menerima tekel keras di detik-detik akhir derby London Utara.

Absennya Bellerin membuat strategi Wenger dalam 11 pertandingan sebelumnya dipastikan berubah. Sebagai bek kanan terbaik versi PFA musim lalu, pemain 21 tahun ini mejadi bagian integral dalam serangan dan pertahanan Arsenal. Kemampuannya membuka ruang di sisi kanan membuat Walcott bebas bergerak ke tengah untuk memainkan umpan 1-2. Bellerin juga tak lupa akan tugas utamanya sebagai pain bertahan seperti yang ditunjukkan saat men-track back Pedro dan Heu-Min Son.

Hingga saat ini belum dapat dipastiakan siapa yang akan menggantikan pemain Spanyol U21 ini. Debuchy baru pulih dari cedera dan jumat dinihari lalu telah bermain bersama tim cadangan. Jenkinson berpelung turun di EPL untuk pertama kalinya musim ini bersama Arsenal. Dua pekan lalu, pemain yang sudah 2 tahun bermain di West Ham telah diturunkan dalam pertandingan Piala Liga dan UCL. Kecil kemungkinan Wenger mengorbankan posisi lain dengan memasang Coquelin atau Mustafi sebagai bek kanan.

Disektor penyerangan, Arsenal memiliki amunisi yang mapan. Sanchez, Walcott dan Ozill sebagai penyumbang gol terbanyak musim ini dalam kondisi fit. Iwobi dan Xhaka akan berperan sebagai pendukung di lini tengah.

Performa apik Sanchez dan Ozil menjadi modal kekuatan Arsenal musim ini. Meski hanya mencatat 4 clean sheet dari 11 pertandingan, Namun Arsenal berhasil meraih hasil positif di akhir laga dan klasemen sementara. Kombinasi dua pemain ini meciptakan 9 gol dan 4 asisst. 

Sanchez diberi kepercayaan sebagai penyerang tengah sementara Ozil ditempatkan Wenger sebagai penyerang bayangan, menjadi ‘tandem’ Sanchez seperti duet Bergkamp-Henry. Terlihat musim ini Ozil lebih banyak mencetak gol dan peluang melalui skema serangan balik seperti terjadi dalam pertandingan lawan Chelsea.

Sanchez dan Ozil menawarkan fleksibilitas dan aliran bola cepat yang sangat cocok dengan filosofi Arsenal. Tanpa menafikan peran Giroud, namun harus diakui Sanchez dan Ozil bersama-sama dengan Iwobi, Walcot, Bellerin memberikan

Wenger layak khawatir saat menerima kabar Sanchez mengalami cedera hamstring bersama Timnas Chile. Beruntung saat diturunkan lawan Uruguay, Sanchez terlihat fit, dari dua gol yg (julukan sanchez) salah satunya dilakukan dengan sprint hampir setengah lapangan. Dari situ Wenger berkesimpulan pemain yang menderita hamstring takkan bisa melakukannya.

Yang Harus Dilakukan

Pressing pemain depan terhadap pemain belakang sangat penting dalam sepak bola modern untuk mengurangi distribusi bola yang membahayakan gawang. Sanchez telah menunjukkan hal yang ‘tak bisa’ dilakukan Giroud saat berhasil merebut bola dari Gary Cahill.

Namun hal ini bukan berarti Giroud tak berguna. Setiap pemain memiliki kelebihan dan kekurangan yang berpengaruh pada bisa tidaknya suatu pola permainan dijalankan. Stamina Giroud akan terkuras habis bila dipakasa melakukan pressing, tetapi Giroud bisa sangat berguna bila lawan memainkan strategi parkir bus.

Man Utd hanya kurang beruntung melawan Burnley, dari 35 percobaan, tak ada yang berbuah gol. Dengan skema yang sama, pasukan Mourinho berhasil menang 3-1 atas Swansea. Mourinho menekan dengan mengirimkan bola langsung ke depan memanfaatkan Ibrahimovic sebagal tembok pemantul.

Namun pada pertandingan kali ini Ibra harus absen karena hukuman kartu. Strategi tersisa adalah umpan lambung kepada Rashford berperan sebagai pemain no. 9. Pogba dalam dua pertandingan terakhir juga banyak melepaskan tendangan terukur ke gawang. Akan menjadi tugas Coquelin nanti untuk memotong dan memblok sepakan pemain termahal di dunia ini.

Secara tim, Man Utd tak lagi menjadi momok Arsenal. Dalam 5 pertemuan terakhir, kedua tim sama-sama imbang dengan 2 kemenangan dan sekali seri. Berbeda bila ditarik hingga 10 pertandingan dimana Man Utd unggul dengan 5 kemenangan berbanding 2 milik Arsenal. (woj)

 

Team News:

Manchester United: Eric Bailly (lutut, 31 Desember), Smalling (kaki, 3 Desember), Valencia (lengan, 3 Desember), Ibrahimovic (akumulasi kartu, 26 November)

Arsenal: Santi Cazorla (achilles, 19 November), Lucas Perez (engkel, Desember), Per Mertesacker (lutut, Desember), Danny Welbeck (lutut, Januari 2017), Hector Bellerin (engkel, 18 Desember), Lucas Perez (engkel, 11 Desember)

Manchester United (4-3-3): de Gea – Darmian, Jones, Rojo, Blind – Carrick, Pogba, Herrera – Mata, Rooney, Rashford

Cadangan: Romero, Shaw, Fosu-Mensah, Schneiderlin, Lingard, Mkhitaryan, Depay

Arsenal (4-2-3-1) : Cech – Jenkinson, Mustafi, Koscielny, Monreal – Xhaka, Coquelin – Walcott, Ozil, Iwobi – Sanchez

Cadangan : Ospina, Gabriel, Gibbs, Elneny, Chamberlain, Ramsey, Giroud.

 

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s