Preview Pertandingan: Chelsea vs Arsenal

610107892

Kalahkan Costa dengan kepala dingin.

Pertandingan pembuka pekan ke 24 yang dimainkan paling awal pada hari Sabtu, 04 Februari pukul 19.30 WIB akan berpengaruh besar dalam persaingan juara Liga Inggris musim ini.Kemenangan akan memuluskan langkah Chelsea meraih gelar EPL setelah “pemberontakan pemain” musim lalu membuat mereka terdampar dipapan tengah.

Sedangkan Arsenal sebagai tim tamu mengusung target minimal seri bila masih ingin bersaing meraih gelar English Premier League (EPL) musim ini. Kekalahan atas Chelsea bukan hanya memupus impian trofi EPL tapi juga otomatis melempar The Gunners dari empat besar klasemen sementara.

Pertemuan kedua klub London ini menjadi kesempatan Chelsea membalas kekalahan memalukan 3-0 di Emirates pada September lalu yang membuat Conte menerapkan skema 3-4-3 dalam pertandingan setelahnya yang membawa mereka ke puncak klasemen EPL selama 13 pekan. Menarik untuk dilihat apakah Arsenal benar mampu meladeni formasi baru Chlesea yang menghasilkan 13 kemenangan beruntun.

Hasil mengecewakan diraih Arsenal pada pertandingan liga tengah pekan lalu dimana Red and White Army takluk 1-2 dari Watford. Chelsea memang sangat kuat dan hanya sekali kalah saat bermain di Stamford Bridge namun Arsenal memiliki catatan bagus bila bermain tandang musim ini. The Gunners menghasilkan gol lebih banyak dan kebobolan lebih sedikit dalam pertandingan tandang dibanding musim lalu (dalam persen).

Secara keseluruhan, pertahanan Chelsea dalam 60 menit pertama menederita 13 kali kebobolan sedangkan pada 30 menit terakhir The Blues hanya kebobolan 3 gol. Di pertemuan pertama, ketiga gol Arsenal tercipta pada babak pertama.. Hal yang sama juga terjadi saat Chelsea kebobolan oleh Liverpool dan Spurs.

Setelah musim lalu terseok di papan tengah, The Blues Chelsea telah menemukan bentuk permainan terbaiknya bersama Antonio Conte. Formasi 3-4-3 yang dibawa dari Juventus di terapkan oleh Conte meski pada awalnya banyak yang sanksi karena anak asuhannya tidak memiliki pengalaman bermain dalam pola ini.

Conte mengubah Azpilicueta menjadi bek tengah bersama dua bek lainnya, Cahill dan David Luiz. Bila dicermati, susunan 3-4-3 yang dimainkan Conte masih “berbau” empat bek, Marcos Alonso ditugaskan Conte sebagai “bek keempat”, terlihat dari kontribusi bertahannya yang tepat dibawah Cahill, Azpilicueta dan Luiz.

Sisi kanan menjadi titik lemah Chelsea, 10 dari 16 gol yang bersarang ke gawang Courtois berasal dari kanan kotak penalti. Posisi Victor Moses yang nanggung di sektor ini menjadi peyebabnya. Kontibusi bertahan yang minim (peringkat ke 7 dari 7 pemain yang bertugas membantu pertahanan) dan tipe bermainnya bertumpukkan dengan Pedro yang berada di depannya membuat Azpilicueta “bekerja sendirian” saat Matic terlambat menutup pergerakan lawan.

Pada pertandingan kali ini lebih tepat bila Arsenal mengandalkan Sanchez sebagai penyerang tunggal di depan seperti pada pertemuan pertama lalu. Kehadiran Sanchez akan menjadi teror bagi pertahanan lawan untuk tidak melakukan kesalahan. Pergerakannya yang sangat aktif juga memaksa bek lawan untuk terus mengawalnya. Kondisi ini membuka ruang bagi pemain lini kedua seperti Iwobi atau Walcott menusuk ke tengah.

Kehilangan banyak gelandang menjadi kendala Arsenal dalam mengimbangi penguasaan bola Chelsea. Ball possesion cukup penting untuk mengalahkan The Blues karena mereka cukup kesulitan manakala bola sering di rebut atau dikuasai oleh lawan.

Meskipun tidak menjadi satu-satunya faktor penentu hasil akhir pertandingan (vs Man City misalnya) namun fakta ini berkorelasi positif seperti pada pertandingan lawan Liverpool, Spurs, dan Arsenal.

Francis Coquelin satu-satunya andalan Arsenal untuk tugas mengganggu penguasaan bola lawan. Xhaka yang menjadi tandemnya sedang menjalani hukuman pertandingan, sedangkan Elneny masih bertugas bersama timnas Mesir.

Saya sedikit khawatir karena Arsenal kehabisan gelandang bertahan. Memainkan Chamberlain sebagai pendamping The Police cukup riskan karena kontribusi bertahannya yang rendah dan seringnya melakukan salah operan (akurasi passing 80% dibawah standar Arsenal (84%)).

Pada pertemuan lalu lini pertahanan Arsenal mampu membendung serangan Chelsea. Costa berhasil dimatikan oleh Koscielny dengan memenagkan 5 dari 6 duel diantara kedua pemain. Sedangkan Hazard kesulitan lepas dari kawalan Bellerin yang membuatnya diganti pada pertengahan babak kedua. Tanpa penetrasi dari Hazard dan Pedro, suplai bola dan peluang bola muntah yang bisa dimanfaatkan oleh Costa akan banyak berkurang karena pada pola 3-4-3 tidak ada Fabregas yang menyuplai bola dari sektor tengah.

Kelincahan pemain depan menjadi andalan Arsenal untuk membongkar pertahanan Chelsea seperti yang dilakukan oleh Spurs awal Januari lalu, The Gunners tak perlu menguasai lini tengah untuk memenangkan pertandingan. Dengan bermain melebar dan bola direct ke pemain depan akan lebih baik daripada ngotot berhadapan dengan duet Matic-Kante yang sangat kuat di tengah. Seperti bermain capsa susun, terkadang perlu “melemahkan” kartu tengah agar mendapat susunan bagus di kartu atas dan bawah. (woj)

Team News:

Chelsea: Sehat semua (karena hanya bermain di kompetisi domestik)

Arsenal: Olivier Giroud (engkel, diragukan), Granit Xhaka (hukuman kartu, 25 Februari), Mohamed Elneny (Piala Afrika, 25 Februari), Aaron Ramsey (betis/latihan passing, 04 Maret), Santi Cazorla (engkel, 04 Maret).

Arsenal (4-2-3-1) : Cech – Bellerin, Mustafi, Koscielny, Monreal – Chamberlain, Coquelin – Walcott, Ozil, Iwobi – Sanchez

Cadangan : Ospina, Gabriel, Gibbs, Mailtand-Niles, Welbeck , Giroud, Perez.

Chelsea (3-4-2-1) : Courtois – Azpilicueta, Luiz, Cahill – Moses, Kante, Matic, Alonso – Pedro, Hazard – Costa

Cadangan : Begovic, Ake, Zouma, Chalobah, Fabregas, Willian, Batshuayi.

Advertisements

Tulis komentar.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s